by

Ingin Kenyang? Ini Destinasi Wisata Kuliner Terbaik di Sumenep

Kalau sedang berkunjung ke Sumenep Madura, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya yang lezat. Untuk itu, traveller harus mengetahui destinasi wisata kuliner terbaik di Sumenep yang nikmat dan harganya murah. Termasuk destinasi yang berdekatan dengan pusat kota, Taman Adipura dan Masjid Agung Sumenep yang terkenal.

Kalau ingin mengetahui informasi seputar tempat kuliner khas di Sumenep yang mendalam, silakan baca ulasan berikut. Sebuah penjelasan seputar rumah makan di Sumenep Madura yang tidak hanya lezat dan murah, tetapi dihidangkan dengan ramah dan nyaman. Ini destinasi yang dimaksud:

1. Warung Rujak Selingkuh
pinterest.com

Di Sumenep Madura terdapat satu warung yang cukup terkenal hingga ke luar kota. Namanya adalah Warung Rujak Selingkuh yang berada di desa Pajagalan Sumenep, tepatnya di samping kiri Taman Adipura kalau dari arah utara. Saking populernya, warung yang tidak terlalu besar ini, pernah mendapatkan liputan dari televisi swasta Indonesia.

Kuliner yang menjadi ikon Warung Rujak Selingkuh adalah menu rujak. Namun bukan rujak biasa melainkan percampuran antara rujak dengan soto sehingga masyarakat menyebutnya Rujak Selingkuh atau Soto Selingkuh. Pengunjung bisa menikmati makanan yang lezat ini hanya dengan membayar Rp20.000 saja.

2. Ayam Brewok Sakera

Bakakak Hayam or Ayam Bekakak or Grilled Whole Chicken with seasonings plus soy sauce, a dish from West Java and Jakarta, Indonesia. Bakakak Hayam or Ayam Bekakak or Grilled Whole Chicken Seasoning with Soy Sauce. Dish from West Java and Jakarta, Indonesia. Close Up ayam bakar stock pictures, royalty-free photos & images

Kalau pengunjung penggemar destinasi kuliner berbasis outdoor atau luar ruangan, maka Ayam Brewok Sakera merupakan rumah makan yang layak dikunjungi. Restoran yang berada di Jalan Pahlawan Karangduak ini menyediakan berbagai menu masakan yang lezat seperti Ayam Brewok, Ayam Geprek, dan masakan tradisional Sumenep Nasi Jagung Kuah Kelambhu.

Tak hanya berjualan makanan berat, Ayam Brewok Sakera juga menyediakan aneka camilan yang bisa digunakan sebagai hidangan penutup. Di antaranya ada Keju Panggang, Sosis Bakar, Roti Es Krim, Tahu Melotot, Brokoli Goreng, Jamur Goreng dan banyak lagi yang lainnya. Untuk mencicipi snack semacam ini, pengunjung cukup membayar Rp15.000 per porsi.

Baca Juga  5 Olahan Unik dan Lezat Dari Kayu Manis yang Patut Dicoba!
3. Resto Ayoka Pajagalan

Ayam Bekakak or Grilled Whole Chicken with fresh vegetables on white plates ready to eat. Pabetot Bakakak is one of the Sundanese wedding traditions as a symbol of the sustenance that will be obtained Ayam Bekakak or Grilled Whole Chicken with fresh vegetables on white plates ready to eat. Pabetot Bakakak is one of the Sundanese wedding traditions as a symbol of the sustenance that will be obtained ayam bakar stock pictures, royalty-free photos & images

Destinasi wisata kuliner terbaik di Sumenep yang berikutnya adalah Resto Ayoka yang berada di Desa Pajagalan Sumenep, tepatnya berada di belakang kantor Pemkab Sumenep. Resto Ayoka memiliki desain rumah makan yang mirip dengan Ayam Brewok Sakera. Namun perbedaannya rumah makan ini bersifat in door atau berada di dalam ruangan.

Sebagian besar menu di Resto Ayoka adalah menu modern. Bahkan nama-nama makanan di daftar menu menggunakan bahasa asing. Sekalipun demikian, harga makanan di sini sangat terjangkau. Bahkan dengan Rp100.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati 2-3 menu makanan untuk dua orang. Jadi, kalau sedang ke Sumenep jangan lupa mampir ke Resto Ayoka ya sob.

4. Lesehan Kolam 25

Famous traditional Indonesian food. Delicious nasi ikan penyet with sambal belacan. Fresh hot with steam smoke. Famous traditional Indonesian food. Delicious nasi ikan penyet with sambal belacan. Fresh hot with steam smoke. ikan stock pictures, royalty-free photos & images

Lesehan Kolam 25 merupakan destinasi wisata kuliner di Sumenep khusus para wisatawan yang menggemari menu sea food. Di sini, pengunjung bisa menikmati aneka masakan laut yang dimasak dengan bumbu kuah yang kental. Warung ini cukup besar dan berada tepat di kawasan wisata Talangan Desa Pabian Sumenep.

Kalau ingin sarapan sembari menikmati terbit matahari, maka silakan mampir di Warung Lesehan Kolam 25. Nah, kalau pengunjung sedang bermalam di Sumenep, maka silakan berkunjung ke destinasi di malam hari. Di sini, Pengunjung bisa makan di pinggir Tambak ikan milik PT Garam sembari menikmati indahnya bulan purnama.

5. Warung Man Nyaman

Sambal Pecel, Indonesian Peanut Spicy Paste Sambal Pecel is Spicy Indonesian Sauce made from Rosated or Fried Peanut, Palm Sugar, and Chilli. Usually Served for Nasi Pecal (Pecal) pecal stock pictures, royalty-free photos & images

Warung tradisional yang cukup populer di Sumenep Madura adalah Warung Man Nyaman. Destinasi kuliner ini beralamat di Jalan Kartini Kepanjin Sumenep. Jalur tercepat ke lokasi adalah melalui depan Masjid Agung Sumenep lurus ke utara hingga tiba di Simpang Empat Odheng. Silakan ambil lurus saja sampai di Perempatan Kuda Sumekar. Belok kanan, di sanalah warung berada.

Baca Juga  Pasar Pagi Lama dan Pasar Asemka, Tujuan Belanja Seru di Kawasan Pecinan Jakarta

Di sini menjual aneka menu tradisional Sumenep. Di antaranya Nasi Jagung Kuah Kelambhu, Topa’ Ladha, Nasi Peccel Kona, Soto Madura dan masih banyak lagi yang lainnya. Pelanggan warung ini sangat banyak, bahkan beberapa kali mendapatkan undangan untuk membuat masakan ketika ada kegiatan-kegiatan perkantoran.

6. Anita Family Resto

slices of cheese cake in refrigerator displayed in delicatessen bakery shop café coffee shop cake stock pictures, royalty-free photos & images

Anita Family Resto merupakan mini restoran yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Di sini tidak hanya melayani pembelian makanan berat saja, tetapi juga melayani pemesanan kue yang lembut dan lezat. Kalau ingin bersantai sembari berkuliner, silakan berkunjung ke Anita Family Resto yang selalu full musik ini.

Masyarakat penyuka swa foto juga layak mampir ke Anita Resto. Pasalnya pihak pengelola telah membangun puluhan spot yang elegan yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Untuk itu, kalau berkunjung ke Anita Resto jangan sampai lupa untuk membawa kamera tercanggih.

7. Bebek Balap

Bebek Goreng, Indonesian Fried Duck Dish with Green Vegetables and Chili Paste fried bebek stock pictures, royalty-free photos & images

Di Kabupaten Sumenep Madura terdapat satu rumah makan mini yang sangat unik. Salah satu keunikannya adalah, pengunjung selalu ramai sekalipun lokasi warung makan agak jauh dari jalan besar. Warung makan yang bernama Bebek Balap ini berada di Jalan Pepaya Karangduak Sumenep.

Kalau pengunjung ingin mencicipi makanan lezat tetapi murah maka datang saja ke Bebek Balap. Di sini menyediakan kuliner Ayam Geprek, Bebek Panggang, Kepiting Krispi, Protolan yang dijual hanya dengan harga belasan ribu saja. Bahkan dengan uang Rp50.000 Anda sudah bisa membeli dua porsi Bebek Balap plus Rampelo dan minuman Red Velvet atau Teh Tai chi.

Itulah sebagian kecil dari destinasi wisata kuliner terbaik di Sumenep Madura. Sebagian besar orang dari luar kota yang berkunjung ke Bumi Sumekar pasti datang ke destinasi di atas untuk mencicipi masakan yang lezat dan murah. Maka dari itu, persiapkan budget wisatanya sekarang juga lalu berkunjunglah saat liburan nanti.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya