by

8 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak, yuk Coba!

Makanan yang baik untuk perkembangan otak ini, bisa membantumu untuk mengoptimalkan kemampuan otakmu. Dengan begitu, apapun kegiatan atau pekerjaan yang kamu lakukan itu maksimal. Perlu diketahui pula, bahwa makanan yang baik dan sehat itu tidak harus selalu memiliki angka fantastis.

Namun, beberapa makanan tersebut bisa kamu konsumsi dengan harga yang terjangkau. Sehingga, siapapun dapat menikmati makanannya tersebut.

Selain memperhatikan kandungan makanan yang kamu makan, perhatikan pula cara memasak dan penyimpanan makanan tersebut. Sehingga kandungan makanan tetap terjaga dan baik untuk dikonsumsi. Misalnya, hindari memasak sayur dengan menghangatkannya sampai beberapa kali.

Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak

Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini. Jika kamu tidak menyukai makanan satunya, silahkan coba makanan yang lainnya. Sehingga, kamu tetap dapat menjaga perkembangan otakmu dengan baik. Inilah beberapa makanan yang baik untuk tumbuh kembang otak!

1. Sayuran

Variety of fresh organic vegetables and fruits in the garden vegetables stock pictures, royalty-free photos & images

Makanan satu ini dapat kamu temukan dengan mudah di pasar atau di tukang sayur keliling. Adapun jenis sayuran tersebut seperti bayam, brokoli, wortel, maupun kentang. Hal ini dikarenakan sayuran di atas memiliki kandungan karbohidrat, antioksidan dan vitamin. Sehingga dipercaya dapat membantu otak dapat berkembang dengan baik.

Selain itu, dapat membantu kamu dalam mengingat sesuatu dalam waktu yang lama. Sehingga makanan satu ini sangat baik untuk perkembangan otakmu, bukan? kamu dapat memasaknya dengan cara membuat sup, tomat dan lain sebagainya.

2. Produk Susu

Young boy drinking milk milk stock pictures, royalty-free photos & images

Makanan yang satu ini pun sangat mudah didapatkan. Bahkan di warung-warung kelontong kecil pun, produk satu ini bisa kamu dapatkan. Lalu mengapa sih makanan ini sangat baik untuk perkembangan otak? Hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan vitamin D, kalsium, protein dan kalium. Sehingga, selain membantu pertumbuhan tulang, otot tubuh dan sistem saraf, bermanfaat juga untuk perkembangan otak, terutama anak-anak.

Baca Juga  5 Tips Sederhana untuk Hidup Sehat

Nah, kelebihan lainnya saat kamu mengonsumsi susu adalah mengurangi  rasa lapar yang kamu rasakan. Maka cobalah untuk mengonsumsi susu secara rutin dan teratur. Minimal kamu meminumnya sebanyak dua kali sehari. Untuk waktunya sendiri bebas, bisa pagi hari dan ketika menjelang tidur.

3. Telur

Salted eggs on plate.  egg stock pictures, royalty-free photos & images

Makanan yang baik untuk perkembangan otak selanjutnya ini pun cukup mudah didapatkan. Bahkan sering dijadikan lauk dalam sehari-hari. Untuk mengolahnya pun cukup mudah dan beragam, sehingga kamu dapat menyesuaikannya. Diketahui bahwa telur memiliki kandungan protein yang tinggi.

Dimana kandungan tersebut dapat membantu proses perkembangan otak, khususnya anak-anak. Selain itu, telur pun ternyata memiliki kandungan kolin, yang mana kandungan tersebut dapat membuat daya ingat semakin tajam. Tentu hal tersebut, dapat mengoptimalkan kegiatan maupun pekerjaan yang sedang kamu lakukan, bukan?

4. Ikan Salmon

Dinner with creamy garlic butter tuscan salmon. Pan seared salmon in a delicious creamy sauce with spinach and sun dried tomatoes. Top view. Copy space. Dinner with creamy garlic butter tuscan salmon. Pan seared salmon in a delicious creamy sauce with spinach and sun dried tomatoes. Top view. Copy space. salmon stock pictures, royalty-free photos & images

Makanan yang satu ini dipercaya sebagai makanan yang sehat. Hal tersebut memang benar adanya, dimana ikan salmon memiliki kandungan vitamin E, K, D dan A. Kandungan vitamin tersebut diklaim dapat membantu meningkatkan perkembangan otak, khususnya kepada anak-anak.

Selain itu, ikan salmon pun memiliki kandungan lemak yang tinggi, tetapi hal tersebut dapat mudah dibakar oleh anak-anak. Cobalah konsumsi ikan salmon dalam seminggu sekali atau sesuai kebutuhan. Imabangi pula dengan makanan yang lainnya.

5. Gandum

Bread on cutting board  wheat stock pictures, royalty-free photos & images

Makanan yang baik untuk perkembangan otak ini, sering digunakan untuk menjadi makanan pokok. Pengganti nasi oleh sebagian orang. Hal tersebut, bukan tanpa sebab, melainkan karena kandungannya yang dimilikinya. Yakni tinggi serat dan memiliki lemak yang rendah. Selain itu, gandum pun memiliki kandungan lain yang baik untuk perkembangan otak.

Di antaranya adalah  Vitamin (A, B6, dan E), zat besi, mineral, kalsium dan saponin. Makanan satu ini pun dapat dikonsumsi oleh anak. Namun, sebaiknya sebelum itu, konsultasikan kepada dokter kepercayaan Anda

Baca Juga  Berguna Bagi Kesehatan, Inilah 5 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui!
6. Kacang-kacangan

Assortment of nuts on rustic wood table.  nuts stock pictures, royalty-free photos & images

Apa saja yang termasuk kacang-kacangan? Hal tersebut mencakup kacang ijo, kacang kedelai, kacang dan jenis lainnya. Kacang-kacangan memiliki manfaat yang sangat baik untuk otak. Hal ini karena kandungan protein yang dimiliki oleh kacang-kacangan. Sehingga membantu dalam proses berpikir dan membuat daya ingat semakin tajam.

Kamu dapat mengonsumsi kacang-kacangan dengan berbagai cara. Bisa mengonsumsinya dengan merebus, membuat bubur, dibuat susu dan lain sebagainya. Pasalnya, setiap kacang memiliki cara untuk mengolahnya sendiri.

7. Daging

Raw filet mignon isolated on white background  meat stock pictures, royalty-free photos & images

Makanan yang baik untuk perkembangan otak selanjutnya adalah daging. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin atau sering. Minimal seminggu sekali atau dua kali, daging ini bisa daging sapi, ayam, maupun domba.

Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan kamu. Jika kamu sedang menghindari mengonsumsi lemak, hindarilah mengonsumsi kulit ayam. Pasalnya, bagian tersebut memiliki kandungan lemak paling tinggi diantara yang lainnya.

8. Alpukat

As heathy as nature intended  avocado stock pictures, royalty-free photos & images

Buah yang dikenal miliki rasa gurih ini pun ternyata memiliki manfaat untuk perkembangan otak. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak baik. Vitamin E dan serat. Sehingga, sangat baik untuk dikonsumsi.

Kamu dapat mengonsumsinya dengan cara langsung, mencampurkannya dengan gula, dijadikan selai, jus dan lain sebagainya. Sehingga, kamu dapat menikmati alpukat sesuai dengan selera. Buah ini pun dapat membantumu untuk mengatasi lapar, karena mengandung lemak dan serat. Sehingga jika kamu bosan makan nasi, cobalah untuk mengonsumsi alpukat.

Beberapa makanan yang baik untuk perkembangan otak di atas, dapat kamu coba satu-satu atau bahkan dapat dipadupadankan. Misalnya, kamu menumis sayur brokoli lalu ditambahkan dengan potongan kecil-kecil dari daging ayam. Sehingga tidak hanya sehat, tetapi menambah cita rasa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya