by

6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumatera

Sumatera memang gudangnya tempat wisata. Bahkan, destinasi wisata di Sumatera tergolong eksotis baik yang buatan apalagi yang alami. Untuk itu, kalau sedang ke Sumatera, pengunjung harus menyempatkan diri mendatangi destinasi di sana.

Terdapat beberapa destinasi pelesir luar biasa di Provinsi Sumatera. Sebagian kecilnya akan dijabarkan di artikel ini, yang siapa tahu traveller bisa menjadikannya rujukan untuk kunjungan saat liburan nanti. Ini dia destinasi yang dimaksud:

1. Wisata Tangkahan
Tangkahan, Keindahan Tersembunyi di Sumatera Utara Halaman all - Kompas.com
Travel-kompas

Wisata Tangkahan merupakan wisata alam dan edukasi yang populer di Sumatera tepatnya di Kabupaten Langkat. Di sini, pengunjung bisa menyusuri hutan pinus yang indah serta bisa berenang di danau berair jernih. Kalau traveller penyuka arum jeram, maka destinasi ini juga layak untuk didatangi.

Kalau ke Tangkahan, jangan lupa untuk membawa si kecil. Sebab, di sini mereka bisa belajar tentang gajah dan orang utan yang memang ditangkarkan oleh pihak pengelola. Bahkan, si kecil bisa melihat secara langsung, bagaimana cara seekor gajah minum dan membersihkan dirinya di sungai.

Traveller tidak perlu khawatir dengan destinasi. Sebab, di Tangkahan telah dibangun aneka sarana seperti toilet dan ruang parkir yang cukup luas. Tak hanya itu, warung-warung makanan juga tersedia sehingga traveller tidak perlu membawa bekal dari rumah.

2. Danau Ranau
Danau Ranau Dipersiapkan Jadi Wisata Unggulan, Infrastruktur Mulai Dibenahi : Okezone Travel
Travel Okezone

Danau Ranau tidak kalah dengan Danau Toba. Bahkan danau yang berada di Kabupaten OKU Selatan ini mulai ramai pengunjung akibat pesonanya yang sangat menawan. Bahkan, sepertinya, Danau Ranau akan menjadi ikon wisata berikutnya dari Sumsel.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Danau Ranau adalah dini hari dan sore menjelang senja. Di dua waktu ini, suasana danau benar-benar eksotis karena bersamaan dengan sunrise dan sunsite. Untuk itu, kalau traveller ingin mampir jangan lupa untuk membawa kamera tercanggih untuk mengabadikan keindahan tersebut.

Baca Juga  Sering Makan Korban, Ini 5 Jalan Paling Angker di Indonesia

Untuk aktivitas wisata di Danau Ranau cukup banyak. Pengunjung bisa berkeliling pulau dengan menggunakan perahu, bermain aneka outbound hingga memancing. Semuanya bisa menghilangkan rasa penat akibat aktivitas yang melelahkan. Jadi tunggu apalagi segera ke Danau Ranau sekarang juga.

3. Danau Siombak
Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak
pingpoint

Destinasi wisata di Sumatera yang juga terkenal adalah Danau Siombak. Di sini, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan danau seluas 40 hektar tersebut. Menurut informasinya, destinasi ini merupakan danau buatan yang berasal dari pengerukan tanah timbun untuk proyek jalan tol.

Untuk menarik minat pengunjung, pihak pengelola pun membangun sarana, utamanya untuk anak-anak. Di sini telah terdapat arena outbound, play ground hingga wahana memancing. Sedangkan orang dewasa bisa menikmati danau sembari makan camilan lezat dan murah meriah.

Danau Siombak sendiri berada di Medan dan telah menjadi ikon di sana. Makanya, kalau traveller sedang ke Medan, coba mampir ke tempat ini dan pilih waktu yang tepat. Seperti senja hari yang menawarkan keindahan panorama lebih maksimal dan jangan khawatir, destinasi ini gratis.

4. Bukit Lawang
Pesona Bukit Lawang, Tempatnya Bule Hunter
seindo travel

Di Sumatera ada satu perbukitan yang masih termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Gunung Leuser. Namanya adalah Bukit Lawang, yang sekarang telah menjadi ikon wisata terpopuler. Pengunjungnya tidak hanya masyarakat lokal tetapi juga ada yang datang dari manca negara.

Bukit Lawang merupakan destinasi paling diminati oleh kalangan pendaki. Apalagi, untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus menyusuri hutan tropis yang indah dan teduh. Kalau beruntung traveller bisa menemukan bunga Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai yang ada di dalam hutan.

Kalau tidak ingin naik ke puncak bukit, traveller bisa bersantai di pinggir sungai yang penuh dengan batu-batu sungai berbagai ukuran. Pihak pengelola telah menyediakan gazebo tempat untuk melepas penat di setiap sudutnya. Di sinilah pengunjung dan keluarga bisa bercengkrama sembari makan-makan.

Baca Juga  Aktivitas Muslim Saat Lebaran yang Tidak Akan Terlupakan
5. Taman Nasional Gunung Leuser
Inilah Jantungnya Bumi, Taman Nasional Gunung Leuser Tempat Paling Purba di Dunia - YouTube
Youtube tribun

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan destinasi wisata di Sumatera yang tidak pernah sepi kunjungan. Di taman ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan perbukitan, pinggir pantai, hingga wisata zoo yang mencerdaskan pikiran. Makanya, kalau traveller ingin melihat perilaku flora dan fauna di alam bebas silakan berkunjung saja ke lokasi ini.

Destinasi Taman Nasional Gunung Leuser berada di Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan kawasan lain yang juga termasuk ke dalam area ini adalah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Itu artinya, kawasan hutan memang luas serta menjadi lahan tangkar untuk ribuan tumbuhan dan binatang yang terawat dan terpelihara dengan baik.

Di dalam taman ini juga terdapat satu destinasi wisata yang bagus yaitu Bukit Lawang. Posisinya berdampingan dengan desa wisata yang tak kalah cantik dan indah. Pokoknya segala macam destinasi pelesir ada di kawasan ini dengan biaya tiket sangat murah. Untuk itu, jangan lupa datang ke taman ini saat liburan nanti.

6. Taman Labirin Simalem

Taman Labirin Simalem Resort yang Wajib Kamu Coba - Seindo Tour & Travel

Kalau pengunjung ingin berkunjung ke destinasi wisata kekinian, silakan pilih destinasi wisata Labirin Simalem yang berada di Medan. Di sini, pengunjung bisa bermain labirin, bermain outbound, memancing atau sekadar duduk santai menikmati matahari terbenam.

Sayangnya untuk mampir ke lokasi ini, harga tiketnya cukup mahal yaitu Rp50.000 per-orang. Ini wajar karena lokasi taman memang sangat luas sehingga ada biaya tambahan untuk pengunjung yang berkeliling dengan menggunakan sepeda motor. Sekalipun demikian, kalau pengunjung sudah tiba di lokasi ini, dijamin tidak akan kecewa.

Itulah beberapa destinasi wisata di Sumatera yang layak kunjung saat liburan nanti. Jangan lupa pelesirnya bersama seluruh anggota keluarga supaya sensasinya semakin menyenangkan. Jangan lupa pula persiapkan budget wisatanya sekarang juga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya