by

Kamu Pecinta Makanan? Inilah 7 Kota Bagi Pecinta Kuliner

Berwisata merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Itulah sebabnya, orang-orang seringkali berburu tempat wisata di beberapa kota di Indonesia. Salah satu wisata yang paling banyak diminati adalah wisata kuliner. Terdapat beberapa kota bagi pencinta kuliner yang ada di Negara Indonesia.

Wisata kuliner banyak digemari karena memungkinkan wisatawan untuk menemukan banyak makanan lezat dan unik. Terkadang, terdapat beberapa makanan yang hanya ada di satu tempat saja. Sehingga, hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak penggiat wisata kuliner. Karena makanan di Indonesia pun sangat beraneka ragam di tiap daerahnya.

Kota Bagi Pecinta Kuliner

Di Indonesia, ternyata banyak kota yang menyediakan banyak destinasi kuliner. Orang-orang biasanya hanya mengetahui kota kuliner di beberapa kota di dunia atau benua lainnya. Inilah waktunya kamu mengetahui destinasi kuliner yang ada di Indonesia. Selain travelling, kamu pun akan merasakan berbagai makanan lezat dan unik. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Yogyakarta pun merupakan kota yang menyediakan banyak destinasi kuliner. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang seringkali dijadikan tempat wisata, karena memiliki banyak destinasi alam. Selain destinasi alam, kamu wajib pula mencoba beberapa kuliner yang mungkin tidak akan ditemui di kota lain.

Kuliner wajib yang pertama adalah gudeg. Makanan ini dapat ditemukan di kota lain. Namun, gudeg khas Yogyakarta memiliki rasa yang jauh lebih nikmat dan unik. Tidak lengkap rasanya apabila datang ke Yogyakarta tanpa menyantap gudeg. Selain itu, adapun makanan lainnya yaitu sayur Nangka, oseng mercon, saoto bathok dan sate klatak yang tidak kalah sedap.

2. Bandung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung merupakan kota kuliner. Contohnya saja, banyak food vlogger yang sengaja mengunjungi Bandung untuk mencicipi makanan khasnya. Bandung pun seringkali dijadikan tempat wisata saat akhir pekan. Hal ini dikarenakan Bandung memiliki sangat banyak destinasi yang menarik.

Baca Juga  7 Kebiasaan Indonesia yang dinilai Tidak Sopan di Luar Negeri!

Kuliner yang wajib kamu coba di Bandung yaitu kuliner asin dan pedas. Misalnya saja, seblak, bakso aci, cimol, surabi, dan sebagainya. Seblak kini hadir di berbagai tempat. Namun, seblak Bandung lah, yang memiliki cita rasa paling khas dengan rempah cukup kental. Selain itu, surabi Bandung pun terkenal sedap dan rasanya sangat memorable.

3. Semarang

Salah satu makanan yang paling khas di daerah Semarang adalah lumpia. Makanan ini merupakan kuliner wajib apabila kamu datang ke Semarang. Selain dijuluki kota Atlas, Semarang pun seringkali dijuluki sebagai kota lumpia.

Daerah yang cukup recommended untuk kulineran yaitu sekitar area Poncol. Di area tersebut, kamu akan menemukan nasi goreng Padang. Rasanya sangat sedap dan khas. Untuk menikmati lumpia dan berbagai macam olahannya, kamu dapat mengunjungi kawasan Mataram. Selain itu, kunjungi pula daerah Gajah Mada untuk menikmati sop buntut lezat.

4. Makassar

Apabila mendengar nama Makassar, mungkin akan langsung teringat pada makanan coto. Coto Makassar cukup terkenal, karena memiliki rempah yang beragam serta kuah kental. Selain itu, dilengkapi pula oleh jeroan dan sup daging di dalamnya. Kamu dapat mengunjungi RM Ranggong Coto Makassar untuk menikmati coto yang sangat sedap.

Selain itu, cicipi pula makanan bernama sup konto. Sup ini memiliki rasa yang gurih, dilengkapi dengan daging sapi dan kuah rempah kayu. Makanan ini sangat cocok sebagai teman memakan nasi putih. Sebagai penutup makanan, kamu dapat mencicipi makanan khas Makassar yaitu es palu butung. Es ini memiliki rasa yang segar dengan sirup merah.

5. Bali

Kota selanjutnya merupakan kota yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan serta turis. Kota ini memiliki destinasi yang menakjubkan, sehingga menarik para wisatawan untuk datang ke tempat ini. Selain destinasi pantai dan laut yang indah, kota Bali pun memiliki banyak destinasi wisata kuliner.

Baca Juga  Punya Masalah dengan Berat Badan? Ini 7 Makanan untuk Sarapan dengan Masalah Berat Badan

Salah satunya adalah ayam betutu. Makanan ini memiliki rempah yang cukup banyak, sehingga rasanya sangat gurih. Selain itu, dagingnya pun lembut dan tidak alot. Kamu dapat menikmati ayam betutu ini dengan varian rasa yang pedas. Kuliner lain yang dapat dinikmati adalah sate lilit, babi guling dan sambal matah.

6. Malang

Apabila mendengar nama Kota Malang, pasti akan langsung teringat kepada bakso Malang yang begitu lezat. Apabila kamu mengunjungi kota Malang, maka diwajibkan untuk merasakan bakso Malang di tempat Bakso President. Tempat ini cukup unik, karena lokasinya tepat berada di samping rel kereta api.

Sehingga, kamu dapat menikmati bakso Malang ditemani kereta api yang hilir mudik. Selain itu, kamu pun wajib mendatangi tempat kuliner lainnya. Misalnya saja, warung orem-orem yang terletak di Jalan Blitar. Di warung ini, kamu akan menemukan makanan khas yaitu potongan tempe dan tahu yang disirami oleh kuah santan.

7. Manado

Kota terakhir yaitu kota Manado. Apabila datang ke Manado, kamu wajib mencicipi bubur khasnya yaitu tinutuan. Bubur ini merupakan campuran sayur (bayam, ubi, labu dan kangkung) serta jagung muda. Rasanya cukup unik, karena tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

Selain itu, kamu pun dapat mencicipi sambal roa yang merupakan makanan khas Manado. Sambal ini dapat dinikmati dengan bakwan jagung atau pisang goreng. Makanan terakhir adalah mie cakalang. Mie ini terdiri dari irisan ikan cakalang, bawang goreng, dan sawi hijau.

Comment

Artikel Terkait