by

7 Tips Memilih Restoran yang Bikin Makan-Makan Lebih Nikmat

Sekalipun hanya sekadar memilih rumah makan, traveller tetap tidak boleh memilih sembarangan. Bahkan traveller harus mengetahui tips memilih restoran terlebih dahulu baru menentukan pilihan. Tentunya ini untuk kenyamanan traveller sendiri dan ketenangannya ketika menyantap makanan.

Jumlah rumah makan di seluruh Indonesia sangat banyak. Untuk itu, traveller harus memilih salah satu di antaranya yang memang berkualitas. Termasuk menjatuhkan pilihan pada restoran terdekat dengan tempat yang traveller kunjungi di saat itu.

Nah, kalau ingin mengetahui tips memilih rumah makan yang lebih lengkap, silakan baca artikel ini. Sebab, di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa dicoba dan dijamin akan menemukan restoran berkualitas. Ini tips yang dimaksud:

1. Memilih Restoran dengan Menu Murah Meriah

Tentunya, traveller ingin menemukan restoran yang seluruh menunya dijual dengan harga murah. Alasannya paling tidak, uang yang dibelanjakan tidak terlalu besar, tetapi bisa makan makanan yang lezat. Untuk itu, silakan memilih restoran yang murah meriah tetapi menunya lezat.

Jumlah restoran semacam ini cukup banyak, traveller tinggal mencarinya saja. Namun, usahakan memilih restoran murah dengan pelayanan yang tidak murahan. Sebab, restoran itu urusan makan yang membutuhkan kebersihan dan kesehatan. Bukan tidak mungkin, kalau demi harga murah tetapi malah memilih restoran kotor, tentu penyakit yang akan didapatkan.

2. Pilih Restoran dengan Parkir Luas dan Aman

Kalau ingin makan di perjalanan, jangan langsung masuk ke rumah makan. Pastikan terlebih dahulu, tempat parkirnya luas supaya tidak terjadi masalah dengan pengunjung yang lain seperti terserempet dan sejenisnya. Kalau perlu, pengemudi turun dulu untuk menilai apakah tempat parkir restoran tersebut memang layak untuk ditempati atau tidak.

Baca Juga  Fakta Menarik Tentang Malta, Negara dengan Pulau yang Memukau

Jika sudah menemukan restoran dengan tempat parkir yang cukup luas, selanjutnya pastikan tempat parkir itu aman untuk kendaraan traveller. Kalau perlu, silakan bertanya kepada pemilik restoran ada berapakah jumlah penjaga di tempat parkir tersebut. Jangan lupa juga, sampaikan kepada penjaga untuk menjaga kendaraan traveller dengan sebaik-baiknya.

3. Pilih Restoran dengan Pelayanan Ramah

Restoran tidak hanya jasa kuliner semata tetapi jasa pelayanan masyarakat juga ada di sana. Untuk itu, traveller harus memilih restoran yang semua pelayannya bisa melayani dengan ramah dan santun. Bahkan mereka tetap tersenyum sekalipun menghadapi pelanggan yang cerewet.

Pelayanan semacam ini yang akan membuat pelanggan bisa menyantap makanan dengan nyaman. Sebaliknya, pelanggan tidak akan makan dengan nikmat, kalau ekspresi para pelayannya tidak menunjukkan kesantunan dan adab. Untuk itu, daripada makan tidak nikmat, lebih baik lihat terlebih dahulu para pelayan di dalamnya sebelum memilih restoran.

4. Pilih Restoran yang Menjual Menu Sehat

Tips memilih restoran yang berikutnya adalah memilih restoran yang menjual menu sehat. Ini tidak hanya terkait dengan jenis menunya saja, tetapi juga cara memasak dan cara menghidangkannya. Pasalnya, memakan makanan yang tidak sehat, sama saja traveller telah memasukkan penyakit ke dalam badan.

Ingat, traveller jangan sampai tertipu dengan nama menu yang kebarat-baratan. Jangan-jangan makanan tersebut terbuat dari bahan yang tidak sehat dan gizinya tidak terpenuhi. Mungkin juga cara pengolahannya tidak steril demi alasan aroma dan kenikmatan rasa dan selainnya.

5. Pilih Restoran yang Ramai dengan Pengunjung

Kalau traveller sedang berwisata dan lapar di perjalanan, coba cari restoran yang ramai dengan pengunjung. Karena ini membuktikan kalau restoran tersebut memang benar-benar berkualitas baik dari segi rasa, kebersihan dan harganya. Kalau harganya mahal dan menunya tidak enak, tidak mungkin ratusan pengunjung bersedia antri di restoran tersebut.

Baca Juga  7 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Rekomended

Tips ini hanya untuk traveller yang bisa menahan rasa lapar saja. Sedangkan kalau tidak terbiasa, maka lebih baik cari restoran berkualitas tetapi yang tidak antri. Artinya, restoran tersebut tetap berkualitas, tetapi pelayanannya cepat sehingga traveller tidak perlu menunggu hidangan dalam waktu lama.

6. Pilih Restoran Berbasis Alam

Restoran berbasis alam, maksudnya restoran yang dibangun di lingkungan alam yang asri. Kalau makan di sini, dijamin selera untuk menyantap makanan lebih lahap. Akhirnya yang muncul adalah kepuasan dan tidak merasa rugi telah mengeluarkan uang untuk makan di resto tersebut.

Kalau restorannya dipenuhi dengan taman yang indah, antri pun tidak akan menjadi masalah. Sebab, di lokasi tersebut angin berhembus dengan semilir, mata juga melihat pemandangan indah, sehingga rasa bosan menjadi hilang. Apalagi kalau pelayannya mampu melayani dengan baik dan ramah.

7. Memilih Restoran yang Bersih

Restoran merupakan rumah makan yang rawan kotor kalau pengelolanya tidak mampu menjaga kebersihan dengan baik. Nah, traveller tidak layak mengunjungi restoran semacam ini karena hanya akan membuang-buang uang saja. Lebih baik mencari restoran lain yang sedikit lebih mahal asalkan kebersihannya terjamin.

Restoran yang kotor merupakan tempat berkembangbiaknya kuman. Apalagi sekarang  banyak restoran yang telah membangun tempat cuci tangan di ruang makan yang inti. Sehingga kalau tidak dibersihkan, penyakit akan mudah bersarang. Termasuk pelayan yang tidak segera mengambil piring yang berisi makanan sisa orang, padahal ada pelanggan lain yang sudah siap untuk duduk menggantikannya.

Kembali kami ingatkan, kalau sedang lapar di perjalanan dan ingin mampir di restoran, silakan terapkan tips memilih restoran di atas. Ini untuk kenyamanan Anda saat bersantap makanan sehingga rasa lapar menjadi hilang, dan kondisi hati dan pikiran juga nyaman. Untuk itu, silakan persiapkan budget lalu lakukan pemilihan restoran yang tepat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya