by

5 Olahan Unik dan Lezat Dari Kayu Manis yang Patut Dicoba!

Siapa yang suka makan-makan nih? Bagi para penggemar kuliner nusantara maupun internasional pasti tidak asing lagi dengan nama “kayu manis” sebagai bahan bumbu masakan. Bukan tanpa alasan, pasalnya salah satu rempah yang berbentuk kering ini telah menjadi primadona rasa dalam segi masak-memasak.

Sesuai namanya kayu manis memiliki bentuk agak kecil dan berkulit kering kecoklatan. Rempah yang satu ini memiliki aroma manis dan juga pedas yang menjadikannya sebagai olahan masakan. Tetapi tahukah kamu bahwa terdapat makanan dari olahan kayu manis yang terkenal lezat? Langsung saja berikut pembahasannya!

Kayu Manis dan Kandungannya

Dalam dunia ilmiah sains, rempah yang berwarna coklat ini dinamai dengan cinnamomum. Memiliki aroma manis dan pedas yang bervariasi membuat kayu manis menjadi langganan bahan masakan. Pasalnya rempah ini sudah puluhan abad digunakan oleh manusia sebagai pendamping memasak.

Menurut data penelitian, kayu manis sudah eksis pada tahun 5000 sebelum masehi. Terbukti dengan pernyataan bahwa masyarakat mesir kuno, sering kali menambahkan kayu manis dalam masakan mereka. Bahkan tak jarang pula negeri firaun ini memanfaatkan kayu manis untuk kesehatan.

Dari segi medis kayu manis memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, energi, kalsium dan zat besi. Dengan karbohidrat sebagai dominan yakni sekitar 2,1 gram per 1 kayu manis dan vitamin dengan dominasi paling kecil yakni 0,39 mikrogram saja. Dengan kandungan diatas, kayu manis mampu menetralkan kadar gula darah serta peradangan pada tubuh.

Dalam memanfaatkan kayu manis bagi kesehatan, alangkah baiknya dengan mencampur rempah ini bersama aneka masakan. Bahkan tak jarang olahan kayu manis mendominasi sejenis dessert yang sangat terkenal. Hal ini karena fungsi dessert sendiri yakni penutup makanan, dengan rasa yang manis tentu saja sangat pantas bukan?

Baca Juga  Pasar Pagi Lama dan Pasar Asemka, Tujuan Belanja Seru di Kawasan Pecinan Jakarta
Olahan Kayu Manis Terlezat

Makanan yang enak tentu saja terbuat dari rempah yang berkualitas, seperti halnya kayu manis ini. Sebuah rempah yang selalu menjadi langganan bahan makanan sejenis dessert, mau tahu apa saja makanan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Pisang Coklat Manis

 

Nah yang pertama ada sebuah camilan mini berbahan dasar kayu manis dan pisang. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mencobanya, hasilnya sendiri hampir sama dengan pisang coklat pada umumnya namun terdapat perbedaan penyajian dan caranya. Lantas apakah perbedaanya?

Untuk membuatnya siapkan bahan seperti pisang, kayu manis bubuk, terigu, coklat, keju dan juga minyak. Caranya campurkan terigu dan kayu manis bubuk, lalu masukkan pisang dan goreng sampai kecoklatan. Terakhir potong pisang berbalut terigu dan sajikan melingkar dengan topping parutan keju dan coklat manis. Dijamin meleleh rasanya!

2. Muffin Kayu Manis

Siapa di sini yang pernah merasakan makanan sejenis muffin? Pastinya bertekstur sangat lembut bukan? Kali ini rasanya lain, yakni dengan tambahan kayu manis. Pastinya akan terasa lebih maknyus ketika dimakan. Mengingat fungsi muffin sebagai dessert, makanan jenis ini hanya satu kali makan saja.

Bahannya sendiri cukup mudah ditemukan yakni kayu manis, tepung terigu, gula, tepung pengembang dan perisa manis. Caranya sendiri kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan seperti membuat kue biasa, lalu terakhir mengovennya hingga matang. Jika sudah berwarna agak kecoklatan maka angkat dan sajikan bersama topping yang kamu sukai.

3. Pancake Cinnamon

Untuk yang ketiga ini hampir sama dengan muffin tetapi bedanya hanya bentuk dan cara penyajiannya saja. Untuk bahannya sendiri kamu bisa mempersiapkan sejumlah mentega tawar leleh, gula aren, bubuk kayu manis, susu, telur, minyak, baking powder dan terakhir tepung serbaguna khusus kue.

Baca Juga  Wisata Air Terjun Terbaru di Panton Luas Aceh Selatan

Caranya cukup mudah, campurkan semua bahan dasar beserta bumbunya ke dalam sebuah loyang. Setelah itu aduk dan persiapkan sebuah wadah berbentuk sesuai selera, panaskan panci anti lengket lalu tuang adonan dengan bentuk wadahnya. Jika sudah agak matang angkat wadah pembatas dan beri potongan topping lelehan gula aren diatasnya.

4. Chocochips Cinnamon

Olahan kayu manis yang keempat ialah chocochips cinnamon, sebuah kue panggang yang berbahan dasar terigu, chocochips dan kayu manis bubuk. Untuk membuatnya sendiri kamu harus menyiapkan bahan berupa tepung terigu, margarin, vanili, gula, chocochips, telur dan soda kue serta kayu manis bubuk untuk toppingnya.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur gula, vanili, telur dengan mixer. Lalu masukkan chocochips dan tepung terigu serta soda kue. Aduk rata dan bulatkan adonan kurang lebih seberat 9 gram, lalu panggang dengan suhu 110 celcius. Jika sudah selesai angkat adonan yang terpanggang dan lumuri dengan bubuk kayu manis yang sudah disiapkan. Makanan siap disantap!

5. Gulai Kambing

Jika kesemuanya diatas termasuk dessert maka olahan kayu manis satu ini termasuk jenis makanan oriental yang patut diapresiasi. Tiada lain gulai kambing, makanan khas masyarakat indonesia. Untuk bahan pembuatnya sendiri ialah daging kambing dan rempah semacam kayu manis, gula, garam, daun jeru, duaun salam, santan, kapulaga, ketumbar, kemiri, bawang putih dan merah, jahe dan terakhir kunyit.

Cara membuatnya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan bumbu rempah ke dalam panci. Tumis hingga berbau harum dan legit, jika sudah agak kental masukkan daging kambing yang sebelumnya sudah dicuci dan dipotong. Aduk hingga rata hingga daging dan kuah bercampur, jika sudah tercium bau harum angkat dan sajikan.

Baca Juga  Alasan Masyarakat Suka Ngabuburit Sore Hari di Bulan Ramadan

Nah itulah 5 olahan kayu manis paling lezat dan wajib dicoba untuk kamu pencinta kuliner. Menurutmu makanan mana nih yang paling enak dimakan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya