by

Daya Tarik Pantai Slopeng Sumenep yang Sangat luar Biasa

Daya tarik Pantai Slopeng Sumenep sangat luar biasa. Makanya, jumlah pengunjung terus bertambah setiap tahun apalagi ketika tiba Lebaran. Di hari-hari normal juga demikian. Ribuan pengunjung memadati pantai sembari menikmati keindahan yang ada.

Selain Pantai Lombang Batang Batang, Pantai Slopeng Dasuk juga tergolong destinasi terkenal di Madura. Bahkan, dua ikon wisata inilah yang mengenalkan Kabupaten Sumenep sebagai kabupaten dengan destinasi wisata terbaik. Oleh sebab itu, pemerintah kabupaten setempat pun tidak berhenti menghias destinasi dengan fasilitas yang luar biasa.

Pada artikel wisata kali ini, akan dijelaskan review Pantai Slopeng, pantai tercantik di Kabupaten Sumenep. Silakan dibaca, jika Anda ingin tahu lebih lengkap terkait destinasi. Siapa tahu, Anda juga tertarik untuk mengunjunginya di lain kesempatan. Ini ulasan selengkapnya:

Pantai Slopeng Dasuk Sumenep

Pantai Slopeng adalah area wisata alam yang berada di Desa Slopeng Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Ambunten yang menjadi ikon pantura yang terkenal dengan produksi ikannya. Ini kawasan pesisir dengan pemandangan pantai yang masih asri dan permai.

Sebagian besar kawasan wisata dikelola pemkab Sumenep. Namun ada satu titik, yang pengelolaannya melibatkan pihak swasta. Termasuk resto & Café yang membuat Pantai Slopeng lebih megah dan meriah. Resto ini sangat diminati karena buka sampai malam. Sedangkan suasana pantai di malam hari begitu indah apalagi ketika senja dan menjelang pagi.

Sekalipun dipenuhi fasilitas buatan, spot alami Pantai Slopeng tidak hilang. Seperti gunung pasir yang dikelilingi ratusan pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Jika di Pantai Lombang memiliki ikon pohon Cemara Udang, kalau di Pantai Slopeng ada Gunung Pasir yang eksotis.

Daya Tarik Pantai Slopeng Dasuk

Daya tarik Pantai Slopeng ialah, kontur alamnya yang asri dan ombaknya yang tenang. Selain itu, pasirnya lembut dan bersih sehingga layak dijadikan tempat bertelekan sambil menikmati panorama pantai yang aduhai. Area pantai dangkalnya juga luas sehingga aman bagi pengunjung yang ingin berenang.

Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Malta, Negara dengan Pulau yang Memukau

Daya tarik berikutnya dari Pantai Slopeng terletak pada gugusan pasir yang dipenuhi pohon nyiur berukuran tinggi dan besar. Jarak antar pohon cukup ideal sehingga pengunjung leluasa berdiam di bawahnya sembari bercengkrama dan menikmati makanan yang lezat.

Di area ini, terdapat puluhan gazebo dan kursi-kursi santai penuh warna. Sedangkan agak ke timur ada Cafe & Resto out door yang selalu menemani dengan aneka kuliner nikmat plus full musik yang bisa di-request. Jika bersantai di area ini, penat akan langsung hilang berganti kenyamanan hati dan pikiran.

Fasilitas Pantai Slopeng Dasuk

Oleh karena dikelola pihak Pemkab dan Swasta, Pantai Slopeng hadir dengan fasilitas yang sangat lengkap. Selain ada kursi-kursi santai, pihak pengelola juga membangun puluhan gazebo tepat di pinggir pantai. Sedangkan agak ke barat, terdapat gazebo utama berukuran besar yang bisa menampung 100 pengunjung dalam waktu bersamaan.

Pengelola Pantai Slopeng, juga membangun Play Ground khusus anak-anak. Posisinya tepat di bawah tangga utama yang langsung berhadapan dengan laut. Sedangkan di sekitar taman bermain, terdapat puluhan pohon nyiur dan aneka bunga yang membuat orang tua betah menemani si kecil bermain.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, pengelola juga membangun fasilitas standar seperti musholla, kamar bilas dan toilet. Sedangkan tepat di samping area, terdapat warung-warung makanan berjejer rapi dan bersih. Di sini, pengunjung bisa menikmati kuliner khas Sumenep seperti Soto Madura dan Rujak Cingur yang melegenda.

Destinasi Wisata di Pantai Slopeng Dasuk

Ada banyak destinasi yang bisa dinikmati di Pantai Slopeng. Salah satunya, pemandian “Sombhar” yang hanya berjarak dua kilometer dari Pantai. Di sana juga terdapat Patung Ko’Juko’an yang sering digunakan untuk berfoto selfie. Semua destinasi ini gratis dan terbuka untuk umum.

Baca Juga  6 Destinasi Wisata Historis di Jawa Timur

Di Pantai Slopeng terdapat spot foto buatan yang bagus. Masyarakat juga menyediakan kuda tunggangan dan motor gila yang bisa dipakai berkeliling pantai. Destinasi semacam ini yang membuat perjalanan wisata Anda tidak akan mengecewakan.

Hicking Gunung Pasir menjadi destinasi baru di Pantai Slopeng. Sekalipun tidak terlalu tinggi dan terjal, area tetap menaikkan adrenalin. Apalagi saat sampai di puncak dan berfoto selfie di sana dengan menjadikan laut lepas sebagai latar belakang.

Jam Buka Pantai Slopeng Dasuk

Pengunjung bisa mengunjungi Pantai Slopeng setiap saat termasuk malam hari. Namun, waktu terbaik berkunjung ialah, sore menjelang senja atau dini hari sebelum pagi. Di dua waktu ini, pemandangan pantai sangat luar biasa serta membuat pengunjung enggan beranjak.

Pengunjung bisa memilih waktu berkunjung yang tepat. Jangan lupa mengajak seluruh keluarga supaya perjalanan wisata lebih menyenangkan. Tak kalah pentingnya, bekal wisata harus lengkap termasuk tenda jika ingin menginap. Nah, untuk menginap, pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu demi keamanan.

Harga Tiket Pantai Slopeng Dasuk

Harga tiket masuk ke Pantai Slopeng sangat murah. Perorang cukup membayar Rp5000 saja dengan biaya parkir kendaraan Rp2000 dan mobil Rp5000. Jika ingin masuk ke Cafe dan Resto, pengunjung harus membayar Rp15.000 karena di dalamnya banyak fasilitas wisata yang lebih oke.

Kalau ingin menikmati kuliner di Pantai Slopeng, persiapkan saja uang Rp10.000. Itu harga seporsi Soto Madura plus segelas teh manis. Sedangkan biaya kamar bilas dan toilet, pengunjung cukup membayar Rp1000 saja sekali masuk.

Bagaimana, daya tarik Pantai Slopeng Sumenep cukup memuaskan bukan? Jadi, tunggu apalagi silakan datangi sekarang juga. Rasakan kenikmatan berwisata alam yang luar biasa dan tidak akan mengecewakan.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait