by

Intip Rekomendasi Wisata Saat Ramadan Berikut Ini Yuk!

Bulan ramadan menjadi salah satunya momen yang ditunggu oleh mayoritas orang, terutama bagi umat muslim di dunia. Di bulan yang suci ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Selain itu, ada hal menarik lainnya seputar tradisi saat bulan ramadan, sehingga suasana ramadan pun lebih meriah dan juga menyenangkan, salah satu kegiatan itu adalah wisata religi.

Agenda atau kegiatan wisata religi Ini biasanya dilakukan, untuk mengisi waktu luang atau digunakan untuk kegiatan ngabuburit, ketika menunggu waktu berbuka.

Secara umum dalam kegiatan ini rombongan akan mengunjungi wisata atau tempat religi. Penasaran dengan rekomendasi wisata saat ramadan, berikut ini ada beberapa daftar destinasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi.

1. Masjid Agung Demak
Empat Fakta Menarik tentang Masjid Agung Demak - MerahPutih
pariwisata.demakkab.go.id

Rekomendasi tempat wisata religi pertama yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu ngabuburit menjelang berbuka puasa, adalah Masjid Agung Demak. Masjid ini terletak di kabupaten Demak, provinsi Jawa Tengah.

Masjid Agung Demak merupakan salah satu tempat ibadah bagi umat islam, yang paling tua dan mempunyai banyak cerita serta sejarah yang perlu Anda ketahui.

Menurut kabar bahwa sudah banyak yang percaya bahwa destinasi religi ini, merupakan sebuah tempat berkumpulnya para ulama atau walisongo pada jaman dahulu saat menyebarkan islam di Nusantara.

Jadi masjid ini sangat mempunyai peranan penting untuk penyebaran Agama islam. Masjid Agung Demak ini dibangun pada abad ke 15 oleh Raden Patah, yang seorang sultan pertama di kerajaan Demak.

2. Makam Sunan Ampel
bappeko.surabaya.go.id

Jika Anda merupakan warga di daerah Surabaya atau berada di provinsi Jawa Timur, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu destinasi tempat wisata religi yang satu ini.

Baca Juga  Seruput Kopi Arabika Enaknya Ditemani Kuliner Satu Ini

Makam Sunan Ampel merupakan salah satu destinasi yang wajib dan harus Anda kunjungi, ketika bulan puasa maupun saat akan lebaran. Letaknya sendiri berada di jalan petukangan, kecamatan semampir, Surabaya.

Makam Sunan Ampel Memang terkenal ramai dan tidak pernah sepi oleh pengunjung, apalagi jika masuk pada bulan ramadan seperti saat ini, pasti sudah bisa dipastikan bahwa akan dipadati oleh banyak pengunjung dari seluruh daerah untuk berziarah.

Selain menjadi tempat wisata religi untuk berziarah, tempat ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh atau perlengkapan ibadah serta pakaian muslim.

3. Masjid Terapung Di Kota Makassar
Masjid Amirul Mukminin yang Terapung di Bibir Pantai Losari | Muslim Obsession
muslimobsession.com

Rekomendasi destinasi atau tempat wisata religi berikutnya yang bisa Anda coba kunjungi, adalah Masjid Amirul Mukminin di Kota Makassar.

Jika Anda sedang berlibur ke provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di kota Makassar, Anda harus mempertimbangkan untuk mengunjungi destinasi wisata religi yang satu ini, karena sangat terkenal dan populer khususnya pada bulan puasa.

Masjid ini sering juga disebut Masjid terapung oleh banyak orang dan pengunjung. Ciri khas dari masjid ini yaitu mempunyai gaya arsitektur unik, sehingga banyak yang berkunjung demi menikmati keindahan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan dari pantai losari yang menjadi ikon kota Makassar. Untuk lokasinya sendiri Masjid terapung ini berada di Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar.

4. Masjid Istiqlal di Ibukota Jakarta
Istiqlal Mosque National Mosque of Indonesia masjid istiqlal stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jika Anda mencari informasi mengenai salah satu Masjid terbesar di Indonesia, maka akan muncul bahwa Masjid Istiqlal menjadi satu-satunya Masjid terbesar.

Bahkan Masjid ini juga tidak hanya dinobatkan sebagai Masjid terbesar di Indonesia saja tetapi sampai Asia Tenggara. Jadi Anda sebagai warga Negara Indonesia harus bangga dan wajib bersyukur.

Baca Juga  5 Sarapan Pagi yang Bagus dan Sehat untuk Tubuh

Ketika menjelang atau memasuki bulan suci ramadan tempat ini, menjadi salah satu destinasi wisata religi paling populer dan banyak dikunjungi oleh orang dari seluruh penjuru daerah.

Berbeda dengan tempat wisata religi lainnya, masjid Istiqlal juga banyak dikunjungi oleh wisatawan atau orang non-muslim. Selain itu, juga terdapat pemandu wisata untuk mendampingi Anda.

5. Kampung Ramadan Kauman di Yogyakarta
5 Destinasi Wisata Yogyakarta Yang Membuat Kamu Kangen Bulan Ramadhan | Reservasiku.Com
reservasiku.com

Rekomendasi selanjutnya tentang destinasi wisata religi yang wajib untuk dikunjungi saat ramadan, yaitu kampung ramadan yang terletak di kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Tempat ini mempunyai nama asli yakni kampung Kauman, untuk kelebihan dari kampung ini mengapa menjadi rekomendasi wisata religi, karena mempunyai kesan islami yang sangat kental.

Ketika menjelang bulan ramadan tempat ini ramai dan bahkan tidak pernah sepi akan pengunjung. Selain itu, karena kepopulerannya kampung kauman sekarang ini sudah menjadi pusat atau sentral dari takjil, yang notabene menjadi makanan khas untuk berbuka saat bulan puasa. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini untuk dijadikan kegiatan ngabuburit sangat rekomended sekali.

6. Makan Sunan Drajat di Kota Lamongan
Makam Sunan Drajat Lamongan, Rute Menuju Lokasi Penginapan Hotel di Sekitar | JejakPiknik.Com
piknik.com

Terletak di desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata religi, yang wajib dikkunjungi saat atau menjelang bulan puasa. Pada hari atau bulan-bulan biasa Makam Sunan Drajat sudah sangat ramai, dan dipadati banyak pengunjung untuk berziarah.

Jika Anda merupakan orang yang sering berziarah ke makam-makam ulama atau wali, tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata religi ini. Biasanya para pengunjung yang berziarah ke Makam Sunan Drajat berasal hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

7. Masjid Tiban Pintu Seribu di Kota Malang
Masjid Tiban: Buah Keikhlasan yang Jadi 1000 Pintu Kebaikan | gomuslim
gomuslim.co.id

Rekomendasi terakhir yang bisa Anda kunjungi ketika ngabuburit pada bulan ramadan, adalah masjid tiban pintu seribu yang berada di kota malang, provinsi Jawa Timur. Alasan kenapa masjid ini menjadi rekomendasi karena mempunyai gaya arsitektur unik dan menarik.

Baca Juga  Enak dan Unik, Berikut Ini Jenis-Jenis Sosis yang Ada di Dunia!

Walaupun sampai sekarang ini pembangunan masjid ini belum selesai atau rampung, tetapi sangat wajib untuk dikunjungi karena alasan tersebut. Jadi jika Anda tertarik langsung saja menuju kota Malang, tepatnya di kecamatan Turen, kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur.

Dalam mengisi waktu menjelang berbuka atau biasa disebut ngabuburit memang cocok jika dibuat sebuah agenda jalan-jalan, tetapi kegiatan jalan-jalan yang tidak biasa melainkan mengunjungi tempat atau destinasi wisata religi.

Hal ini membuat Anda semakin tahu dan menambah wawasan serta referensi Anda, demikian pembahasan rekomendasi wisata saat ramadan. Semoga Bermanfaat!

Comment

Artikel Terkait