by

Hal-Hal Unik Lebaran di Indonesia, Mungkin Tidak Bisa Kamu Temui di Negara Lain

Idhul Fitri merupakan hari raya yang dirayakan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Setiap negara pastinya memiliki tradisi sendiri dalam menyambut lebaran yang mungkin tidak bisa ditemui di negara lainnya, hal itu juga termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri mempunyai hal-hal unik saat lebaran tiba, apa saja hal-hal unik tersebut? Berikut ini hal-hal unik lebaran di Indonesia yang sering kamu temui.

1. Adanya Ketupat Sebagai Makanan Khas saat Lebaran

Ketupat Lebaran. Traditional Celebratory Dish of Rice Cake or Ketupat with Various Side Dishes Ketupat Lebaran. Traditional Celebratory Dish of Rice Cake or Ketupat with Various Side Dishes, Popular Served During Eid Celebrations. ketupat stock pictures, royalty-free photos & images

Hal-hal unik lebaran di Indonesia yang pertama ialah adanya ketupat sebagai makanan khas. Pastinya di negara-negara lain di dunia terdapat makanan khas masing-masing saat lebaran, hal itu juga yang ada di Indonesia.

Di Indonesia tidak lepas dengan adanya ketupat yang hampir seluruh rumah pasti menyajikannya, entah di hari keberapa saat libaran, kemudian ketupat ini nantinya akan dimakan bersama dengan beberapa lauk pendamping yang khas, entah itu dengan sate ayam, opor, rendang, sambal goreng dan lain sebagainya.

2. Salam Tempel atau THR yang Ditunggu oleh Anak-Anak

Money packet during Eid Fitr on white. Arabic characters means Happy Eid Mubarak.  money lebaran stock pictures, royalty-free photos & images

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran, ialah adanya salam tempel atau THR yang biasanya ditunggu-tunggu oleh anak-anak.

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh anggota keluarga yang dewasa dan sudah memiliki penghasilan sendiri, akan membagikan amplop yang berisi dengan THR kepada anak-anak kecil atau saudara-saudara, yang usianya masih jauh di bawahnya dan belum bekerja.

3. Parcel Lebaran untuk Orang-Orang Terdekat

Various Lebaran Cookies Parcel or Hamper Pastries on White Background Bandung, Indonesian, 032022021: Various Lebaran Cookies Parcel or Hamper Kue kering on White Background lebaran parcel stock pictures, royalty-free photos & images

Tradisi memberikan parcel lebaran ke orang-orang terdekat menjadi salah satu tradisi lebaran di Indonesia yang paling populer. Biasanya parcel lebaran ini akan berisi roti kering, camilan, hingga bahan-bahan peralatan rumah tangga.

Harga tiap parcel yang diperjualbelikan ini juga berbeda-beda, tergantung dengan besar kecilnya parcel juga tergantung dengan isian dari parcel. Semakin besar dan semakin mahal isian parcel, maka harga parcel pun juga semakin tinggi.

Baca Juga  5 Resep Kreasi Olahan Tahu Kekinian, Unik dan Mudah Dibuat loh!
4. Orang-orang Berbondong-Bondong Beli Baju Baru itu Biasa

Big sale tag  shoping mall stock pictures, royalty-free photos & images

Saat menjelang lebaran kamu pasti sudah sering menemui mall-mall atau toko-toko baju yang banyak diserbu oleh pengunjung untuk membeli baju. Hal ini sudah menjadi pemandangan biasa di Indonesia, apalagi saat Ramadan biasanya banyak promo-promo yang disuguhkan untuk menarik perhatian pembeli.

Jadi, tak heran jika beberapa hari sebelum lebaran, kamu mungkin sudah kesulitan mencari baju dengan model yang kamu suka atau dengan ukuran yang pas dengan tubuh kamu.

5. Adanya Pawai di Malam Lebaran

Bamboo oil lamp or Pelita  lebaran night stock pictures, royalty-free photos & images

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan adanya pawai takbiran yang biasanya paling kerap dilakukan di malam lebaran. Pawai takbiran ini biasanya dilakukan oleh banyak orang, sembari mengumandangkan takbir dengan berkeliling di jalan-jalan yang kerap dilalui banyak kendaraan, sembari menabuh beduk dengan begitu meriah. Pemandangan pawai takbiran ini menjadi suatu hiburan tersendiri karena ikut membantu meriahkan malam lebaran.

6. Ziarah atau Nyekar di Makam Keluarga atau Leluhur

Ziarah atau nyekar merupakan kegiatan berdoa di makam keluarga atau leluhur yang sudah meninggal dunia. Di Indonesia, ziarah ini biasanya dilakukan maksimal sehari sebelum Ramadhan dan sehari sebelum lebaran, tetapi apabila lebih dari hari tersebut juga tidak masalah. Umumnya kegiatan ziarah ini dilakukan saat pagi atau sore hari.

7. Halal bi Halal Bersama Tetangga, Keluarga, Sahabat, atau Rekan Kerja

muslim friend and family laughing together when lunch  friend lebaran stock pictures, royalty-free photos & images

Hari Raya Idhul Fitri ini identik dengan silaturrahmi, jadi jangan heran jika saat lebaran pasti sering diadakan halal bi halal dengan keluarga serta kerabat jauh, tetangga, teman, sahabat, maupun bersama dengan rekan kerja. Namun, umumnya halal bi halal ini dilakukan dengan orang-orang yang tidak memiliki kekerabatan yang begitu dekat.

Baca Juga  Bukan Cuma Jamur Crispy, Berikut 4 Kreasi Olahan Jamur Tiram Lainnya!
8. Pulang Kampung atau Mudik

Indonesian people homecoming  mudik lebaran stock pictures, royalty-free photos & images

Mudik atau pulang kampung menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan saat lebaran tiba. Libur saat lebaran inilah banyak dimanfaatkan sebagai momen silaturrahmi dengan keluarga, sehingga banyak perantau yang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman demi bertemu ayah, ibu, nenek, kakek, atau saudara-saudara yang lainnya.

Oleh sebab itu, di momen lebaran inilah kamu pasti tak jarang menemui banyak kemacetan yang terjadi di jalan raya, tingginya harga tiket kendaraan umum, hingga ludesnya tiket-tiket kendaraan umum.

9. Sungkeman dengan Keluarga Setelah Sholat Ied

Muslim couple forgiving to each other at outdoors Hands of Muslim young couple handshaking and forgiving to each other during Eid Mubarak with blue sky background. Shot at outdoors sorry lebaran stock pictures, royalty-free photos & images

Setelah sholat ied biasanya dilakukan sungkeman dahulu bersama dengan keluarga dekat, misal dengan ayah, ibu, kakak, dan adik sebelum melakukan silaturrahmi dengan keluarga lainnya.

Sungkeman ini dilaksanakan sebagai tanda saling meminta maaf antara anak ke orang tua, orang tua ke anak, adik ke kakak, dan kakak ke adik. Sungkeman ini menjadi salah satu momen sakral saat lebaran tiba.

10. Ada Banyak Jajanan di Ruang Tamu saat Lebaran

Tabletop view of Kuih (Malay Cake) and Malay dishes food Breaking fast on Ramadan Hari Raya High angle view of malaysian Muslim family having family reunion meal assorted malay food at home celebrating hari raya cake lebaran stock pictures, royalty-free photos & images

Saat bersilaturrahmi di rumah saudara atau tetangga pasti kamu sudah tidak heran lagi dengan adanya jajanan yang berjejer di ruang tamu. Mulai dari jajanan ciki-cikian hingga roti kering, jajanan tersebut memang sengaja disuguhkan untuk tamu yang datang. Umumnya jajanan khas yang biasa disajikan saat lebaran di antaranya ialah kue nastar, lidah kucing, putri salju, kue kacang dan masih banyak lagi.

11. Bersih-Bersih Rumah Sebelum Lebaran

The countdown to clean, shiny floors  clean home  stock pictures, royalty-free photos & images

Menjelang lebaran kamu mungkin kerap melihat para tetangga kanan kirimu tengah sibuk membersihkan rumah, mungkin termasuk keluarga kamu juga. Hal ini menjadi hal yang umum di Indonesia, sebab siapa sih yang mau saat lebaran didatangi oleh banyak orang rumahnya terlihat kumuh dan kotor? Tidak ada bukan?

Baca Juga  Ini Dia Keunikan Bazar Ramadan yang Menimbulkan Daya Tarik Tersendiri

Itu tadi beberapa hal-hal unik lebaran di Indonesia. Semoga dari tahun ke tahun tradisi-tradisi tersebut tak akan lekang oleh waktu ya, Sobat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya