by

9 Kuliner Sunda yang Terkenal, Sudah Coba Belum?

Indonesia memiliki beragam suku dan dari suku-suku tersebut melahirkan suatu kebudayaan. Dimana kuliner atau masakan termasuk kedalam kebudayaan tersebut. Kuliner setiap daerah memiliki ciri khas, tidak terkecuali kuliner Sunda.

Kuliner ini merupakan makanan khas sunda, kamu bisa mendapatkan makanan kuliner Sunda di berbagai tempat makan sunda atau jika memungkinkan datanglah ke daerah suku sunda, dimana Jawa Barat termasuk provinsi yang banyak ditinggali oleh suku Sunda. Apa saja makanan yang terkenal dari kuliner Sunda?

1. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom, nasi goreng sunda dengan oncom - nasi tutug oncom potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dari namanya saja, kamu bisa langsung mengetahui bukan? Bahwa makanan ini merupakan makanan khas Sunda. Kuliner satu ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom yang sudah dibakar atau digoreng lalu diaduk dengan nasi hangat.

Biasanya nasi yang digunakanlah adalah nasi putih. Makanan ini berasal dari Tasikmalaya, untuk lauk pelengkap biasanya akan disajikan tahu goreng, tempe goreng, lalapan (sayuran mentah), ayam goreng, serta sambal. Sangat menggiurkan, bukan?

2. Lotek

sudut pandang tinggi lotek khas makanan indonesia - lotek potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Lotek merupakan salah satu masakan khas sunda yang bahan utamanya menggunakan sayuran yang sudah di kukus atau direbus, sementara bahan pendukungnya yaitu lontong. Untuk sambalnya menggunakan sambal kacang, agar cita rasanya lebih segar biasanya diberikan jeruk limau (jeruk untuk menyegarkan masakan atau sambal).

Sayuran yang digunakan biasanya kangkung atau genjer dan buah nangka, yang sudah matang lalu diaduk di atas coek menggunakan mutu dan ulekan datar. Dengan komposisi makanan ini, tentu dapat dikatakan bahwa makanan ciri khas sunda ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, bukan?

3. Karedok

karedok, salad sayuran mentah sunda - karedok potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis makanan satu ini hampir sama dengan lotek karena bahan untuk membuat karedok sama dengan lotek, yaitu menggunakan sayuran. Akan tetapi, perbedaanya adalah lotek menggunakan sayuran yang telah matang.

Baca Juga  9 Rekomendasi Wisata Kuliner Populer di Indonesia

Lalu sayuran yang digunakannya pun berupa kangkung, genjer dan buah nangka matang. Sementara untuk membuat karedok menggunakan sayuran mentah seperti timun, kacang panjang, kol, dan lain sebagainya.

Jadi sayuran yang digunakan hanya cukup dibersihkan dengan air lalu dipotong kecil-kecil atau sesuai dengan kebutuhan. Meskipun menggunakan sayuran mentah, rasa dari karedok ini tetaplah enak.

4. Soto Bandung

soto bandung, soto indonesia dari jawa barat. - soto bandung potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kuliner Sunda selanjutnya berasal dari Kota Kembang atau kota bandung, bernama soto Bandung. Mungkin kamu banyak menemui makanan dengan nama yang sama. Akan tetapi, setiap soto memiliki ciri khasnya sendiri, termasuk Soto Bandung.

Soto ini terbuat dari tetelan daging sapi dengan beragam bumbu untuk melengkapi cita rasa dari Soto Bandung. Bumbunya tersebut terdiri lengkuas, jahe, gula, bawang putih, merica, serai, bawang merah, serta rempah-rempah lainnya.

Nah, bahan pelengkap lainnya yaitu lobak yang sudah dipotong-potong, bawang goreng, kacang  kedelai goreng, sambal, jeruk nipis, dan irisan seledri. Namun, apabila kamu tidak suka kacang kedelai goreng atau seledri, atau bahan pelengkap lainnya, kamu bisa request kepada penjual agar tidak menggunakan bahan tersebut.

5. Surabi

surabi, dikenal sebagai pancake lokal indonesia. - surabi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Masih berada di Kota Kembang karena makanan ini akan lebih mudah kamu temui di Bandung dibanding daerah lainnya. Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras lalu diberikan sedikit garam. Untuk memasaknya menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan cetakan serabi pun terbuat dari tanah liat.

Pada awalnya surabi hanya disajikan dengan gula cair saja, tetapi seiring berjalannya waktu rasa dari surabi pun beragam, ada surabi oncom, greentea, coklat, telur dan lain sebagainya. Biasanya, tiap rasa memiliki harga yang berbeda.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Selain itu saat kamu menunggu makanan ini, kamu akan mencium aroma yang khas yang berasal dari tungku tanah liat, dimana untuk membakar surabi ini menggunakan kayu bakar. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk mencicipinya.

Baca Juga  Tak begitu Eksis Tapi Eksotis, Ini 5 Wisata Alam yang Tak Ramai Dikunjungi di Indonesia
6. Peuyeum Sampeu

Sekilas tentang Peuyeum Bandung - Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Hal ini karena makanan satu ini cukup popular. Peuyeum selintas mirip dengan tape, tetapi yang membedakannya adalah tekstur dari keduanya. Peuyeum memiliki tekstur yang lebih kering dibandingkan dengan tape.

Kamu dapat lebih mudah mendapatkan makanan satu ini di Bandung, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu pun bisa mendapatkan makanan satu ini di daerah Sunda lainnya. Biasanya, para penjual peuyeum akan berjualan di dekat terminal maupun stasiun.

Hal ini tentu memudahkan para pelancong kuliner untuk mendapatkannya. Kuliner Sunda ini pun kerap kali dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang berwisata ke Jawa Barat, khususnya ke Bandung.

7. Dodol Garut

dodol garut - dodol garut potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Dodol satu ini sudah menjadi kuliner yang legendaris dari Garut. Dodol ini memiliki rasa manis gurih karena terbuat dari tepung beras ketan, susu, kelapa dan gula pasir. Dodol satu ini dapat bertahan sampai tiga bulan, meskipun tidak menggunakan bahan pengawet.

Jadi tidak heran apabila cemilan satu ini dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan karena selain enak dapat bertahan lama, sehingga tidak perlu khawatir soal masa kadaluarsa dalam waktu dekat. Satu hal lagi, kemasan dari dodol garut ini cukup simple sehingga lebih mudah kamu bawa.

8. Bakakak Hayam

Jual BAKAKAK AYAM KAMPUNG di Lapak Mandiri Spring Mart | Bukalapak

Kuliner satu ini cukup unik karena membakar ayam utuh, iya seperti namanya ‘Hayam’ dimana dalam bahasa Indonesia berarti ayam. Makanan jenis ini dapat dimakan bersama keluarga atau teman-teman kamu. Tetapi jika kamu ingin makannya sendirian juga bisa, asal dihabiskan saja.

Makanan ini sangat mudah kamu jumpai di daerah Sunda. Biasanya ayam yang digunakan adalah ayam kampung, sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dan disajikan dengan sambal dan lalapan sayur. Namun, jika kamu ingin menambahkan lauk seperti tempe atau tahu, kamu bisa memintanya kepada penjual.

Baca Juga  Kamu Ingin ke Korea Selatan? Berikut ini Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan
9. Mie Kocok

indonesian beef noodles soup (mie kocok) - mie kocok potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kuliner satu ini mungkin hampir mirip dengan bakso, tetapi bakso dengan mie kocok itu cukup berbeda. Meskipun mie kocok menggunakan baso sebagai bahan dalam penyajiannya, terdapat bahan-bahan lainnya seperti, irisan kikil, mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dan bawang goreng.

Selain itu dalam proses pembuatannya  atau memasaknya dengan mengocok-ngocok mie. Bersamaan dengan itu, mie tersebut di kocok-kocok dalam wadah khusus dengan mencelupkannya ke dalam air panas.

Dari ke-9 Kuliner Sunda di atas ini, mana yang pernah kamu coba? Makanan di atas termasuk makanan yang sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami serta kaya rasa, bukan? Jadi jangan lewatkan mencoba makanan tersebut ya, jika kamu berkunjung ke daerah Jawa Barat nih sobat.

Sumber Gambar (istockphoto)

Comment

Artikel Terkait