by

8 Aktivitas Wisata di Alun Alun Batu yang Pasti Seru

Jika ada perlombaan Alun alun paling eksotis di Jawa Timur, mungkin alun-alun batu jadi juaranya. Hal ini dikarenakan penampilan area yang memang estetik. Bahkan menjadi rujukan tongkrongan akhir pekan bagi anak muda. Lain daripada itu, juga terdapat banyak aktivitas wisata di alun-alun batu yang dijamin seru.

Aktivitas wisata di Alun Alun Batu berhasil mengundang daya tarik pengunjung. Traveller yang ke Batu atau ke Malang pasti mampir ke lokasi ini. Apalagi area-nya berdekatan dengan destinasi populer lain seperti Coban Rondo dan Selecta. Lantas pertanyaannya adalah ada aktivitas apa saja di sana? Ini jawabannya:

1. Berfoto Selfie dengan Angle Estetis

Alun Alun Kabupaten Batu dipenuhi dengan spot foto yang instagramable. Ini juga daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, semua angle tersebut bisa digunakan secara gratis. Dan kalau pengunjung pintar berpose hasil jepretan-nya pasti estetik dan memuaskan.

Barang yang wajib dibawa ke Alun Alun Batu ialah ponsel dan kamera. Ini penting karena menjadi syarat pengunjung bisa memanfaatkan spot foto yang ada. Sebab itu sebelum berangkat wisata sarana ini harus dipersiapkan terlebih dahulu. Dijamin akan menyesal jika salah satunya ada yang ketinggalan.

2. Bermain Petak Umpet di Rumah Buah

Kalau ingin ke Alun Alun Batu jangan lupa membawa si kecil turut serta. Pasalnya, pihak pengelola telah membangun playground lengkap dengan fasilitasnya. Bahkan ada rumah buah yang bisa dimasuki mereka untuk bermain petak umpet, seperti rumah apel dan rumah strawberry.

Alun Alun Batu benar-benar destinasi yang ramah anak. Sebab, jumlah wahana permainannya sangat banyak. Dan semua sarana tersebut bisa dimainkan dengan gratis. Jadi orang tua tidak perlu khawatir bakal kehabisan budget, kecuali sembari ingin mencicipi kuliner khas Batu dan nge-shopping.

Baca Juga  Lezat dan Nikmat, 5 Makanan dengan Bahan Dasar Tempe yang Patut Dicoba!
3. Menikmati Sejuknya Air Mancur Taman

Alun Alun Batu sama dengan yang ada di daerah lain. Ikon-nya pasti air mancur yang dibangun tepat di tengah-tengah taman. Akan tetapi, di sini lebih menampilkan sisi estetika yang lebih berkesan. Apalagi jika berkunjungnya di malam hari ketika sedang bulan purnama.

Yang hobi menikmati kesegaran air mancur Alun Alun kabupaten Batu bukan anak-anak saja. Orang tua juga banyak yang menikmatinya sampai menyentuh air dengan tangan. Mungkin mereka ingin merasakan kesejukan air khas pegunungan. Luar biasanya, air ini begitu bersih dan jernih.

4. Mendaki Ferris Wheel untuk Melihat Panorama dari Ketinggian

Aktivitas wisata di Alun Alun Batu yang berikutnya ialah mendaki Ferris Wheel. Ini merupakan satu bangunan yang berfungsi sebagai gardu pandang. Pengunjung diperbolehkan mendaki melalui anak tangga untuk bisa sampai ke puncak, termasuk diizinkan mengambil foto pemandangan dari ketinggian.

Dari Ferris Wheel pengunjung bisa melihat seluruh wilayah kota Batu. Suasananya seperti kunang-kunang yang terang karena melihatnya dari ketinggian. Makanya, kalau mau ke sini pastikan malam hari. Jangan lupa mengajak keluarga supaya lebih romantis ya sobat.

5. Menikmati Suasana Bersama Mobil Kelinci

Jika merasa malas untuk jalan kaki mengitari alun alun, maka silakan naik mobil kelinci saja. Ini tergolong layanan baru di Alun Alun Batu yang siap untuk melahirkan kebahagiaan bagi si kecil. Dengannya mereka akan gembira apalagi di setiap perjalanan ditemani lagu anak-anak yang populer.

Memang untuk menggunakan layanan ini pengunjung harus membayar. Namun nominalnya tidak terlalu besar hanya Rp10.000 saja per-orang. Sedangkan jarak yang ditempuh cukup ideal dengan jumlah putaran sebanyak 3 kali. Biasanya, anak yang ingin naik mobil ini harus didampingi oleh orang tuanya.

Baca Juga  Supaya Lebih Aman, Simak Tips Liburan ke Outdoor di Masa Pandemi Ini!
6. Shopping Murah Bagi Ibu-ibu

Alun Alun Batu juga menjadi rujukan belanja bagi kalangan ibu-ibu. Karena di sini ada pasar tradisional yang terkenal murah, namanya Pasar Laron. Produk yang dijual lengkap dari baju sampai kuliner tradisional, sedangkan tempat perbelanjaan modern juga banyak di sekitar lokasi.

Pasar Laron sendiri dikenal sebagai tempat perbelanjaan yang selalu mengadakan diskon harga. Tentunya, program ini yang paling disukai oleh kalangan emak-emak. Jadi, sehabis mengitari area ini, pengunjung bisa rehat sejenak di alun alun. Dan beranjak jika perjalanan sudah dirasa memuaskan.

7. Nguliner Lezat dan Irit di Kantong

Kalau sedang ke Alun Alun Batu pastikan membawa budget yang agak banyak, karena makanan di sini terkenal lezat serta menggugah selera. Harganya juga bervariasi tergantung jenis makanan yang dipesan. Kalau hanya snack tentu lebih murah dan bisa langsung membeli di sisi utara alun alun.

Kuliner andalan di Alun Alun Batu adalah kripik yang dibuat dari ekstrak buah-buahan. Harganya sangat murah bahkan untuk kemasan kecil ada yang dijual Rp10.000 saja. Biasanya pengunjung memborong hingga beberapa kemasan dengan berbagai varian rasa. Sebagian dikonsumsi sedangkan sisanya dijadikan oleh-oleh.

8. Nongkrong di Cafe Outdoor

Alun Alun Batu merupakan tempat tongkrongan anak muda. Bahkan di sisi utara terdapat cafe luar ruangan yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Pihak pengelola telah mempersiapkan ratusan kursi dan meja yang bisa digunakan. Ini merupakan tempat paling bagus untuk bersantai sembari mengawasi si kecil bermain.

Jika berkunjung akhir pekan, pastikan mengunjungi alun-alun dan cafe agak dini. Karena jika terlalu malam, bisa dipastikan pengunjung tidak akan mendapatkan tempat. Ini karena saking ramai dan riuhnya di lokasi tersebut. Namun traveller diperbolehkan membawa makanan ke alun-alun asalkan tetap menjaga kebersihan.

Baca Juga  Makanan Awetan Hewani untuk Sahur, Lengkap dengan Olahan Non-Hewani!

Jika membaca aktivitas wisata di Alun Alun Batu di atas, sepertinya destinasi memang rekomended, karena pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Akan tetapi, berkunjungnya jangan seorang diri melainkan bersama seluruh keluarga. Dan jangan lupa membawa ponsel yang terdapat fitur kamera tercanggih di dalamnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya