by

Bosan dengan Masakan Itu-itu Saja?Yuk Simak 10 Ide Olahan Daging Selain Rendang

Hari Raya Idul Adha baru saja kita lewati, mendadak stok daging di freezer Bunda menumpuk sampai sulit untuk ditutup. Inilah salah satu fenomena setelah Hari Raya Idul Adha di Indonesia, kulkas dan freezer dipenuhi daging kurban hantaran dari family dan tetangga di komplek.

Alhasil, Bunda bingung mau diolah jadi apa daging tersebut?

Resep yang biasanya bunda ingat ketika daging berlimpah pasti rendang daging, tapi ada olahan daging selain rendang yang tidak kalah lezatnya. Dengan paduan rempah dan bumbu yang spesial daging bisa menjadi olahan masakan yang bisa menggoyang lidah bunda sekeluarga.

Mau tahu review ide olahan daging selain rendang, yang pasti nikmat dan mengundang selera bunda? Lets check this out!

1. Semur Daging sapi
semur daging sapi tradisional yang manis dan gurih - semur daging potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Olahan daging selain rendang yang pertama adalah Semur Daging Sapi. Makanan ini lebih terkenal di daerah Jawa tengah dan Yogyakarta.

Daging dipotong kotak, kemudian dimasak dengan gula merah, kecap dan ditambah rempah yang menambah selera makan. Biasanya rempah yang ditambahkan adalah kayu manis sehingga menciptakan rasa yang khas.

Biasanya semur daging dapat di variasikan dengan penambahan telur atau kentang, sehingga sensasi yang dihasilkan makin nikmat.

2. Dendeng Balado
dendeng balado - dendeng balado potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Bagi penggila pedas, ide olahan daging selain rendang yang kedua adalah Dendeng Balado. Dendeng Balado sendiri merupakan masakan yang berasal dari Sumatra barat.

Olahan daging ini dibuat dari daging yang diiris tipis tipis dan berselera pedas. Daging tipis ini digoreng dan dibumbui balado yang terbuat dari cabai merah, tomat dan bawang merah yang digiling halus.

Dengan ditemani nasi putih hangat, akan terasa lebih nikmat dan menggugah selera bunda.

Baca Juga  Rasakan Keindahan dan Kebahagiaan Ramadan di Yerusalem
3. Tongseng Daging
meat tongseng - tongseng daging potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Siapa yang tidak kenal tongseng? biasanya tongseng berbahan dasar daging kambing. Tapi jika kita menggunakan daging sapi pun tidak kalah nikmatnya. Aromanya pun akan lebih lembut dibandingkan jika menggunakan bahan daging kambing.

Tongseng adalah olahan daging dengan tumisan bumbu dicampur dengan santan, serta kecap sehingga rasa yang dihasilkan manis dan pedas. Masakan ini cocok jika disajikan dengan nasi putih hangat.

4. Daging Sapi Lada Hitam
tumis fillet daging sapi dengan lada hitam - daging sapi lada hitam potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Olahan yang direkomendasikan untuk bunda yang keempat adalah Daging Sapi Lada Hitam. Masakan ini sangat dikenal di khalayak ramai. Daging yang biasanya digunakan untuk masakan ini adalah daging khas dalam.

Daging diiris tipis kemudian diremas dan baluri oleh saus tiram dan kecap manis. Kemudian daging ditumis dan tambahkan bawang bombai dan paprika hijau. Jangan lupa ditambahkan lada hitam sebagai bumbu utama. Masakan ini nikmat jika disajikan dengan nasi putih.

5. Empal Gentong
empal gentong merupakan makanan tradisional dari cirebon indonesia. terdiri dari sup daging dengan sup santan - empal gentong potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Empal gentong merupakan rekomendasi kelima untuk olahan daging selain rendang. Masakan ini merupakan masakah khas dari Cirebon. Tampilannya amat mirip dengan gulai karena berkuah kuning. Dagingnya pun terasa amat lembut karena lama waktu untuk memasak dagingnya.

Masakan ini cocok saat disajikan juga di acara hari raya. Di tempat asalnya Cirebon, masakan ini dimasak dalam gentong tanah liat dan dimasak dengan kayu bakar sehingga menimbulkan cita rasa yang khas.

Untuk empal gentong sendiri, biasanya divariasikan dengan jeroan seperti babat, usus dan tulang muda. Masakan ini enak dinikmati dengan lontong maupun nasi putih.

6. Daging Sapi Teriyaki
beef teriyaki di piring wajan plastik - daging sapi teriyaki potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Daging sapi teriyaki merupakan salah satu khas masakan dari negeri matahari terbit atau Jepang. Kelezatannya terletak pada daging yang dimarinasi dan saus teriyakinya yang meresap kedalam.

Baca Juga  Semua Hal Mengenai Kuskus Sayur Ayam, Hidangan Ala Afrika yang Cocok untuk Santapan Bersama Keluarga

Daging diiris tipis kemudian dimarinasi. Selanjutnya daging ditumis dengan bawang putih serta ditambah bawang bombai. Tidak lupa tambahkan juga saus teriyaki. Bisa juga ditambahkan rebusan brokoli dan wijen sebagai variasinya.

Memasaknya amatlah mudah dan praktis, sehingga masakan ini layak di rekomendasikan sebagai olah daging yang top markotop.

7. Bakso
bakso buatan indonesia - bakso potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Olahan daging selanjutnya adalah Bakso. Bakso cocok disajikan di hari Raya juga, terutama jika menginginkan olahan tanpa santan atau bening.

Bakso bisa dikatakan makanan sejuta umat, hampir di setiap pelosok negeri pasti ada bakso. Kuah kaldu bakso ditambah kecap dan saos akan menimbulkan paduan yang harmonis. Bakso pun bisa disajikan dengan mie kuning atau bihun.

8. Daging Sapi Bumbu Bali
rendang daging sapi, makanan khas indonesia - balinese seasoned beef potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Bali tidak hanya dikenal dengan budayanya tapi juga mempunyai olahan daging yang rasanya amat nikmat, yaitu Daging sapi Bumbu Bali. Cita rasa bumbu bali ini mempunyai ciri khas dari aroma daun jeruk dan serai yang dicampur sebagi bumbunya.

Daging dibentuk dengan ukuran besar dan berbentuk dadu. Daging kemudian direbus kurang lebihnya 45 menit dalam air yang mendidih. Selanjutnya tumis bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai ditambah kemiri. Campurkan dengan daun jeruk, air asam jawa dan serai serta kecap secukupnya.

Masak hingga empuk dan bumbu menyerap dalam daging. Sajikan dengan nasi putih untuk menikmatinnya.

9. Krengsengan Sapi
krengsengan - beef krengsengan potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Olahan yang selanjutnya adalah krengsengan sapi. Asal krengsengan sapi ini adalah dari wilayah Jawa Timur. Adapun bumbu yang khas dari masakan ini adalah petis sebagai bumbu penyedap utamanya.

Cita rasa petis membuat krengsengan sapi mempunyai rasa manis, asin dan pedas sehingga menambah rasa yang bervariasi. Untuk proses memasaknya juga tidak memerlukan waktu yang lama, sehingga cocok disajikan sebagai hidangan yang praktis dan cepat.

Baca Juga  Wisata Buatan di Indonesia yang Menarik Banyak Wisatawan
10. Sop Iga Sapi
merapatkan sop iga atau sup iga kuda dalam mangkuk putih - sop iga sapi potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Jika bosan dengan makanan yang bersantan dan takut berakibat buruk bagi Kesehatan, bunda bisa mencoba masakan yang satu ini. Sop iga sapi mempunyai rasa yang gurih dan segar jika disajikan panas.

Perpaduan kaldu sapi dan rempah yang kuat terpancar sangat dalam cita rasanya ditambah kelembutan daging didaamnya. Sop iga layak dijadikan masakan yang menambah stamina tubuh atau bermanfaat bagi Kesehatan.

Dari 10 ide olahan daging selain rendang di atas ini, mana nih yang kamu ingin coba?

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait