by

5 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh!

Siapa nih yang suka makan buah-buahan? Dalam dunia kesehatan buah-buahan sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh loh. Salah satunya ialah meningkatkan daya tahan sekaligus memberi asupan nutrisi vitamin dan lainnya. Berbicara mengenai buah-buahan yang katanya mampu meningkatkan kesehatan, kurang cocok nih kalau tidak memasukkan buah sawo di dalamnya.

Mungkin sebagian dari kamu pernah atau setidaknya mengenal buah sawo, kalau tidak kenal sih namanya bukan pecinta buah. Nah, jadi buah sawo ini termasuk salah satu buah yang memiliki banyak kandungan dan manfaat penting bagi daya tahan tubuh serta kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat buah sawo di dunia kesehatan? Berikut informasi lengkapnya!

Kandungan Buah Sawo

Kadang-kadang kamu pasti pernah dengar istilah “kulitnya seperti sawo matang”, memang benar adanya istilah tersebut dalam kehidupan. Seperti yang dikatakan, kebanyakan manusia pasti memiliki warna kulit yang dominan ke arah coklat layaknya buah sawo yang sudah matang sempurna. Pernyataan ini sama halnya dengan warna buah di dunia nyata, yakni kecoklatan baik kulit maupun isi buahnya.

Buah bernama lain Manilkara Zapota ini, merupakan flora asli yang tumbuh di sekitar Amerika tengah dan kawasan sekitar khatulistiwa lainnya. Oleh karena itu tak jarang bila buah yang memiliki rasa manis ini ditemukan di daratan Indonesia, mengingat Indonesia merupakan negara yang berdiri di lintas garis khatulistiwa.

Di dalam saripati buah sawo terdapat banyak sekali kandungan positif yang turut membantu proses kesehatan manusia. Beberapa di antaranya seperti air, karbohidrat, energi, lemak, serat, kalium, fosfor, natrium dan juga vitamin C. Dari beberapa jenis tersebut dominasi paling utama diraih oleh kadar air dengan total 75,5 gram. Sedangkan untuk kandungan paling non-dominasi ialah vitamin C dengan frekuensi 21 miligram saja.

Baca Juga  Lebaran Sudah Tiba, Kini Saatnya Berwisata Ke Kebun Kurma Barbate Aceh Besar

Memiliki banyak kandungan memang sangat menguntungkan bagi persebaran buah sawo, hal ini tak terlepas dari manfaat buah sawo yang terdapat di tiap-tiap jenis kandungan. Bahkan sejak zaman sebelum ditemukannya teknologi dahulu, para nenek moyang kita sering kali menggunakan buah sawo untuk kesehatan mereka yang semata-mata karena murah dan mudah ditemukan.

Manfaat Buah Sawo

Nah, setelah kamu mengetahui tentang apa saja kandungan yang terdapat di dalam saripati buah sawo, ada baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat dari kandungan-kandungan yang tadi tertera diatas. Langsung saja berikut ini manfaat buah sawo yang setidaknya harus kamu ketahui:

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pertama yang dapat kamu peroleh dari buah sawo ialah kelancaran sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam setidaknya 100 gram sawo 10% dari total tersebut terdapat kandungan serat yang sangat bermanfaat di dalamnya. Dalam hal ini serat berfungsi sebagai zat yang memperlancar pencernaan.

Serat sendiri berfungsi ketika tubuh mengalami sakit sembelit yang cukup parah. Dalam hal ini serat akan meredakan gejala susah buang air besar, karena pada dasarnya susah buat air besar alias sembelit, disebabkan karena kekurangan jumlah serat dalam tubuh sehingga feses susah keluar. Dalam meredakan gejala sembelit ini kamu dapat menggunakan isi sawo sebagai jus ditambah dengan gula.

2. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Manfaat buah sawo yang kedua ialah meningkatkan total energi dalam tubuh. Yang mana dalam hal ini terdapat dua kandungan yang sangat penting yakni fruktosa dan sukrosa. Dalam rangka meningkatkan energi dalam tubuh, kedua kandungan ini berperan sebagai membentuk dan menyimpan energi dalam wujud glikogen, dan menghasilkan lemak sehat bagi tubuh.

Baca Juga  5 Camilan Lezat Dari Tahu yang Dapat Kamu Jadikan Appetizer Saat Makan!

Manfaat kedua buah sawo ini sangat cocok untuk kamu yang suka berolahraga dan ingin melatih tubuh supaya lebih bugar. Dalam hal ini pasti kecapekan dan kekurangan energi menjadi hal yang sangat mengganggu bukan? Oleh karena itu, akan lebih baik bila sebelum beraktivitas terlebih dahulu meminum jus sawo atau bisa juga dimakan secara mentah.

3. Anti Peradangan

Sering sekali tubuh terasa nyeri? Mungkin hal ini terjadi karena peradangan yang terdapat di dalam komponen tubuh dan perlu obat penghilang nyeri, alias antioksidan sebagai solusinya. Tetapi tenang saja, jika kamu tidak menemukan obat antioksidan yang ampuh untuk mengobati nyeri, kamu bisa memanfaatkan herbal alami ini alias buah sawo.

Dalam buah sawo terdapat senyawa bernama Tanin, yang berfungsi sebagai bahan antioksidan dan mengurangi rasa nyeri akibat peradangan dalam tubuh. Tanin berfungsi untuk mematikan bakteri jahat yang menyebabkan peradangan. Oleh karena itu banyak orang dahulu yang menggunakan buah sawo untuk mencegah peradangan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kamu semua pasti tak ingin bukan jika memiliki tulang yang mudah rapuh dan tidak sehat seperti biasa? Hal ini kerap terjadi ketika tubuh kekurangan zat fosfor dan kalium serta vitamin D. Untuk hal ini kamu bisa mulai mempercayai buah sawo sebagai pengganti mereka, karena manfaat buah sawo di poin ini ialah memperbaiki sekaligus mencegah pengeroposan tulang.

5. Menstabilisasi Peredaran Darah

Proses peningkatan maupun penurunan peredaran darah sering kali disebabkan oleh zat yang bernama sodium. Yang mana sodium akan sering melewati jalur lintas darah yang tak seharusnya ia lewati, dalam hal ini buah sawo memiliki kandungan yang bernama kalium, yang mampu mengikat sodium dan membuangnya bersama urin sehingga peredaran darah akan tetap terjaga dengan stabil.

Baca Juga  Jenis-Jenis Mangga di Indonesia yang Rasanya Manis dan Enak

Nah, itu dia manfaat buah sawo bagi kesehatan manusia, jangan ragu-ragu lagi kalau ingin mengkonsumsi buah-buahan karena manfaatnya yang sangat luar biasa. Selamat mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya