by

Ini 8 Makanan Khas Surabaya yang Bikin Ketagihan

Jika berkunjung ke suatu daerah tentunya, salah satu yang dicari adalah kulinernya. Apalagi makanan khas Surabaya yang terkenal nikmat, wangi dan beraroma. Maka dari itu, yang memiliki rencana datang ke sini persiapkan budget sekarang juga. Lalu memilih kuliner yang menggugah selera Anda.

Bagi yang belum mengetahui kuliner paling khas di kota Suroboyo, baca terus artikel ini sampai selesai ya. Di dalamnya dipenuhi ulasan tentang hal tersebut. Jika dirasa kepincut untuk menikmati, silakan kunjungi secepatnya. Dan ini kuliner-kuliner lezat yang dimaksud:

1. Rujak Cingur

rujak cingur - rujak cingur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Rujak Cingur tergolong makanan paling populer di Surabaya, bahkan termasuk makanan ikonik yang terkenal dari Provinsi Jawa Timur. Yang unik darinya ialah, terdapat cingur atau hidung sapi yang direbus sampai lembut. Rasanya nikmat dan empuk. Dijamin, sekali mencoba, Anda pasti ingin nambah.

Bahan tambahan Rujak Cingur adalah sayuran hijau dan kecambah. Setelah semua berada di piring saji, tinggal dituang bumbu khusus. Ini yang membuat rasa makanan sangat gurih. Apalagi jika dihidangkan dengan kadar pedas yang menyengat. Menurut testimoni masyakat, yang unik darinya ialah petis bumbunya lebih harum.

2. Pecel Semanggi

pecel semanggi adalah sejenis makanan khas dari surabaya, jawa timur, yang terbuat dari daun semanggi kukus dan disajikan dengan kecambah, kangkung, kerupuk puli yang terbuat dari nasi, dan bumbu yang terbuat dari ubi jalar. - pecel semanggi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ada satu makanan khas kota Surabaya yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Namanya Pecel Semanggi yang dijual di pasar-pasar tradisional. Disebut makanan sehat, karena sebagian besar bahan yang digunakan sayuran. Termasuk sayuran hijau, tauge dan daun pepaya.

Pecel Semanggi dikenal memiliki rasa gurih dan pedas. Ini dilahirkan dari bumbu kacang yang diulek halus dan kental. Untuk menambah kelezatan silakan konsumsi dengan nasi putih yang pulen. Lebih bagus disantap ketika nasi masih hangat-hangat kuku. Ini makanan mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

Baca Juga  Wisata Kebun Salak Di Sare Lembah Seulawah, Aceh Besar
3. Tahu Tek

makanan indonesia yang disebut dengan "tahu tek" - tahu tek potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Rugi jika ke Surabaya tidak mencicipi Tahu Tek. Makanan khas Jawa Timur yang sekarang menyebar ke seluruh Indonesia. Padahal makanan ini hanya menggunakan lontong sebagai bahan utama. Ditambah irisan tahu lalu dituang bumbu kacang kental. Di beberapa daerah malah ditambahkan telur dadar dan sosis.

Tidak ada yang tahu mengapa penganan ini disebut Tahu Tek. Tetapi ada yang mengatakan karena tahu diiris menggunakan gunting. Di sisi lain karena ada bunyi kentongan yang dipukul penjualnya untuk menarik pembeli. Biasanya, jajanan dijajakan malam hari selepas Isya’ sampai tengah malam.

4. Sego Sambel

sego pecel tumpang, sarapan tradisional dengan nasi topping dengan tempe dan sayur rebus, disajikan dengan kerupuk peyek populer di kediri, jawa timur, indonesia. - sego sambel potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sego Sambel bukan nasi dengan sambal saja tetapi ada tambahan bahan lain. Cuma yang unik memang di dua bahan tersebut. Termasuk nasinya dimasak dengan daun pandan sehingga wangi dan pulen, sedangkan sambal menggunakan petis khusus dari ekstrak ikan tuna pilihan.

Yang membuat Sego Sambel lebih sedap ialah penggunaan ikan pari asap sebagai lauk utama. Anda tinggal memilih apakah dilumuri bumbu pedas atau yang biasa. Jika ingin lebih berselera silakan tambah sayur lalapan. Selain nikmat juga bagus untuk kesehatan. Pasalnya, sayur mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

5. Sate Karak

Unik dan Sedap! Sate Karak Asli dan Satu-satunya di Ampel Surabaya

Makanan khas Surabaya berikutnya Sate Karak. Kuliner ini berbahan jeroan sapi yang ditusuk seperti sate. Jika yang lumrah sate daging kambing, daging sapi dan ayam, ini justru menggunakan jeroan. Sekalipun demikian rasanya tidak kalah lezat dan aromanya juga menggugah selera.

Anda tinggal memilih menggunakan sate jeroan full atau campur. Kalau dicampur biasanya penjual mengikutsertakan daging sapi ke tusukan. Untuk bumbunya seperti biasa cuma ada rasa yang lebih pedas. Biar lebih wangi, bisa meminta irisan bawang lebih banyak. Kalau komplit seperti ini, Anda pasti selalu kurang.

Baca Juga  Makanan Awetan Hewani untuk Sahur, Lengkap dengan Olahan Non-Hewani!
6. Lontong Balap

close up gambar hidangan tradisional indonesia yang disebut lontong balap atau tauge rebus dengan irisan kue nasi, tahu goreng dengan saus petis gurih - stock photo. - lontong balap potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ada satu makanan berasal dari Surabaya yang nikmat dan sehat. Namanya Lontong Balap yang identik dengan sayuran. Makanan ini berbahan dasar lontong yang dipotong melingkar, sedangkan untuk kuahnya menggunakan kuah opor santan tidak terlalu kental. Terkadang ditambahkan kerupuk udang sebagai penambah rasa.

Yang paling nikmat dari Lontong Balap ialah, sambal petisnya. Selain memberikan sensasi pedas pas, aromanya juga wangi. Rasanya pun mengena sehingga membuat pengunjung makan dengan lahap. Namun tentunya untuk penyuka pedas saja. Kalau tidak, silakan konsumsi makanan ini tanpa sambal.

7. Sate Klopo

Resep Sate Klopo Surabaya Sederhana Super Gurih dan Lezatnya Juara | Resep  Istimewa

Sate Klopo merupakan kuliner terunik yang ada di Surabaya Jawa Timur. Makanan menggunakan daging sapi serta lemak lalu dimasak dengan pola tertentu, termasuk dibaurkan dengan olahan kelapa setelah itu dibakar sampai matang. Wajar aromanya enak, karena cara memasaknya semacam ini.

Warung yang menjual Sate Klopo pasti ramai pengunjung. Ini membuktikan kuliner memang disukai banyak orang. Tidak dipungkiri, traveller datang ke Surabaya karena ingin mencicipinya. Maka wajar, makanan ini mudah didapatkan dan murah serta di setiap pasar tradisional pasti ada.

8. Nasi Rawon

rawon, sup daging sapi tradisional jawa di kaldu buah keluak - nasi rawon potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nasi Rawon merupakan makanan khas Surabaya. Di hampir seluruh Jawa Timur juga terdapat kuliner ini termasuk Sumenep Madura. Luar biasanya, di sini, kuliner dijadikan suguhan acara besar seperti resepsi perkawinan. Sungguh makanan yang tidak membosankan karena rasanya lezat dan aromanya memancing selera.

Yang unik dari Nasi Rawon khas Surabaya ialah terdapat tambahan sayuran. Seperti tauge, timun dan daun kemangi yang direbus sampai matang. Sedangkan kuahnya lebih hitam dibandingkan rawon daerah lain, kekentalannya juga lebih pas dengan aroma kuah lebih tajam.

Baca Juga  Rekomendasi 9 Museum di Malang yang Wajib Dikunjungi

Kalau ke Kota Buaya jangan lupa mencicipi makanan khas Surabaya. Mungkin kuliner-kuliner ini tidak ditemukan di daerah Anda. Jangan lupa, harganya bersahabat sehingga tidak perlu membawa budget banyak, kecuali sembari ingin bertamasya yang destinasinya juga berlimpah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya