by

Cara Benar Mengolah Santan Supaya Masakanmu Menjadi Mak Nyus

Masakan dan kue asli Indonesia yang dinilai eksotis dan banyak disukai warga asing, sangat sering menggunakan santan kelapa. Pohon kelapanya pun tumbuh subur di setiap jengkal tanah di bumi Indonesia.

Jika di masa lalu kita harus membeli kelapa dan memarutnya sendiri, saat ini kelapa parut mudah ditemui di setiap gerobak penjual sayuran, sedangkan di pasar malah kita bisa minta untuk dibuatkan santan dengan mesin pemeras kelapa. Rasa dari masakan dan kue-kue bersantan sangat ditentukan oleh kualitas santan yang bagus.

Bagaimana cara mengolah santan untuk mendapatkan hasil masakan dan kue yang lezat? Mari kita simak tahapan-tahapannya.

1. Pilih Kelapa yang Bagus

kelapa lezat di atas putih - kelapa potret stok, foto, & gambar bebas royalti

 

Untuk mendapatkan santan yang gurih dan kental, kita harus memilih kelapa tua yang bisa dilihat dari warna kulit kelapanya. Selain itu, warna kulit kelapa juga menentukan jenis masakan atau kue yang akan dibuat.

Untuk masakan seperti sayur lodeh, sayur daun singkong, soto bersantan ataupun kolak, kita harus memilih kelapa tua dengan warna kulit cokelat muda. Sedangkan untuk masakan seperti rendang dan gulai, pilihannya adalah kelapa dengan warna kulit cokelat tua.

Untuk masakan dan kue seperti nasi uduk, ketan, uli, ataupun kue-kue bersantan yang berwarna putih, kelapa harus dikupas kulitnya sebelum diparut, supaya kulit kepala tidak mempengaruhi warna masakan ataupun kue yang dibuat.

2. Haluskan Lagi untuk Hasil Santan yang Bagus dan Banyak

minum kelapa dalam botol di atas meja marmer putih. - kelapa santan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Santan yang bagus dan gurih tentunya berasal dari kelapa yang bagus, sedangkan untuk memperbanyak santan yang didapat, kelapa parut bisa kita haluskan lagi dengan blender. Tambahkan air ke dalam blender sampai seluruh kelapa parut terendam.

Jika kita membeli kelapa di pasar dan dijadikan santan, mintalah penjualnya untuk menambahkan air ke dalam kelapa parut, sesuai dengan tingkat kekentalan santan yang kita inginkan.

Baca Juga  Ketahui Cara untuk Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Agar Menjadi Lebih Produktif
3. Menyimpan Santan dengan Tepat

botol kosmetik dan kelapa organik segar untuk perawatan kulit, latar belakang alami - kelapa santan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sama seperti kelapa parut, santan cepat menjadi rusak atau basi jika disimpan di dalam suhu ruang. Kelapa parut yang kita beli harus segera diperas menjadi santan dan langsung dimasak. Saat hampir mendidih, santan harus segera diaduk supaya tidak pecah. Aduk terus sampai mendidih dan aduk sebentar lagi saat kompor sudah dimatikan.

Santan matang bisa bertahan di dalam kulkas selama tiga hari asalkan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Jika kita menyimpan kelapa parut atau santan di dalam freezer, maka saat akan dipakai santan tersebut akan menjadi lebih encer. Demikan juga dengan kelapa parut yang disimpan di dalam freezer, akan mendapatkan santan yang lebih encer.

4. Memilih Jenis Santan yang akan Digunakan dalam Masakan atau Kue

berbagai jenis susu vegan - kelapa santan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pemilihan kelapa yang bagus akan menghasilkan santan yang bagus. Namun, jika kita membaca resep masakan, selalu perhatikan santan yang digunakan. Walaupun santan kental mempunyai rasa yang lebih gurih, tapi tidak semua hidangan membutuhkan santan yang kental.

Masakan seperti rendang dan gulai, sudah pasti membutuhkan santan yang kental. Sebaliknya, masakan seperti sayur lodeh atau sayur daun singkong, membutuhkan santan yang sedang saja dan tidak terlalu kental. Demikian pula dengan makanan seperti kolak atau bubur kacang hijau, hanya membutuhkan santan yang sedang.

Untuk membuat kue, kebanyakan maenggunakan santan yang kental, seperti kue pisang, kue talam atau kue lapis tepung beras atau sagu. Sedangkan kue-kue yang membutuhkan santan sedang sebagai siraman kuah atau sausnya, antara lain kue serabi dan putu mayang. Kualitas kelapa yang bagus tidak akan ada artinya tanpa cara mengolah santan dengan benar.

Baca Juga  7 Langkah Cerdas untuk Menjadi Penulis Profesional yang Dibayar
Resep Kue yang Menggunakan Santan

percikan santan terisolasi pada putih - kelapa santan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dari sekian banyak masakan dan kue tradisional Indonesia yang menggunakan santan, ada dua resep kudapan yang sangat mudah dibuat, tetapi mempunyai rasa yang lezat yang penampilan yang bagus. Kudapan-kudapan tersebut biasanya dijakdikan makanan selingan, di antara waktu makan ataupun untuk hidangan berbuka puasa. Resep-resep kudapan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kue Pisang Santan

kolak, kolak pisang is indonesian traditional dessert, very popular during ramadhan. - pisang santan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bahan:
  • 5 buah pisang raja/kepok
  • 500 cc santan kental
  • 3 sdm tepung beras
  • 5 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya.
  • 3 lembar daun pandan
Cara membuat:
  1. Pisang direbus atau dikukus hingga matang lalu kupas kulitnya.
  2. Cairkan tepung dengan sebagian santan lalu campurkan tepung yang sudah cair dengan seluruh santan.
  3. Masak santan berbarengan dengan daun pandan, gula, dan garam. Aduk-aduk terus sampai mendidih. Siramkan kuah santan ini ke atas pisang yang sudah direbus.
  4. Kekentalan adonan santan dalam resep ini adalah seperti adonan tepung untuk menggoreng pisang, bukan seperti bubur sumsum. Jika kuah santannya terasa kurang kental, bisa ditambahkan dengan sedikit tepung beras yang sudah dicairkan dengan air.
2. Kue Pisang Ketan

Jumat 6 Agustus, ศ

Bahan:
  • 1/2 liter beras ketan
  • 600 cc santan agak kental
  • 1 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 5 buah pisang raja/kepok/uli
  • Daun pisang secukupnya
  • 3 lembar daun pandan
Cara membuat:
  1. Daun pisang dijemur atau dipanaskan di atas api kompor supaya lemas.
  2. Beras ketan direndam selama satu jam lalu cuci dan tiriskan.
  3. Masak beras ketan bersama santan, daun pandan, gula dan garam. Masak sambil terus diaduk sampai santan menyusut, seperti membuat aronan beras untuk nasi.
  4. Pisang dipotong-potong kira-kira ukuran 4 x 2 cm.
  5. Daun pisang dipotong-potong seukuran 20 x 15 cm.
  6. Ambil 2 sdm ketan yang sudah diaron lalu tekan-tekan dengan sendok sampai melebar. Isikan sepotong pisang ke dalam ketan lalu tutup kembali sampai pisang tidak terlihat. Bungkus seperti membungkus kue pisang.
  7. Kukus selama 15 – 20 menit.
Baca Juga  7 Peralatan Sekolah yang Wajib Ada untuk Anak Sd

Selamat menikmati kedua kudapan yang memakai santan tersebut di atas. Cara mengolah santan yang tepat akan menghasilkan kue-kue dan masakan tradisional Indonesia yang lezat dan menggugah selera loh sobat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya