by

Enak dan Unik, Berikut Ini Jenis-Jenis Sosis yang Ada di Dunia!

Pernah nggak kalian kepikiran kalau sosis itu nggak cuman sekedar sosis. Dan Cuma ada rasa ayam sama sapi ala sosis so nice, haha. Tapi sebenarnya tuh gais, ada banyak banget jenis sosis di dunia ini. Mulai dari yang paling lezat, paling unik, hingga yang paling-paling  lainnya.

Nah, artikel kali ini akan merangkum tentang jenis-jenis sosis yang ada di Dunia. Eits, ingat yaa ada beberapa yang bikin ngiker juga ada yang bikin ngeri!

1. Bratwurst
istockphoto.com

Yang pertama kita bahas ini, termasuk dalam sosis sejuta penggemar loh. Nah, secara umum nih sosis Bratwurst dapat dibuat dari berbagai daging misalnya daging sapi. Menilik dari sejarahnya, sosis Bratwurst ini berasal dari kata ‘Brat’ dan ‘Wurst’ yang artinya daging cincang halus dan sosis.  Oya, asal kelahiran sosis Bratwurst ini adalah Negara Jerman .

Untuk cara pengolahannya, sosis Bratwurst ini dapat diolah dengan berbagai bumbu hingga rempah-rempah, karena ini akan membuat sosis ini terasa harum dan nikmat.

Selain itu, sosis Bratwurst juga enak kalau di panggang, di kukus, atau hanya di goreng saja. Pokok rasanya maknyuus banget! Dan kamu dapat membeli sosis Bratwurst ini di supermarket di Indonesia loh!

2. Andouille
istockphoto.com

Yang kedua ini, cukup unik loh! Mengapa? Karena kamu akan sangat mudah membedakan sosis Andouille ini dengan sosis lainnya.

Untuk tanah kelahirannya, sosis Andouille ini berasal dari prancis dan cukup jarang untuk ditemukan di daerah selain Prancis. Dan sosis Andouille ini terbuat dari usus babi, tetapi tidak jarang juga untuk dibuat dari olahan daging sapi muda.

Membahas keunikan sosis Andouille ini, ketahui bahwa dari bentuknya saja sudah berbeda, eits tapi untuk bentuk secara umum masih sama kok.

Tetapi, sosis Andouille ini memiliki butiran-butiran yang sedikit kasar juga rasanya yang pedas. Kemudian, jangan pernah lupakan bau dari sosis Andouille ini yang sangat menyengat juga khas. Loh, tapi jangan berburuk sangka! Karena, orang-orang dewasa Prancis menganggap bahwa aroma tersebut adalah pesona tersendiri dari sosis ini.

3. Cotechino
sosis
 istockphoto.com

Yang ketiga ini juga masih punya keunikan tersendiri loh! Nama sosis ini adalah sosis Cotechino yang berasal dari tanah kelairan yang sama dengan pizza yaitu Italia, mamamia! Secara umum nih,  sosis Cotechino ini sering digunakan sebagai santapan khusus menyambut hari Natal, loh.

Selain itu, buat kamu yang nggak tahan dengan sosis yang bentuknya rata-rata keccil hingga sedang. Maka sosis Cotechino ini sangat pas untuk kamu, karena sosis ini sering dikenal sebagai sosis besar Italia.

Dan jangan lupakan juga teksturnya yang tidak terlalu keras juga padat, kesemsem banget deh saat makan sosis Cotechino ini! Apalagi sosis Cotechino ini sering disetarakan dengan sosis Bratwurst asal Jerman loh yang pesonanya sudah tidak bisa lagi dibantah oleh orang-orang hingga ke mancanegara.

4. Merguez
Merguez
istockphoto.com

Yang keempat ini juga nggak kalah unik dengan sosis di atas loh! Sosis yang satu ini berasal dari Negara Afrika Utara dan namanya adalah sosis Merguez.

Jika yang di atas adalah sosis yang terbuat dari daging babi hingga sapi, maka berbeda dengan sosis Merguez. Karena sosis nikmat ini terbuat dari daging domba yang segar loh, dan jangan lupakan juga dengan bahan rempah-rempah ala negara Afrika yang cukup unik, ngiler bangeeeet deh!

Oya, untuk rekomendasi cara pengolahan dari sosis Merguez ini cukup di panggang saja. Nggak percaya? Coba aja deh, karena dengan di panggang nih aroma dari rempah-rempat tadi akan menyeruak keluar. Meski akan beraroma tajam, tetapi aromanya nggak bakal mudah di lupain kok, haha!

5. Chorizo
Chorizo
istockphoto.com

Yang kelima ada sosis yang bikin ngangenin rasanya ada pedas manisnya gitu, namanya adalah sosis Chorizo. Nah, sosis Chorizo ini lahir di Spanyol loh dan sosis ini juga sering di kreasikan bersama maskaan daerah-daerah di Spayol.

Kemudian nih, untuk entitas dari rasanya sudah cukup untuk merasa ketagihan. Karena sosis Chorizo ini terbuat dari daging babi cincang kasar dan di tambah dengan bumbu yang unik yaitu paprika asap.

Jadi, paprika asap itulah yang sering dikatakan orang-orang sebagai ciri khas dari sosis Chorizo ini. Selain itu, dilihat dari segi tampilan sosis Chrorizi memiliki tampilan yang sedikit kental.

Oya, sebenarnya sosis ini dapat di nikmati sebelum dimasak loh. Karena sosis ini juga sudah dipanggang terlebih dahulu, jadi di saat kamu lagi laper banget nih. Sosis Chorizo ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin mengganjal peru, nikmat banget deh!

6. Longaniza
Longaniza
istockphoto.com

Yang keenam ada yang dari Argentina nih, bahkan sosis ini sudah banyak di kenal hingga ke negara tetangga yaitu Uruguay. Nama sosis ini adalah sosisi Longaniza.

Keunikan dari sosis Longaniza ini terletak pada cita rasanya, yang dapat berubah-ubah tergantung dari paprika yang dimasaknya. Nah, keunikan lainnya terletak pada persiapannya yang harus diawetkan hingga dikeringkan terlebih dahulu. Dan dari proses tersebutlah sosis Longaniza ini memiliki cita rasa tersendiri hingga ia sangat populer dikalangan pecinta sosis.

Selanjutnya, sosis Longaniza ini sudah jarang digunakan sebagai bahan masakan, mengapa? Karena sosis Longaniza ini adalah salah satu sosis terbaik sebagai pilihan untuk membuat sandwich loh, dan nggak cuma itu saja, sosis Longaniza ini memiliki cita rasa yang manis berkat adanya biji adas manis.

Sehingga mampu memerikan aroma harus dan rasa yang tidak biasa yang bercampur dengan daging sosis yang asin, bikin ketagihan parah!

Sudah sampai diakhir bagian nih, selanjutnya adakah sosis di atas yang ingin kamu nikmati? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga  5 Lokasi Wisata Kuliner Menarik yang Sayang Jika Dilewatkan

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait