by

5 Rekomendasi Kuliner Khas Blitar yang Wajib Dicoba

Blitar merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak menyimpan sejarah, mulai dari tempat wisata hingga beragam kuliner yang mampu menggoyang lidah Anda.

Selain itu kota yang menjadi tempat asal Bapak Proklamator sekaligus Presiden pertama Negara Indonesia ini, sangat recomended lho untuk dijadikan tempat nongkrong bagi para wisatawan.

Berbicara tentang kuliner khas Blitar, kali ini penulis akan memberikan rekomendasi makanan apa saja yang wajib dicoba saat Anda sedang berwisata ke kota Blitar ini. Demi menjawab rasa penasaran para pecinta kuliner, yuk langsung saja simak daftarnya di bawah ini. Cek it out!

1. Peyek atau Uceng Goreng
Foto: blitarkota.go.id

Kuliner khas Blitar pertama yang wajib Anda coba adalah peyek uceng. Makanan ini merupakan salah satu jenis kudapan yang paling terkenal dan menjadi favorit banyak orang di kota Blitar, karena mempunyai rasa enak serta gurih yang khas.

Ikan uceng sendiri banyak ditemui di Blitar, terutama pada sungai yang menjadi tempat tinggal ikan tersebut. Proses pembuatan peyek uceng pun sangat mudah, yaitu tinggal dimasukkan ke dalam adonan tepung lalu digoreng sampai kering dan crispy.

Biasanya peyek uceng ini disantap dengan sambal serta masi putih yang masih hangat. Layak dicoba pokoknya!

2. Nasi Pecel
Foto: hotelpatriablitar.com

Nasi pecel merupakan makanan yang menjadi favorit bagi banyak orang, mulai dari anak kecil, orang dewasa, sampai orang tua sekalipun.

Selain itu keberadaan dari pecel sendiri juga tidak sulit ditemukan, karena secara umum masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengenal makanan ini. Nah, berbeda dengan nasi pecel pada umumnya, pecel blitar mempunyai ciri khas tersendiri.

Keunikan yang ada pada nasi pecel blitar ini terdapat pada tambahan lauknya yakni berupa rempeyek dan juga ikan teri. Satu lagi yang khas dari pecel Blitar ini yaitu dari segi rasa, yaitu lebih mempunyai cita rasa yang gurih dan juga tidak terlalu manis.

Baca Juga  8 Macam Jajanan Pasar Khas Indonesia yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh

Selain itu, juga ada banyak berbagai macam pilihan lauk-pauk yang bisa dijadikan pendamping makanan pecel Blitar ini.

3. Nasi Ampok
Kelezatan Kuliner Khas Blitar Nasi Ampok
Foto: backpackerjakarta.com

Kuliner khas Blitar yang selanjutnya adalah nasi ampok yang terbuat dari jagung, yang telah melalui beberapa proses dan pada akhirnya menjadi nasi yang menjadi favorit.

Selain mempunyai rasa khas tersendiri, nasi ampok juga digunakan sebagai pengganti nasi karena memiliki sumber karbohidrat yang tinggi serta rendah glukosa, jadi sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Nah, untuk nasi ampok yang berada pada kota Blitar ini biasanya disantap dengan berbagai macam lauk seperti ikan asin, sayur lodeh, urap, dan masih banyak yang lainnya.

Jika tertarik mencicipi nasi ampok ini Anda bisa mencarinya di dekat alun-alun kota Blitar, selain nikmat harga juga dijamin bersahabat.

4. Rujak Cingur
Foto: blitarinsomnia.blogspot.com

Makanan yang satu ini bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di provinsi Jawa Timur. Rujak cingur biasanya disajikan dengan tambahan nasi lontong dan juga sayur serta siraman sambal petis yang khas. Hampir sama dengan nasi pecel, rujak cingur juga merupakan makanan paling favorit di Blitar.

Selain tambahan sayuran dan nasi lontong, Anda juga bisa memilih buah-buahan sebagai pelengkap pada rujak cingur ini. Rasa manis dan gurih yang pas, menjadikan siapa saja yang memakan rujak cingur ini akan merasa ketagihan, dengan cita rasa khas kuliner Blitar yang satu ini.

5. Soto Daging Sapi
Berwisata ke Kota Proklamator, jangan lupa mencicipi kuliner khas Blitar  ini – Kitchen of Indonesia
Foto: kitchenofindonesia.com

Kuliner khas Blitar terakhir yang wajib Anda coba adalah soto daging sapi. Jika kebanyakan masakan soto memakai daging ayam sebagai isian, maka berbeda dengan soto khas Blitar ini yang menggunakan daging sapi sebagai isian utamanya.

Baca Juga  3 Resep Masakan Khas Surabaya yang Harus Dicoba

Tekstur daging sapi pada soto ini juga sangat empuk, sehingga sangat mudah untuk dimakan dan terasa lembut di mulut. Selain itu kuah yang dipakai juga kaya akan bumbu rempah, jadi dapat disimpulkan bahwa rasa dari soto daging sapi khas Blitar ini tidak main-main.

Banyaknya objek wisata yang indah juga bersejarah, menjadikan Blitar sebagai kota yang layak dan harus dikunjungi oleh para traveller. Selain itu adanya kuliner khas Blitar juga mampu memuaskan lidah para pelancong, yang hobi berburu kuliner.

Demikian mengenai informasi kuliner khas Blitar yang bisa penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait