by

7 Manfaat Buah Ceri yang Belum Banyak Diketahui Orang Lain!

Kamu pernah membuat sebuah kue ulang tahun? Mungkin akan terasa lebih nikmat jika menambahkan buah ceri di atasnya. Buah kecil satu ini memang terkenal dengan rasa manisnya, apabila dijadikan topping sebuah makanan, tak terkecuali es sekalipun. Namun siapa sangka buah kecil mungil ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan?

Semua buah-buahan memiliki kandungan tersendiri termasuk juga buah ceri. Buah yang sering dipakai untuk hiasan ini, ternyata memiliki kandungan yang tak kalah dengan buah berukuran besar yang lain. Mau tahu manfaat buah ceri bagi kesehatan sehari-hari? Berikut ulasan lengkapnya!

Kandungan Buah Ceri

Juga dikenal sebagai prunus avium dalam istilah latin, buah ceri dikenal dengan rasanya yang manis. Buah yang kini banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat ini ternyata berasal dari daerah barat, tepatnya Eropa pada masa prasejarah dahulu. Kemudian dengan seiringnya waktu buah ceri eksis pada masa kerajaan romawi hingga sekarang.

Jika dahulu kala ceri kerap digunakan untuk bahan hiasan makanan saja, namun sekarang modifikasi makanan telah membuat buah mungil ini menjadi multi fungsi. Mulai dari bahan minuman, makanan dan juga topping. Namun siapa sangka dengan bentuknya yang kecil ini memiliki banyak kandungan bergizi bagi tubuh?

Sebut saja kandungan protein, gula, kalsium, karbohidrat, vitamin, zat besi dan kalium. Dari kesemuanya hanya karbohidrat dan juga gula yang memiliki persentasi frekuensi tertinggi yakni 16 gram dalam satu buahnya. Sedangkan untuk kandungan dengan frekuensi terendah dipegang oleh vitamin E dengan persentasi 0,07 mg saja.

Terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya, buah cheri memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat buah ceri tak sebanding dengan ukurannya yang kecil, bahkan beberapa di antaranya mengatasi penyakit yang cukup berisiko. Hal ini sudah cukup memberikan alasan mengapa mengonsumsi ceri perlu dilakukan.

Baca Juga  Little Venice Bogor: Destinasi Wisata Eksotis di Jawa Barat
Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan

Setelah kamu mengetahui bermacam-macam kandungan yang terdapat dalam buah ceri, ada baiknya kamu mengetahui juga manfaatnya. Langsung saja, berikut manfaat buah ceri bagi kesehatan kita:

1. Meredakan Peradangan pada Tubuh

Kamu pernah merasa tubuh merasa nyeri dengan tiba-tiba, mungkin itu adalah peradangan yang terjadi dalam suatu organ. Kamu bisa mengonsumsi buah ceri sebagai solusinya, mengingat terdapat kandungan yang bernama antosianin dan fenolik. Dua jenis kandungan ini dapat mencegah peradangan yang sedang terjadi.

Selain peradangan tubuh, ceri juga mampu mengatasi kerusakan otot terutama untuk kamu yang suka berolahraga. Masih dengan kandungan yang sama yakni antosianin dan fenolik, ceri menjadi solusi untuk perkara ini.

2. Mengurangi Kolesterol Tinggi

Memiliki gangguan pada peredaran darah karena kolesterol, merupakan salah satu masalah yang mampu diselesaikan dengan mengonsumsi buah ceri. Masih dengan kandungan yang sama yakni antosianin, ceri terbukti bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh sehingga lemak tubuh akan turun.

Trigliserida sendiri ialah kadar lemak darah yang mampu menyebabkan kolesterol akut, hingga berujung pada penyakit jantung. Merupakan salah satu manfaat buah ceri yang paling penting bukan?

3. Menurunkan Berat Badan

Siapa sih yang di sini masih suka mengeluh tentang berat badan yang tak kunjung turun, walau sudah mencoba mengurangi kadar makan? Mungkin kamu perlu mencoba mengonsumsi buah ceri. Bukan hanya dimakan saja lo tetapi kami bisa membuat jus dari ekstrak ceri.

Manfaatnya sendiri sudah cukup berguna yakni mengurangi lemak tubuh. Kebanyakan orang gemuk memiliki lemak yang menumpuk di dalam tubuhnya. Inilah peran cheri dengan kandungan antosianinnya yang mampu mengurangi kadar lemak.

Baca Juga  Inilah Alasan Karyawan Resign Dari Pekerjaan yang Wajib Perusahaan Perhatikan
4. Mengurangi Kerusakan Sel Tubuh

Bagi para perokok yang sudah kecanduan, tubuh mereka semakin hari akan semakin berisi radikal bebas yang mampu merusak sel tubuh mereka. Hal ini dikenal sebagai stress oksidatif, sebuah gangguan sistem tubuh yang hanya mampu diselesaikan dengan antioksidan. Karena sifat antioksidan sendiri melindungi tubuh dari zat yang berbahaya.

Zat antioksidan ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi buah ceri. Salah satu manfaat ceri yang jarang diketahui ini bisa jadi sangat berguna bagi kamu, yang ingin berhenti merokok dan mulai memperbaiki imun tubuh.

5. Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit serius yang membahayakan jantung, karena mengingat pola peredaran yang semakin meningkat membuat jantung harus lebih keras dalam memompa darah. Hal ini mampu ditanggulangi dengan hadirnya buah ceri, karena buah ini memiliki kegunaan menurunkan kadar endotelin.

Kadar endotelin sendiri merupakan sebuah zat yang mampu meningkatkan tekanan darah, sehingga jika kadar ini turun maka tekanan darah akan turun dan bekerja seperti biasa.

6. Mencegah Diabetes

Manfaat yang keenam ialah menurunkan sekaligus mencegah diabetes dalam tubuh. Melalui kandungan antosianin, ceri mampu merangsang peningkatan insulin dalam tubuh. Insulin inilah yang kemudian bertugas mengatur kadar gula, sehingga akan lebih membantu dalam menurunkan kadar gula penyebab diabetes.

7. Menjaga Daya Ingat

Manfaat yang terakhir ialah menjaga daya ingat akan sesuatu. Hal ini terjadi karena kandungan polifenol dan antioksidan yang mampu melindungi sel dari stress oksidatif. Dengan begini, maka memori otak akan lebih terjaga dan daya ingat akan bertambah.

Nah, itulah ketujuh manfaat buah ceri yang berguna bagi tubuh kita. Dalam kehidupan sehari-hari kesehatan penting untuk dijaga karena hidup akan lebih berarti, jika tidak terdapat suatu penyakit apapun. Tertarik untuk mengonsumsi ceri demi kesehatan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya