by

Aktivitas Muslim Saat Lebaran yang Tidak Akan Terlupakan

Terdapat beberapa aktivitas Muslim saat lebaran, yang membuat hari raya Idul Fitri ini selalu dinanti-nantikan. Dan jika aktivitas ini tidak dilakukan, momen lebaran serasa ada yang kurang. Oleh sebab itu, setiap muslim jangan pernah melupakan aktivitas tersebut supaya suasana lebaran yang indah dan sakral tetap terjaga.

Untuk Anda yang ingin mengetahui aktivitas lebaran seperti apa yang dimaksud, silakan baca artikel ini sampai selesai. Setelah itu, silakan jalankan semua aktivitasnya dengan hati riang dan niatkan untuk beribadah. Jadi, silakan dibaca dan ini ulasan yang dimaksud:

1. Bersilaturahmi Kepada Keluarga dan Kerabat

Happy Eid al-fitr vector illustration Muslim people celebrating Eid al-fitr, Shaking hands wishing each other. Families gather together, Muslim man kissing her mother hand, Tradition of Eid al-Fitr. Vector in flat style silaturahmi stock illustrations

Aktivitas utama ketika lebaran adalah bersilaturahmi kepada keluarga dan kerabat. Ini tidak hanya berlaku bagi Muslim yang mudik dari luar kota saja, tetapi juga berlaku untuk masyarakat sekitar. Artinya, ketika sehabis sholat Id, seluruh masyarakat akan berbondong-bondong mendatangi rumah tetangga dan kerabatnya.

Mereka akan bersalaman saling memaafkan sedang sang tuan rumah akan menjamu dengan kuliner yang lengkap. Para tamu ini tidak hanya disuguhkan kue lebaran saja, tetapi kadang juga diajak makan bersama. Momen silaturahmi ini yang tidak boleh hilang saat lebaran, karena menjadi pengikat hati antara keluarga dan masyarakat.

Kegiatan seperti ini yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Selain untuk menjalin keakraban dan memanjangkan usia, ternyata silaturahmi langsung memberikan dampak rezeki yang menyenangkan. Kalau tidak bersilaturahmi, tentu warga yang satu agak kesulitan, untuk makan opor ayam dan kue lebaran di rumah warga yang lain.

2. Bagi-Bagi Sedekah Lebaran

Hari raya malay muslim baby girl together with her mother and grandparent in Hari Raya Aidilfitri / Eid-Ul-Fitr celebration in living room  idul fitri stock pictures, royalty-free photos & images

Bagi-bagi sedekah lebaran juga menjadi tren yang menjadikan momen lebaran semakin meriah. Hal ini pula yang menjadikan anak-anak ikut andil di dalamnya, dengan berkeliling ke rumah-rumah untuk mendapatkan sedekah lebaran dengan jumlah nominal yang memuaskan bagi mereka.

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Selain Mall yang Wajib Kamu Kunjungi

Masyarakat pun rela menukar uang lama dengan uang baru jauh-jauh hari ke bank. Ini untuk dibagi-bagikan kepada anak kecil dan mereka akan senang, kalau mendapatkan uang yang baru dan wangi tersebut. Kadang, si tuan rumah akan memasukkan sedekah lebaran tersebut di amplop kecil dengan gambar yang menarik bagi anak-anak.

Jika aktivitas bagi sedekah lebaran diniatkan murni karena Allah bukan karena pamer, tentu si pemberi akan mendapatkan pahala yang besar. Bahkan Allah akan membalasnya dengan balasan yang berkali-kali lipat. Seperti mendapatkan kesehatan yang bagus, disembuhkan dari penyakit, disayangi yang muda dan balasan yang lainnya.

3. Makan Bersama Sembari Menikmati Pemandangan Alam

Ramadan Kareem Malaysian food on table. idul fitri outdoor stock pictures, royalty-free photos & images

Aktivitas Muslim saat lebaran yang berikutnya ialah makan bersama sembari menikmati pemandangan alam. Maka dari itu, masyarakat yang ingin melakukan aktivitas ini pasti berkunjung ke tempat wisata berbasis alam baik natural maupun alam buatan. Di mana ada tempat yang pemandangannya indah, maka di situlah mereka akan menggelar tikar dan makan bersama.

Uniknya, masyarakat membawa makanan dari rumah masing-masing lalu dimakan bersama. Makanan yang dibawa harus yang khas lebaran seperti ketupat lengkap dengan serundeng bakar dan semur ayam. Seluruh keluarga dan tetangga akan makan bersama sembari bercengkrama menjalin keakraban satu sama lain.

Warga tidak perlu mendatangi tempat wisata yang mahal dan jauh dari rumah. Taman belakang rumah dan alun-alun kota pun menjadi tempat terbaik, untuk makan-makan sambil bercengkrama. Sedangkan destinasi yang paling populer digunakan adalah pantai dan perbukitan. Sebab di dua wisata tersebut pemandangannya benar-benar menakjubkan.

4. Berziarah ke Makam Leluhur

Di dalam spiritualitas sebagian umat Muslim meyakini kalau tiba hari raya Idul Fitri, leluhur yang di bulan Ramadan dibebaskan dari adzab kubur, akan kembali mendapatkan siksa. Maka dari itu, ketika sudah tiba moment tersebut, masyarakat akan berbondong-bondong ke pekuburan untuk melakukan ziarah, mendoakan leluhur agar dilepaskan dari adzab kubur.

Baca Juga  Sederhana dan Enak Banget! Ini 5 Makanan Lezat Indonesia yang Mendunia

Masyarakat datang ke kuburan untuk membaca surat Al Fatihah bagi si mayit. Termasuk membersihkan rumput-rumput liar supaya kuburan terlihat bersih. Ini telah menjadi ritual spiritual masyarakat yang tetap terjaga pada saat lebaran. Bagi pemudik, momen ini dijadikan sebagai alat untuk mendoakan keluarga yang telah meninggalkannya.

Ziarah saat lebaran dilakukan karena di bulan Ramadan, warga sudah tidak melakukan ziarah selama satu bulan full. Sehingga ada rasa rindu terhadap keluarga atau leluhur yang telah meninggal dunia.

Makanya, ketika sudah tiba lebaran, area pekuburan terlihat lebih ramai dari hari biasanya. Para penjual bunga pun bertambah yang biasanya berjejer di sepanjang jalan menuju makam.

5. Memakai Baju Baru

Beautiful Family Eating During Hari Raya Aidilfitri Hari Raya Aidilfitri/Idul Fitri Celebration idul fitri stock pictures, royalty-free photos & images

Umat Islam seakan kurang lengkap kalau pas lebaran tidak menggunakan baju baru. Ini telah menjadi budaya yang mentradisi turun temurun, entah siapa yang memulainya. Bahkan, baju baru tersebut sudah digunakan saat sholat Id, dan akan berganti baju baru yang lain ketika akan bersilaturahmi ke kerabat dan tetangga.

Makanya jangan heran, kalau beberapa hari sebelum lebaran, toko-toko pakaian pasti ramai pengunjung. Mereka rela menyemut dan antri bersama ratusan calon pembeli yang lain. Sedangkan puncak keramaian adalah di malam takbiran, karena keesokan harinya seluruh toko akan tutup selama satu minggu.

Sekalipun telah menjadi tradisi, tetapi kalau memang tidak memiliki uang untuk membeli baju baru, maka tidak boleh terlalu memaksakan diri. Justru tetangga yang harus melihatnya sebagai sebuah sedekah, dengan membagikan THR kepada tetangga yang lain agar bisa dibelikan baju. Ini harus diluar zakat fitrah yang menjadi kewajiban seluruh umat Islam.

Inilah aktivitas Muslim saat lebaran yang menjadikan liburan hari raya semakin meriah dan penuh warna. Bisa dibilang, ini merupakan pesta kemenangan setelah satu bulan penuh umat berperang menahan nafsu, lapar dan dahaga di bulan Ramadan yang penuh berkah. Jadi, silakan lakukan aktivitas di atas tetapi tidak berlebihan dan tidak dalam rangka kesombongan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya