by

5 Sarapan Pagi yang Bagus dan Sehat untuk Tubuh

Manusia membutuhkan makan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Termasuk membutuhkan sarapan pagi yang bagus, supaya ketika beraktivitas ada energi yang dihasilkan. Untuk itu, makanan untuk sarapan tidak boleh sembarangan atau paling tidak menu sarapan pagi yang bagus serta memang ideal dari segi nutrisi dan gizinya.

Nah, terkait dengan hal tersebut, maka di bawah ini akan dijabarkan tentang menu sarapan apa saja yang cocok untuk selera sekaligus menyehatkan. Jadi silakan disimak ini makanan-makanan yang dimaksud:

1. Bubur Ayam
bubur - bubur ayam potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Makanan untuk sarapan pagi yang bagus yang sejatinya tidak boleh ditinggalkan adalah bubur ayam. Rasa hangat pada makanan ini tidak hanya memancing selera tetapi juga bisa menyehatkan tubuh. Bahkan dengannya, perut tidak akan kekenyangan sehingga tidak akan mengantuk saat sedang bekerja.

Bubur ayam sendiri merupakan menu masakan yang mudah dibuat. Biaya pembuatannya juga murah sehingga siapapun bisa memakannya termasuk keluarga dari kalangan sejahtera ke bawah. Jadi, jika ada yang murah tetapi menyehatkan, untuk apa beli makanan yang mahal tetapi nutrisinya tidak jelas.

Bubur ayam yang dikonsumsi dalam keadaan hangat akan menjadi antibodi bagi tubuh. Ini yang menjadi alasan mengapa orang sehabis sakit dianjurkan untuk memakan makanan ini. Jadi terserah Anda apakah masih ingin menyantap makanan berat saat sarapan pagi atau mulai berubah.

2. Roti Selai
selai stroberi dan roti - roti selai potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Roti adalah makanan yang mengandung karbohidrat dengan kadar ideal. Makanya, makanan ini bisa dikonsumsi di pagi hari karena orang yang menyantapnya pasti memiliki energi yang cukup saat bekerja. Sehingga hasil pekerjaan lebih maksimal karena dijalankan secara serius dan penuh semangat.

Jika menggunakan roti tawar khasiatnya lebih baik lagi. Namun Anda bisa menambahkan selai kacang atau mentega jika ingin menimbulkan sensasi selera yang nikmat. Namun pastikan jumlah olesannya tidak terlalu banyak karena kadar gula yang tinggi bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Baca Juga  Gulai Ikan Hiu Khas Aceh, Menu Yang Bikin Ketagihaan: Berikut Resepnya!

Sejatinya, makan roti tawar dan selai di pagi hari bukan kebiasaan orang-orang kaya saja. Faktanya, makanan ini mudah dibuat dan harganya juga murah sehingga siapapun bisa mengkonsumsinya. Lain daripada itu, makanan semacam ini lebih disukai si kecil daripada makanan jenis yang lain.

3. Minum Segelas Susu
menuangkan kefir buatan sendiri, buttermilk atau yogurt - susu potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Jika tidak ada waktu untuk makan pagi, mungkin, minum segelas susu murni bisa menjadi penggantinya. Minuman ini bagus untuk energi serta kandungan kalsiumnya bisa meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Jika susu diminum rutin setiap hari tentu semangat bekerja akan semakin tinggi serta tubuh tidak mudah lelah.

Pastikan, susu yang diminum adalah susu yang masih hangat. Sedangkan susu yang dingin tidak bagus bagi tubuh karena bisa membuat perut begah, apalagi jika meminumnya di pagi hari. Maka dari itu, pastikan susu dibuat dengan menggunakan air mendidih lalu diamkan beberapa menit sampai suhu panasnya mulai hangat.

Susu merupakan minuman paling digemari oleh masyarakat Indonesia terutama anak-anak dan remaja. Ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk selalu mempersiapkan susu di lemari pendingin, sehingga ketika anggota keluarga ada yang ingin meminumnya bisa tinggal diracik saja.

4. Nasi Pecel

Sarapan pagi yang bagus tentunya yang memiliki nutrisi lengkap dan ideal. Nasi pecal termasuk makanan yang memiliki fitonutrien lengkap sehingga layak dijadikan menu di pagi hari. Makanan ini tidak hanya mengandung vitamin B dari sayuran tetapi juga ada protein dari daging. Makanya nasi pecel disebut menu paling bergizi yang layak dikonsumsi.

Jika pintar membuat, lebih baik nasi pecel dibuat sendiri daripada membeli di warung. Sebab dikhawatirkan makanan-makanan yang ada di dalamnya tidak steril, sehingga bisa menimbulkan penyakit. Selain itu, nasi pecel ala rumahan tentu harganya tidak mahal sehingga Anda bisa mengirit biaya bulanan.

Baca Juga  Mie Lobster Warung Aceh Wisata Dengan Bumbu Rempah Khas Aceh Selatan Menggugah Selera

Oleh karena itu, mari persiapkan nasi pecel sekarang juga. Biarkan keluarga menyantapnya setiap pagi supaya energi saat bekerja semakin tinggi. Walaupun demikian, durasinya jangan terlalu rapat minimal satu minggu sekali saja supaya keluarga tidak bosan.

5. Soto Ayam
soto: sup ayam indonesia dengan telur rebus, tomat, tauge, lemon, cabai rawit dengan latar belakang kayu coklat pedesaan - soto ayam potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Sama seperti bubur ayam, soto ayam juga termasuk menu sarapan yang bagus untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Selain menyehatkan, menu ini juga mengenyangkan dan lezat serta makanan mudah dibuat. Bisa dipastikan seluruh masyarakat Indonesia pasti bisa membuatnya.

Soto ayam bisa menjadi solusi bagi orang yang baru sembuh dari sakit. Jika tidak ada bubur ayam, makanan ini bisa menjadi pengganti dengan manfaat yang sama baiknya. Namun, soto ayam jangan dikonsumsi saat panas karena bisa mengeringkan tenggorokan.

Kalau bisa, sebelum menyantap soto ayam, hirup dulu uap panasnya. Menurut ahli medis, uang panas dari soto ayam bisa melegakan pernafasan sekaligus menghilangkan masalah dengan salesma. Jadi, ngapain membeli makanan mahal jika yang murah saja lezat lagi menyehatkan.

Jika tidak bisa membuat soto ayam sendiri, jangan khawatir karena Anda bisa membelinya dari warung sebelah rumah. Anda tidak akan kebingungan untuk menemukan makanan berkuah tersebut, karena hampir di setiap central jajanan pagi di kota maupun desa pasti menyediakan menu yang lezat ini.

Itulah beberapa menu sarapan pagi yang bagus untuk tubuh. Selain mengenyangkan, makanan-makanan di atas juga menyehatkan serta bisa menggugah selera. Maka dari itu, mari jangan lupa persiapkan menu-menu tersebut lalu santap bersama seluruh keluarga. Variasikan saja menunya supaya keluarga tidak merasa bosan dan jemu.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait