by

Fakta Menarik Tentang Malta, Negara dengan Pulau yang Memukau

Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan, yang terletak sekitar 80 km di Selatan dari Italia, 284 km di Timur dari Tunisia dan 333 km di Utara dari Libya. Negara yang ber-ibu kotakan Valletta ini memiliki Luas wilayah dengan seluas 316 km².

Malta terletak di tengah-tengah Laut Tengah yang terdiri dari lima pulau, dimana tiga diantaranya ialah berpenghuni, yaitu Malta, Gozo dan Comino.

Bentuk Pemerintahan di negara ini ialah Republik Parlementer, yaitu sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan, dengan bahasa Inggris dan Malta yang menjadi bahasa resminya.

Malta memiliki sejarah warisan Kristen yang panjang, dimana terdapat kaitannya, ketika Rasul Paulus terdampar di Melita yang menurut orang-orang adalah Malta. Tak hanya itu, Malta juga terkenal sebagai tujuan pariwisata populer khususnya bagi orang Eropa.

Hal ini didukung oleh keadaan iklimnya yang hangat, dengan berbagai area rekreasi dan monumen sejarah serta arsitektur yang membuat Malta memiliki daya saing destinasi yang tinggi.

Berbicara tentang Malta, ternyata ada dua fakta menarik seputar dunia industri hiburan loh, apakah itu? Berikut kita bahas kedua hal itu.

1. Tempat syuting Game Of Thrones


Siapa lagi coba yang tidak tahu akan drama terkenal yang diproduksi sampai 8 season ini? Ya, Game Of Thrones ini adalah serial drama yang berasal dari Amerika Serikat, yang diciptakan oleh dua pria berbakat yang bernama David Benioff dan D. B. Weiss.

Drama ini mengisahkan tentang 9 keluarga bangsawan yang berjuang untuk menguasai tanah Westeros. Namun, di tengah pertikaian mereka, diam-diam musuh yang tidak terdengar kabarnya selama ribuan tahun kini aktif kembali.

Baca Juga  Tak Pernah Tinggal, Ini 9 Rekomendasi Minuman Segar untuk Buka Puasa

Drama yang bergenre fantasi ini telah syuting di lima tempat yang ada di Malta. Kelima tempat tersebut ialah Saint Dominic Convent, yang menjadi Red Keep Garden di episode tujuh yang berjudul “You Win or You Die“. 

Yang kedua ialah The Gate of Mdina dalam episode tiga yang berjudul “Lord Snow“. Yang ketiga ialah Mesquita Square, dimana tempat ini menjadi latar saat Jamie Lannister dan pasukannya menyerang Ned Stark di episode lima, yang berjudul “the Wolf and the Lion“.

Yang keempat ialah Fort Ricasoli, yang muncul kembali di episode lima “the Wolf and the Lion”, yaitu saat Arya dihadang oleh penjaga ketika mencoba memasuki Red Keep. Dan yang terakhir ialah Verdala Palace, yakni sebagai eksterior rumah Illyrio Maopatis di episode pertama yang berjudul “Winter is Coming”, yaitu ketika Daenerys dan Viserys Tagaryen saling bertemu sebelum mendapati hari pernikahan.

2. Tempat Destinasi yang Pernah dikunjungi Oleh BTS


BTS atau yang dikenal sebagai Bangtan Boys adalah sebuah boy band yang beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan. Boy band yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment sejak tahun 2013 ini telah diakui menjadi musisi hebat kelas dunia.

Salah satu kegemaran yang dimiliki oleh boy band ini ialah tour dan juga traveling. Tak heran, jika tempat yang pernah dikunjungi oleh grup boy band ini akan diramaikan oleh wisatawan, yang merupakan fans BTS dari berbagai belahan dunia, termasuk Malta.

Sebuah pulau kecil nan indah di Laut Mediterania. Pada tahun 2018 lalu, Malta telah menjadi tempat destinasi grup boy band BTS, hingga menaikkan tingkat wisatawan yang datang berkunjung ke Malta. Wah hebat sekali bukan?

Comment

Artikel Terkait