by

5 Tempat Wisata Ekstrim, Nuansa Alam yang Dapat Menguji Nyalimu!

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Hanya berjalan-jalan santai sambil asyik berswafoto merasa kurang berkesan? Kamu bisa mencoba tempat wisata ekstrim, dengan nuansa alam yang akan memberimu pengalaman berlibur yang seru, sekaligus menegangkan.

Indonesia memiliki banyak tempat menakjubkan untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut menawarkan pemandangan alam yang dapat memanjakan mata. Seperti apa tempat wisata tersebut?

Berikut ulasan 5 tempat wisata ekstrim nuansa alam, yang bisa kamu kunjungi dengan pengalaman menakjubkan yang tak terlupakan.

1. Goa Jomblang
republikseo.net

Yogyakarta memiliki sebuah destinasi wisata berupa Goa, tepatnya terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Goa Jomblang merupakan salah satu goa di Yogyakarta, dengan tipe collapse doline yang memiliki mulut vertikal seluas 50 meter yang tidak seperti pada umumnya.

Kamu dapat menantang diri dengan menuruni gua sejauh 20 meter, menggunakan teknik tali tunggal. Lalu kamu akan mendapatkan pemandangan stalaktit dan stalakmit, juga hutan hijau yang tidak biasa dengan aneka tumbuhan paku-pakuan, lumut, dan pohon-pohon rimbun.

2. Pantai Timang
wisatabagus.com

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Timang di Yogyakarta. Tempat dengan lautan biru bening dan pasir putih yang memanjakan mata, dengan deburan ombak pemecah karang ini tidak akan terlupakan.

Kamu dapat menikmati salah satu wahana gondola yang tersedia di sana. Gondola ini dirakit oleh para nelayan sebagai jembatan yang digunakan untuk melakukan pemindahan lobster. Kini disulap menjadi wahana yang dapat kamu coba untuk menguji nyalimu.

Selain itu, ada jembatan gantung yang dapat kamu coba. Jembatan ini tersusun dari tali dan kayu yang dimana akan mengayun-ayun jika terkena tiupan angin. Sambil melewati jembatan ini, kamu akan melihat gelombang air yang selalu bergerak di bawahmu.

Baca Juga  Yuk Lebih Tahu Dengan Ragam Manfaat Daun Seribu Pada Bidang Kesehatan
3. Bukit Klangon
visitingjogja.com

Bukit yang terletak di Yogyakarta ini cocok bagi kamu yang suka bersepeda karena di sekitar bukit ini dapat digunakan sebagai area downhill. Jalur downhill sepanjang 20 meter ini dapat kamu lewati dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Jalur downhill ini memiliki lintasan yang berkelok-kelok dengan bebatuan alami yang menantangmu. Yang tak kalah serunya, kamu dapat melewati jalur jembatan kayu yang khusus dirancang untuk sepeda downhill.

Bersepeda di sekitar Bukit Klangon juga tampak menyenangkan, sambil melihat pemandangan Gunung Merapi yang nampak jelas.

4. Bunker Kaliadem
okezone.com

Selain bersepeda downhill, kamu dapat mencoba mengendarai jeep atau mencoba motor trail yang sudah disediakan di Bunker Kaliadem, Kawasan Gunung Merapi. Melintasi jalur dengan bebatuan keras dan pasir halus pasti tak akan kalah menegangkan dari jalur trek lainnya.

Medan yang tidak stabil akan menguji nyalimu lho! Kamu harus tetap berhati-hati karena akan melewati lonjakan batu yang tak terduga dan genangan air yang mengejutkanmu. Suhu Bunker Kaliadem yang dingin akan membuatmu semakin bersemangat, untuk melewati tantangan-tantangan trek tersebut.

5. Gitgit
rentalmobilbali.net

Sebagai pecinta alam, kamu wajib mencoba pengalaman canyoning di Gitgit, Bali. Lokasi wisata ini memiliki tebing-tebing curam, sungai berarus deras sebagai lintasan boat rafting, serta medan berlumpur dan terjal.

Kamu dapat melakukan panjat tebing untuk menantang diri sendiri, atau (jika memungkinkan) kamu dapat melakukan terjun bebas dari tebing ke arah sungai yang jernih di sana. Selain itu, kamu dapat mencoba wahana flying fox yang ada di antara dua tebing.

Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata ekstrim di atas? Siapkan nyalimu dan nikmati pemandangan alam yang bisa kamu dapatkan.

Comment

Artikel Terkait