by

7 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit menjadi rempah-rempah yang wajib ada di dapur, pasalnya kunyit menjadi bumbu yang digunakan untuk menghilangkan bau anyir, pada daging atau ikan dan dijadikan pewangi pula untuk masakan.

Selain itu, kunyit pun menjadi pewarna alami untuk makanan. Ternyata manfaat kunyit tidak hanya untuk masakan saja, melainkan untuk kesehatan pula. Inilah beberapa manfaat dari rempah tersebut:

1. Obat Maag

Maag dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti mengkonsumsi obat anti nyeri dengan jangka panjang, racun dari rokok, makanan tertentu, alkohol, infeksi yang disebabkan oleh bakteri H.pylori dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat menggunakan kunyit yang sudah lama dipercaya dapat menjadi obat gangguan pada pencernaan secara alami. Kunyit mengandung kurkumin, dimana kandungan ini dapat membantu mengendalikan produksi asam lambung maupun empedu yang berlebihan.

Hal tersebut telah diteliti oleh para ahli, bahkan ada penelitian dari jurnal Pharmacognosy Review yang menyatakan bahwa kurkumin, dapat mengobati peradangan yang diakibatkan oleh luka. Selain itu, mampu melindungi perut dari iritan-iritan dengan memproduksi lendir dinding lambung lebih banyak dibandingkan biasanya.

2. Dapat mencegah penyakit jantung

Manfaat kunyit bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Dimana penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Nah, kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya dapat meningkatkan fungsi dari endotelium atau lebih dikenal dengan lapisan pembuluh darah.

Selain mengandung kurkumin, kunyit pun memiliki kandungan anti inflamasi serta antioksidan yang mana memiliki peran penting dalam mencegah penyakit tersebut. Namun, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih jauh, untuk memastikan efektivitas dari rempah-rempah ini dalam menurunkan risiko penyakit tersebut.

3. Dapat meredakan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Kamu sudah pernah mendengar mengenai Irritable Bowel Syndrome atau lebih dikenal dengan IBS? Sindrom ini sendiri merupakan peradangan yang terjadi di usus besar, dan menyebabkan masalah pada BAB dengan jangka panjang.

Baca Juga  Agar Tak Stres, Ikuti 8 Tips Melewati Hari-Hari Selama Isolasi Mandiri di Rumah

Peradangan ini dapat membuat terlalu sering mengejang saat kontraksi usus yang mengakibatkan diare kronis. Namun. Apabila kontraksi terjadi jarang makan menyebabkan sembelit kronis. Sehingga, hal ini cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, kunyit dipercaya dapat digunakan sebagai obat dan aman dikonsumsi oleh orang  yang memiliki IBS. Bahkan ada penelitian dari Singapura yang mana dimuat pada tahun 2018 dalam jurnal yang bernama Journal of Clinical Medicine.

Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa kunyit  memiliki kandungan anti radang kurkumin sekaligus antioksidan yang mampu membantu kerja otot pencernaan lancar. Sehingga dapat mengurangi intensitas sakit perut dikarenakan gejala IBS.

Selain itu, ditemukan bahwa kunyit memiliki  manfaat dalam menyimbangkan koloni bakteri yang baik dalam usus. Ini sangat menakjubkan, bukan?

4. Mampu mengurangi rasa mual

Rasa mual memang membuat tubuh tidak nyaman, sehingga tidak jarang membuyarkan konsentrasi. Dalam mengatasinya, kamu perlu mencoba racikan yang terdiri dari bubuk lada hitam serta kunyit. Pada tahun 2017, pada sebuah studi yang memuat sebuah jurnal yang bernama Jurnal Food.

Dalam jurnal ini dinyatakan bahwa mencampurkan lada hitam mampu mempercepat daya serap ke dalam aliran darah. Hal ini dikarenakan, kandungan kunyit diserap dengan lambat, maka kandungan dari lada hitam yang bernama piperin, dapat membantu kurkumin ini terserap lebih cepat sampai dengan 20%, dibandingkan orang yang tidak menkonsumsinya.

5. Meredakan PMS

PMS merupakan hal yang wajar ketika menjelang datang bulan, biasanya menimbulkan rasa sakit pada bagian bawah perut, pinggang terasa pegal, emosi tidak stabil dan hal lainnya. Terkadang, ada sebagian perempuan yang  mengalami PMS hingga tidak bisa menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Baca Juga  9 Rekomendasi Wisata Kuliner Populer di Indonesia

Nah biasanya dahulu ketika menjelang haid, biasanya permpuan yang mengalami sakit akan diberikan air kunyit dan hal ini bukan hanya sebuah mitos saja, melainkan sebuah fakta yang dapat membantumu meredakan sakit PMS.

Seperti yang diketahui bahwa kunyit memiliki kandungan yang bernama analgesic atau obat pereda nyeri alami. Dimana kandungan ini akan bekerja, untuk melemaskan kontraksi yang terjadi rahim dan menyebabkan perut kram.

Selain itu, kandungan kurkumin yang ada pada kunyit mampu mengurangi ion kalsium masuk pada sel-sel epitel rahim, serta dapat mengurangi produksi hormon yang menciptakan peradangan maupun rasa sakit. Maka, sebaiknya kamu mengonsumsi kunyit ketika merasakan sakit karena PMS.

6. Dapat membantu mengatasi masalah kulit

Seperti yang diketahui bahwa kunyit memiliki kandungan antimikroba, antioksidan dan antiinflamasi yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti, eksim, penuan dini, psoriasis jerawat dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengaplikasinya dengan menjadikan kunyit sebagai masker wajah. Sebaiknya lakukan seminggu satu kali dan sebelum mengenakan masker kunyit, dan bersihkanlah wajahmu terdahulu sehingga wajahmu bersih dari segala macam kotoran.

7. Alternatif untuk turunkan berat badan

Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit memiliki fungsi, untuk menekan dari respon peradangan yang terjadi pada sel tubuh, termasuk lemak, sel pankreas, maupun otot. Reaksi ini membantu resistensi insulin berkurang, kadar gula darah turun, serta kolesterol. Sehingga dapat menurunkan berat badan.

Namun, hal manfaat ini dapat kamu rasakan ketika mengkonsumsi kunyit dengan asam jawa. Ini dikarenakan kunyit tidak akan terserap dalam darah dengan cepat  sementara dapat dengan cepat dipecah oleh hati.

Apabila tidak diimbangi dengan mengkonsumsi asam jawa. Jika seperti itu, maka akan menyebabkan tubuh tidak dapat merasakan manfaatnya.

Baca Juga  Mengandung Banyak Air, Inilah 7 Buah Pencegah Dehidrasi

Tujuh manfaat kunyit bagi kesehatan tersebut dapat Anda rasakan dengan optimal, apabila kamu imbangi dengan pola hidup sehat pula.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait