by

Destinasi Wisata Terbaik di Sumenep Madura

Destinasi wisata terbaik di Sumenep Madura sangat banyak. Tidak dimungkiri, dinamika kepariwisataan inilah yang membuat kabupaten berjuluk Sumekar ini dikenal hingga ke luar Madura. Nah, semua masyarakat Indonesia harus tahu informasi ini supaya ketika suatu saat nanti ingin berpelesir, bisa langsung mendatangi destinasi yang ada.

Nah, di bawah ini akan saya ulas beberapa destinasi-destinasi wisata terbaik yang ada di Kabupaten Sumenep Pulau Madura Jawa Timur. Silakan baca ulasannya sampai selesai, lalu pilih destinasi yang mana yang akan didatangi saat liburan nanti. Untuk itu, silakan disimak, ini dia ulasannya:

1. Pantai Lombang Batang-Batang
ihategreenjello.com

Pantai Lombang merupakan destinasi wisata terbaik di Sumenep Madura. Tepatnya, beralamat di desa Lombang kecamatan Batang-Batang yang merupakan area paling timur dari Kabupaten Sumenep daratan. Ini merupakan tempat wisata paling populer di Sumenep bahkan namanya sudah terkenal hingga ke kota Jakarta.

Kelebihan Pantai Lombang terletak pada pohon cemara udang yang berjejer rapi di pinggir pantai. Menurut informasi yang beredar, tanaman ini hanya satu-satunya di Asia sehingga cemara udang menjadi trend mark Lombang yang tidak terbantahkan. Tidak jarang para turis datang jauh-jauh ke Lombang hanya untuk melihat penampilan cemara dari dekat.

Jika ingin ke Pantai Lombang, silakan datang saat dini hari atau sore menjelang senja. Karena di dua waktu tersebut, pemandangan di Pantai Lombang sungguh sangat eksotis. Dijamin, traveller tidak ingin cepat-cepat beranjak pulang apalagi jika nongkrong-nya ditemani buah kelapa muda yang manis dan lezat.

2. Pantai Slopeng Dasuk
Melirik Wisata Pantai Slopeng Sumenep – Beritalima.com
beritalima.com

Selain Pantai Lombang, di Sumenep juga ada destinasi wisata yang layak dikunjungi, namanya adalah Pantai Slopeng Dasuk. Pantai ini berada di Desa Slopeng Kecamatan Dasuk yang bisa diakses dari Surabaya melalui jalur Pantura. Ini juga pantai yang cukup populer yang dalam setiap tahunnya selalu didatangi ribuan pengunjung.

Baca Juga  Bagi Pecinta Buah, Ketahui 5 Makanan Penutup Bercita Rasa Buah yang Menyegarkan

Keunggulan Pantai Slopeng terletak pada gunung pasir yang eksotis. Selain itu, ratusan pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai juga menjadi penambah keindahan panorama pantai. Objek wisata ini dibuka sampai malam hari serta sudah dilengkapi resto dan café untuk pengunjung yang ingin nongkrong sembari menikmati suasana malam.

Pantai Slopeng dikelola secara baik dan sistematis oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep. Hal ini ditunjukkan dengan dibangunnya beberapa fasilitas wisata untuk mempermudah wisatawan yang ingin berpelesir ke Pantai Slopeng. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah gazebo serta spot buatan untuk berfoto selfie.

3. Taman Tektona Torbang
sumenepkab.go.id

Taman Tektona merupakan destinasi wisata terbaik di Sumenep Madura yang terbilang baru berdiri. Tepatnya pada tahun 2018 yang peresmiannya langsung melibatkan pejabat Pemkab setempat. Sekalipun demikian, destinasi ini dikelola oleh swasta sehingga dari segi fasilitas sangat lengkap, taman juga terawat dengan baik.

Taman Tektona adalah sebuah taman yang di dalamnya terdapat beberapa unit kolam renang. Sedangkan di bagian belakang, terdapat taman buah serta sarana outbound untuk anak-anak dan remaja. Jika dilihat sekilas, taman ini mirip dengan Selecta yang ada di Kabupaten Batu.

Jika ingin berkunjung ke sini, silakan berangkat dari depan Masjid Agung Sumenep atau Taman Bunga. Pilih jalur yang ke barat lurus sampai di desa Torbang Kecamatan Batuan. Nah, posisi Taman Tektona ada di sebelah kiri tepat sebelum tikungan perbatasan antara Desa Torbang dengan Desa Daramista.

4. Water Park Sumekar Kasengan

Wisata ke Water Park Sumekar di Sumenep Yuk !

Destinasi wisata buatan terbesar di Sumenep Madura adalah Water Park Sumekar. Lokasi destinasi ini berada di Desa Kasengan Kecamatan Manding, tepatnya di belakang area pekuburan para raja Sumenep, Asta Tinggi. Taman pemandian ini tidak pernah sepi pengunjung terutama saat libur akhir pekan.

Baca Juga  7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Water Park Sumekar bukan hanya destinasi pemandian semata tetapi juga destinasi Zoo atau kebun binatang. Sekalipun jumlah binatang yang dipelihara tidak banyak, tetapi tetap, destinasi ini bisa dijadikan sebagai ajang mencari informasi untuk siswa-siswa sekolah. Maka dari itu, tempat wisata ini tetap eksis sampai saat ini.

Sama seperti Taman Tektona, destinasi WPS juga dikelola oleh swasta. Maka dari itu, fasilitas yang disediakan lebih lengkap dibandingkan destinasi yang lain. Jumlah kolam renangnya juga lebih banyak dengan ukuran sudah sesuai standar nasional.

5. Taman Senter Kalianget

Taman Senter Kalianget adalah destinasi terbaru di Bumi Garam Sumenep. Destinasi ini berada di Kecamatan Kalianget, tepatnya di belakang Kantor Perum Garam. Sekalipun fasilitasnya masih belum lengkap, tetapi desain destinasi sudah cukup menarik dan unik. Bahkan kalau malam hari, pengunjung bisa menyantap kuliner khas Sumenep sembari ditemani lampion warna-warni.

Memang, ukuran area Taman Senter tidak begitu luas yaitu hanya seukuran lapangan sepak bola saja. Tetapi, desain destinasi berhasil menutupinya, sehingga pengunjung tetap puas ketika mengelilingi destinasi. Apalagi di setiap area sudah dipasangkan gazebo dan gardu pandang untuk pengunjung melepas lelah.

Disebut Taman Senter, karena di bagian depan dari destinasi terdapat menara yang berbentuk seperti senter. Kabarnya, menara yang dibangun di masa penjajahan Belanda tersebut pernah dijadikan sebagai sarana komunikasi militer. Sedangkan Kalianget sendiri memang dikenal sebagai basis orang Belanda di masa itu.

Jadi, silakan datangi destinasi wisata terbaik di Sumenep Madura yang nama-namanya sudah dijabarkan di atas. Jangan lupa, silakan membawa bekal yang cukup supaya perjalanan wisata Anda lebih menyenangkan. Jangan lupa juga, silakan datang berkunjung bersama seluruh keluarga agar perjalanan wisata bisa menjadi kenangan yang berkesan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait