by

7 Macam-macam Keju yang Ada di Dunia dan Populer

Keju merupakan salah satu makanan yang terpopuler dan sudah terkenal di seluruh Dunia, bahkan merupakan makanan wajib bagi orang luar negeri, terutama daerah Eropa dan Amerika. Terlepas dari rasanya, ternyata keju mempunyai banyak jenis atau varian lho! Tentunya juga mempunyai perbedaan dari tiap-tiap jenis keju.

Jenis keju yang paling umum diketahui adalah seperti keju cheddar, parmesan, mozzarella dan masih banyak jenis yang lainnya. Secara umum dan banyak diketahui, bahwa keju sendiri terbuat dari susu yang telah melalui beberapa proses panjang.

Jika Anda penasaran dengan jenis atau macam-macam keju, yang sering digunakan oleh mayoritas orang dalam hal memasak khususnya, berikut ini adalah daftarnya:

1. Keju Cheddar

Keju Cheddar

istockphotoJenis keju yang pertama yang sering dipakai dan digunakan, oleh mayoritas orang untuk dijadikan bahan masakan tambahan adalah keju cheedar. Jenis yang satu ini memang sudah terkenal, terutama di Indonesia banyak yang memakai keju ini untuk dijadikan bahan pelengkap dalam memasak ataupun membuat kue.

Untuk mencarinya juga cukup mudah Anda tinggal membelinya di supermarket atau toko-toko terdekat di rumah Anda. Dari segi karakteristik dan bentuk, keju ini mempunyai tesktur yang berbeda dengan keju yang lainnya, yaitu membunyai tekstur keras.

Itulah mengapa keju ini biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap atau tambahan dalam membuat kue atau kudapan lainnya.

2. Keju Parmesan
Parmesan Reggiano cheese on cutting board Parmesan Reggiano cheese on cutting board and knife at wooden table Parmesan cheese stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jenis keju yang kedua ini bernama parmesan yang asalnya sendiri  dari Negara Italia, tepatnya di kota Parma. Berbeda dengan keju sebelumnya yaitu cheddar yang mempunyai tekstur keras, keju parmesan ini mempuyai 2 jenis yang berbeda yaitu bubuk dan juga padat. Jadi, keju yang satu ini termasuk jenis keju yang mempunyai varian lebih dari satu.

Baca Juga  Sudah Tahu Jenis dan Khasiat Rempah-rempah untuk Tubuh?

Secara umum keju parmesan ini sering digunakan sebagai bahan topping dalam membuat kue ataupun kudapan. Jika dilihat dari warnanya keju ini sangat cocok dijadikan topping.

Aromanya sendiri keju jenis ini memunyai aroma manis dengan rasa yang tidak terlalu mencolok atau tajam. Dari segi harga, keju ini tergolong mahal karena melaului proses pembuatan yang lama dan panjang.

3. Keju Mozarella
Keju Mozarella
istockphoto

Jenis keju yang ketiga yang bisa Anda jadikan sebagai bahan dalam membuat kue ataupun makanan kecil lainnya. Sama halnya dengan keju parmesan, keju ini juga berasal dari negara Italia.

Untuk kepopuleran dari keju ini sudah tidak bisa diragukan lagi, karena keju ini sudah sangat umum dipakai semua orang untuk bahan dalam memasak, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Keju ini mempunyai ciri khas yang unik dan berbeda dengan keju pada umumnya, jika biasanya kebanyakan keju mempunyai tekstur yang keras untuk keju mozzarella ini berbentuk lebih lembut dan empuk.

Jadi sangat cocok jika digunakan bahan pelengkap atau topping kue, dan untuk rasanya sendiri keju ini mempunyai cita rasa asin tapi tidak terlalu kuat.

4. Keju Edam
Edam cheese and cubes Edam cheese and cubes on a cutting board Edam cheese stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jenis keju yang keempat yang juga tidak kalah populer dari keju-keju sebelumnya adalah keju Edam. Keju yang satu ini berasal dari negara Belanda, tapatnya di kota Edam.

Kemasan dari keju ini juga unik, berbeda dengan pengemasan keju lainnya, bagian luar kemasan keju Edam dilapisi dengan malam atau paraffin berwarna merah, jadi sekilas kemasan keju ini terlihat seperti buah apel.

Satu kelebihan dari keju Edam ini yaitu bisa dijadikan konsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, karena keju ini mempunyai kadungan lemak yang rendah dibanding jenis keju yang lainnya.

Baca Juga  Lebaran Sudah Tiba, Kini Saatnya Berwisata Ke Kebun Kurma Barbate Aceh Besar

Mempunyai tekstur lembut dan cita rasa yang tidak terlalu tajam, menjadikan keju ini sangat cocok digunakan sebagai bahan topping atau taburan pada kue.

5. Keju Gouda
Keju gauda
istockphoto

Jenis keju kelima yang bisa menjadi pilihan ketika hendak membeli keju untuk keperluan memasak adalah keju Gouda. Keju ini berasal dari negara Belanda juga, sama dengan keju Edam yang juga berasal dari negeri kincir angin. Untuk pembuatannya sendiri keju ini juga termasuk lama dan memerlukan banyak waktu, jadi dari segi rasa sudah tidak bisa diragukan lagi.

Untuk rasanya sendiri  keju ini mempunyai rasa manis serta memiliki tekstur yang keras namun renyah. Tentu sangat unik dan khas bukan? Keju ini juga bisa dilelehkan saat penyajian, jadi akan terasa seperti keju mozzarella yang memang sangat cocok disajikan ketika masih panas. Secara umum keju Gouda ini sering dipakai untuk bahan topping pada makanan salad.

6. Keju Camembert
Cheese camembert brie on the board, two glasses and bottle of red wine Cheese camembert brie on the board, two glasses and bottle of red wine. Camembert cheese stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Keju keeanam yang juga tidak kalah menarik dengan keju-keju yang lainnya adalah keju Camembert, keju ini berasal dari negara Perancis.

Dari segi rasa keju ini hampir sama dengan keju lainnya, karena proses pembuatannya juga sama dengan keju lainnya yang mempunyai rasa gurih atau asin. Namun keju Camembert ini mempunyai rasa asin yang sedikit kuat dan juga memiliki cita rasa mentega.

Untuk kemasan atau bagian luar, keju Camembert ini dilapisi dengan jamur yang berbintik-bintik. Dari segi penggunaan keju ini sering dipakai untuk bahan olesan entah itu dalam membuat kue atapun makanan kecil lainnya, kerena pada dasarnya keju ini memiliki tekstur yang lembut dan juga empuk, sangat mudah meleleh jika terkena panas.

Baca Juga  Spot Wisata Puncak Grapela Aceh Selatan, Surganya Desa Panton Luas
7. Keju Emmental
cheese cheese Emmental cheese stock pictures, royalty-free photos & images
istockphoto

Jenis keju yang ketujuh atau yang terakhir yang bisa menjadi pilihan ketika akan membeli keju untuk bahan masakan, adalah keju jenis Emmental. Keju ini mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan keju lainnya, yaitu bagian dalam keju ini mempunyai lubang.

Keju ini berasal dari negara Swiss, dan mempunyai cita rasa gurih serta tingkat keasinan yang tidak terlalu kuat. Keju jenis ini sering dijumpai pada makanan-makanan populer seperti burger, sandwich dan makanan lain yang memakai keju ini untuk bahan masakannya.

Demikian ulasan tentang beberapa daftar macam-macam keju yang ada di dunia dan sudah sangat populer. Jika Anda seorang penggemar keju, maka wajib untuk mengetahui hal ini karena bisa menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Semoga bermanfaat!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait