by

5 Makanan Dari Pelepah Pisang Lezat dan Menyehatkan!

Siapa nih yang pernah melihat makanan dari pelepah pisang? Pasti baru pertama kali ini kan mengetahui bahwa pelepah pisang dapat dijadikan makanan? Bukan tanpa alasan, memang benar selama ini banyak orang yang tak tertarik dengan pelepahnya melainkan hanya buah dan jantungnya saja.

Tetapi jangan salah sangka, ternyata ada makanan dari pelepah pisang yang rasanya tak kalah nikmat dengan olahan masakan lain. Lah bagaimana bisa pelepah yang biasanya hanya dikeringkan untuk dibuat sesuatu kini bisa dijadikan makanan? Merasa penasaran, berikut ini pembahasan lengkapnya!

Pelepah Pisang dan Manfaatnya

Dalam tumbuhan pisang terdapat 3 bagian yang menyokong perkembangannya. Ia adalah tunas pisang, jantung pisang dan juga pelepah pisang. Dari ketiganya ini yang akan dibahas kali ini adalah pelepah pisang. Merupakan bagian yang terlihat sepele jika dialihfungsikan sebagai bahan yang bermanfaat.

Tetapi nyatanya tidak separah itu, mungkin beberapa orang di luar sana tidak mengetahui apa saja sih kandungan yang terdapat di bagian pelepah pisang. Sebut saja kandungan saponin, tanin dan flavonoid, merupakan ketiga kandungan yang efektif digunakan dalam bidang pengobatan karena mengandung antibakteri.

Lalu apakah sangat worth it jika pelepah pisang dijadikan sebagai bahan makanan sehari-hari? Jawabannya ialah benar, kandungan pelepah pisang yang disebutkan di atas cukup memberikan alasan, mengapa harus mengkonsumsi pelepah pisang walau setidaknya beberapa kali saja.

Hal ini tentunya akan lebih baik jika melihat dari sisi alam, karena kebanyakan manusia akan membuang pelepah pisang sesaat, setelah memperoleh buah dan jantungnya. Dengan begini frekuensi limbah organik akan berkurang sedikit demi sedikit. Lalu apa saja makanan dari pelepah pisang yang lezat?

Makanan dari Pelepah Pisang Terlezat

Setelah mengetahui fungsi dan juga manfaatnya bagi kesehatan, alangkah baiknya jika kamu mengetahui jenis makanan olahan yang berbahan pelepah pisang. Untuk segi rasanya sendiri dijamin tidak akan kalah dengan makanan biasa. Penasaran dengan makanannya? Berikut daftarnya!

Baca Juga  5 Jenis Rempah-rempah Indonesia yang Paling Diminati Masyarakat Internasional!
1. Taro Debog

Mungkin nama “debog” cukup familiar bagi masyarakat jawa khususnya jawa tengah dan jawa timur. Beberapa dari mereka sudah tentu berpikir bahwa “debog”, merupakan anggota pohon pisang yang masih bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk konsumsi sendiri. Berbeda dengan perkotaan yang belum mengenal manfaat dari bahan satu ini.

Singkatnya makanan ini bernama taro debog, sekilas terlintas makanan bermerek taro bukan? Memang itulah konsep dari makanan ini, sebuah makanan yang diolah dengan sari pelepah pisah yang bagian dalam. Selanjutnya akan dibersihkan dan digoreng sampai matang, terakhir akan ditaburkan perisa atau vitsin untuk mempersedap rasa.

Sekilas hampir sama dengan keripik biasa, namun bedanya terletak pada nama taro. Sesuai namanya, makanan ini berongga-rongga seperti makanan taro tetapi memiliki rasa yang lebih nikmat. Perpaduan gurihnya pelepah pisang dan juga lezatnya perisa, makanan menjadikannya salah satu makanan dari pelepah pisang terlezat.

2. Rujak Pelepah Pisang

Untuk yang satu ini mungkin sebagian di antara kita hanya mengenal rujak uleg ataupun lontong. Tetapi salah satu makanan khas Thailand dan India ini patut dicoba juga sebagai pengisi perut. Makanannya sendiri hampir mirip dengan rujak pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada penambahan potongan pelepah pisang.

Walaupun terlihat unik, nyatanya makanan asal gujarat ini mampu membangkitkan selera makan. Bahannya sendiri cukup mudah ditemukan yakni pelepah pisang, cabe rawit, bumbu rujak, tomat, buncis dan terakhir udang rebus. Jadi nantinya semua bumbu akan dicampur, menjadi satu dengan tambahan sambal rujak dan topping udang serta kerupuk di atasnya.

3. Sayur Ares

Makanan ketiga dalam daftar ini tak lain dan tak bukan ialah sayur ares. Mungkin di antara kamu belum pernah merasakan atau bahkan mendengarnya baru kali ini? Memang cukup beralasan karena makanan ini, hanya dapat ditemui di pedalaman dan mustahil ditemukan di perkotaan. Mengingat populasi dan juga tradisi nenek moyang sejak dulu.

Baca Juga  6 Wisata Alam Terbaik di Yunani, Rekomendasi untuk Anda Kunjungi

Sayur ares kerap ditemui di daerah jawa tengah, jawa tumur, bali dan lombok. Biasanya penduduk di daerah ini akan mengolah dahulu pelepah pisang, hingga bersih lalu dimasak dengan kuah santan yang legit bercampur rempah sambal. Lebih nikmat lagi kalau ditambah dengan kerupuk beras maupun ketela.

4. Krupuk Debog

Memiliki nama yang hampir sama dengan taro debog namun perbedaannya terletak pada cara dan juga penyajian makanannya. Krupuk debog berasal khas dari bojonegoro serta sudah menjadi makanan favorit masyarakat disana. Makanan dari pelepah pisang satu ini memiliki citarasa renyah dan gurih yang khas, belum lagi taburan bumbu perisa.

Dalam penyajiannya, krupuk debog ini tidak memiliki rongga-rongga melainkan apa adanya. Lalu bahan tersebut dicampur dengan bumbu khusus dan digoreng hingga berwarna kecoklatan. Makanan ini hanya bisa kamu temukan di Bojonegoro.

5. Pa Piong Bura

Merupakan makanan khas suku toraja yang biasa digunakan ketika terdapat acara adat. Jenis makanan ini memiliki bahan yang beraneka macam seperti daging ayam, babi dan ikan sungai. Untuk cara penyajiannya sendiri terbilang mudah, kamu hanya tinggal membakar setengah matang daging ayam beserta campuran bumbu.

Yakni cabe, parutan kelapa, potongan pelepah pisang, dan rempah khas timur. Jika semua sudah dibakar setengah matang maka langkah selanjutnya ialah digoreng dengan minyak agak banyak. Dijamin aroma yang tercium akan membuat selera makan bertambah.

Itulah 5 makanan dari pelepah pisang yang lezat dan wort it untuk dicoba. Siapa tahu kamu akan semakin suka, tentunya makanan yang berasal dari pelepah pisang ini juga mengandung berbagai manfaat. Tunggu apa lagi, selamat mencobanya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya