by

5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh!

Kesehatan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk tumbuh kembang dan aktivitasnya sehari-hari. Tanpa kesehatan yang prima manusia tak akan dapat menjalani hidupnya dengan baik. Kamu pasti pernah mengalami kecapekan atau bahkan sering merasa sakit pada persendian atau semacamnya, itu tandanya kurang nutrisi.

Berbicara mengenai kesehatan, pernahkah kamu mendengar bahwa ternyata daun pepaya yang faktanya terasa pahit dan sangat tidak digemari oleh kalangan anak muda, memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wah anak millenial harus tahu tentang hal ini nih! Mau tahu secara lengkap apa saja manfaat daun pepaya bagi kesehatan? Cek ulasannya berikut!

Kandungan Daun Pepaya

Nah, sebelum kamu mengetahui apa saja manfaat yang terdapat dalam saripati daun pepaya, kamu harus tahu dulu nih apa sih kira-kira kandungan yang terdapat di dalamnya. Sebab dengan mengetahui kandungan yang ada, kamu juga dapat menganalisis manfaat dari tiap-tiap kandungan tersebut.

Daun pepaya atau biasa juga disebut sebagai Carica papaye, merupakan spesies flora yang tumbuh dengan lebat di sekitar negara yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena kebanyakan pohon pepaya memang membutuhkan tempat tropis untuk bertahan hidup. Sedangkan tempat tropis tersebut berupa kawasan di sekitar khatulistiwa.

Setiap tumbuh-tumbuhan pasti memiliki zat kandungan tersendiri, yang berperan sebagai penghasil nutrisi bagi siapa pun yang mengonsumsinya, termasuk juga bagian dari flora carica papaye ini. Daun dari pohon pepaya berbentuk menjari dengan ukuran pipih, selain itu rasa dari daun ini terkesan pahit dan tidak banyak orang yang suka ketika pertama kali mencicipinya.

Namun semua itu tak menjadikan daun pepaya menjadi flora diskriminasi akan kesehatan, melainkan malah sebaliknya. Terbukti dalam satu daun pepaya memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, protein, karbohidrat dan kalsium.

Baca Juga  7 Manfaat Sayuran Pare yang Berguna Bagi Kesehatan

Dari itu semua nilai dominasi tertinggi ialah air dan juga karbohidrat, yang memiliki nilai 75 dan 50 gram per 100 gram daun. Sedangkan nilai 0,015 miligram untuk 100 gram daun dimiliki oleh kandungan vitamin B.

Dari berbagai kandungan yang dimiliki oleh daun pepaya, menjadikan daun dari pohon berbuah manis ini memiliki banyak manfaat yang sangat mendominasi kesehatan tubuh. Manfaat buah pepaya yang memiliki kontribusi besar bahkan sudah ditemukan sejak zaman dahulu, hanya saja anak millenial zaman sekarang ini enggan mengonsumsi karena rasanya.

Manfaat Daun Pepaya

Pernyataan di atas merupakan fakta yang benar adanya, yakni banyaknya zat berguna yang bisa dimanfaatkan tubuh untuk tetap menjaga kesehatan. Tahukah kamu bahwa daun pepaya memiliki banyak manfaat, yang kebanyakan anak zaman sekarang tak menggubrisnya sama sekali? Langsung saja berikut manfaat buah pepaya bagi konsumennya:

1. Mengatasi Demam Berdarah

Kamu pernah mengalami penyakit demam berdarah? Bisa jadi hal tersebut akan sangat fatal jika tidak dilakukan pengobatan secara tepat. Penyakit ini disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes aegypti yang kebanyakan muncul di pagi dan sore hari. Akibat gigitan ini aliran dalam darah akan menurunkan secara drastis kadar trombosit, nah jika hal ini sampai dibiarkan maka akan kekurangan trombosit dan berakibat fatal.

Oleh karena itu, daun pepaya sangat berperan penting disini. Manfaat daun pepaya dalam mengatasi hal ini ialah kandungannya yang mampu menambah kadar trombosit dalam tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan hasil yang fatal terhadap fungsi tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Hal kedua yang bisa didapatkan dari mengonsumsi daun pepaya ialah melancarkan pencernaan dari penyakit. Salah satunya ialah sembelit, yang mana penyakit ini disebabkan karena kurangnya serat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun pepaya, kamu akan menambah kadar serat dalam tubuh yang dirasa kurang.

Baca Juga  5 Menu Takjil Paling Enak Saat Berbuka

Tak hanya itu saja, di dalam daun pepaya terdapat sebuah kandungan bernama papain, yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam usus besar selain untuk menambah serat. Dengan begini maka jangan khawatir lagi saat sembelit sedang menyerang.

3. Pereda Nyeri Haid

Pernahkah kamu mengalami rasa nyeri saat haid berlangsung? Tenang saja, untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai pereda nyeri. Yang mana manfaat daun pepaya sendiri ialah sebagai anti oksidan dan mencegah rasa nyeri. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara mengubahnya menjadi jus maupun dikonsumsi bersama nasi.

4. Membersihkan Jerawat

Manfaat keempat yang dapat kamu peroleh dari saripati daun pepaya ini ialah mampu menghilangkan jerawat dalam tubuh. Yang mana hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun pepaya. Dengan begini, maka sel-sel kulit yang memiliki sifat jahat pada pori-pori akan mati dan menjadikan kulit bebas dari jerawat berlebih.

Kamu bisa menggunakan daun ini secara mentah dan dijadikan sebagai sayur kulup, atau bisa juga dengan mengubahnya menjadi jus yang siap minum. Pastinya manfaat keempat ini sangat worth it banget buat kamu yang memiliki banyak jerawat dan ingin menghilangkannya.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Sering merasa lesu dalam beraktivitas sehari-hari? Mungkin kamu belum pernah mengkonsumsi daun pepaya ketika sarapan pagi. Memang bukan tanpa alasan, jika kamu mengonsumsi daun pepaya ketika sarapan pagi maka stamina dalam tubuh akan tetap terjaga, hal ini terjadi karena dalam saripati daun pepaya terdapat berbagai macam vitamin.

Nah, itulah tadi 5 manfaat daun pepaya bagi kesehatan, kira-kira kamu sebagai generasi millenial apakah sanggup untuk mengkonsumsi sayuran ini demi kesehatan? Silahkan mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya