by

5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Gunung

Salah satu keindahan alam yang paling terkemuka dan paling banyak dikagumi di dunia ini adalah pegunungan. Dikatakan demikian tak lain karena matahari terbit, tebing-tebing yang curam, danau atau kebun dan puncak dapat disaksikan secara langsung dari tempat ini.

Belum lagi banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di gunung. Mau tahu apa saja? Yuk simak berikut ini.

1. Camping/berkemah


Kegiatan berkemah di masa ini tentunya bukan hal yang asing lagi. Terutama kegiatan berkemah telah ramai dijadikan sebagai kegiatan menyerukan untuk mengisi waktu liburan.

Saat ini, kegiatan berkemah banyak dilaksanakan untuk menjalin ketenangan dengan alam. Meski begitu, berkemah juga dilakukan sebagai penghilang rasa bosan dari kehidupan kota yang penuh polusi menyesakkan.

Sebenarnya, kegiatan berkemah sangat baik sekali dilakukan. Alasannya, kegiatan ini dapat membangun kepercayaan diri, membuat hidup lebih mandiri, hingga mengurangi rasa ketakutan dan menanamkan rasa cinta pada alam.

Berkemah dapat dilakukan dimana saja namun pada hakikatnya adalah ruang terbuka. Umumnya pun, kegiatan berkemah dilakukan di area pantai, taman rumah, hingga hutan.

Meski demikian, kegiatan berkemah sesungguhnya mulai banyak dilaksanakan pada area pegunungan. Bahkan, berkemah di gunung jauh lebih menawarkan sensasi yang menakjubkan, lantaran ketika pagi, Anda bisa melihat indahnya panorama matahari terbit.

Sesuai hal inilah kegiatan berkemah sangat direkomendasikan sebagai kegiatan seru yang bisa dilakukan di gunung. Oh iya, berhubung suhu udara di gunung sangat dingin, maka Anda perlu membawa pakaian, selimut dan kaos kaki yang berbahan tebal.

Ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu tubuh Anda, agar tetap hangat meski di tengah udara dingin.

2. Explore/eksplorasi


Eksplorasi atau penjelajahan/pencarian adalah sebuah tindakan yang bertujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak tentang keadaan, terutama sumber-sumber alam yang terdapat di suatu tempat.

Baca Juga  Wow, Ini Nih Fakta Seputar Line Bank yang Banyak Untungnya!

Kegiatan eksplorasi pada dasarnya hanya dilakukan oleh peneliti, namun pada masa ini kegiatan eksplorasi telah banyak dilaksanakan, oleh mereka yang punya rasa keingintahuan tinggi tentang alam semesta.

Berbicara soal eksplorasi, kegiatan ini merupakan salah satu disiplin ilmu dan teknologi yang ikut terlibat di dalam industri. Agar kegiatan eksplorasi terencana dengan efisien, maka dibutuhkan pengelolaan kegiatan yang susunannya terstruktur dan terarah.

Dalam artian, segala rencana telah diatur dan tinggal dilaksanakan. Terlebih jika eksplorasi yang dilakukan adalah wilayah pegunungan, maka para explorer harus memiliki pemahaman luas terkait konsep eksplorasi di wilayah pegunungan.

Dan jikapun kegiatan eksplorasi yang Anda rencanakan butuh waktu sekitar dua atau tiga hari lebih, maka Anda bisa menambah kegiatan berkemah, supaya eksplorasi Anda tetap berjalan sesuai harapan, dan kegiatan semakin lebih menyerukan.

3. Hiking/mendaki


Setelah berkemah dan eksplorasi, hal selanjutnya yang juga bakalan seru jika dilakukan di gunung ialah mendaki. Mendaki di masa ini memang sangat banyak digemari oleh orang.

Pasalnya, alam yang indah dan udara yang sejuk membuat kegiatan mendaki sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Adapun sejumlah manfaat yang dimaksud tak lain menghilangkan stress, melatih daya ingat dan emosi, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, memperkuat otot tubuh, serta membuat tulang menjadi lebih padat.

Tidak sekadar memiliki fisik yang kuat, para pendaki juga dituntut memiliki keberanian dan rasa pantang menyerah, agar bisa menyelesaikan kegiatan mendaki sesuai dengan yang diharapkan.

Berhubung kegiatan ini mengharuskan Anda melalui jalan yang terjal dan meninggi, maka alangkah baiknya jika Anda memperhatikan sepatu yang akan Anda pakai.

Hal ini berguna supaya kaki Anda tidak sakit selama menempuh pendakian. Untuk itu pilihlah sepatu dengan ukuran yang lebih besar, agar ruang sisanya membuat kaki Anda tidak sakit saat turun dari gunung.

Baca Juga  Anda Masih Bujangan? Kenali Alasan Harus Menikah Berikut Ini

Setelah itu cocokkan pula sepatu pada jenis track yang akan di lalui. Contohnya Heavy Boots yang cocok pada track panjang dengan area medan yang berat, atau Mountaineering Boot yang cocok untuk track pegunungan bersalju.

Kalaupun track yang akan Anda lalui adalah medan pegunungan yang curam, maka sepatu yang direkomendasikan ialah Mid-Weight Boot, yakni sepatu dengan sol yang tinggi dan bahan yang keras.

4. Vlogging/video vlog


Bagi Anda yang aktif menggunakan sosial media, tentu Anda tidak asing lagi dengan istilah vlog. Istilah ini diartikan dengan perekaman atas kegiatan yang di lakukan. Gunanya untuk membagikan pengalaman atau menghibur penonton yang menyaksikan. Tren video vlogging, memang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Saking seru dan mengasyikkannya, anak kecil hingga lansia pun mulai ikut-ikutan membangun video vlogging yang mereka punya. Barangkali hal tersebut juga didukung oleh faktor cuan, yang bisa didapatkan dari kegiatan video vlogging atau mungkin ingin bersenang-senang dengan pengalaman yang dilakukan.

Jadi wajar saja kalau vlogging di digemari oleh masyarakat. Terutama sejak media media YouTube semakin populer, hampir seluruh orang yang ada di penjuru bumi, membuat video vlog ini.

Tak heran pula bila vlogger kian bertambah dari hari ke hari. Nah, membahas vlogging, ternyata hal ini ikut terbilang sebagai kegiatan seru yang bisa dilakukan di gunung. Faktanya, ada banyak pengalaman yang bisa Anda bagikan nantinya.

Misalnya, pengalaman selama mendaki, ataupun pengalaman berkemah. Itu semua tentu akan menjadi video yang menarik untuk di tonton. Terutama di era pembangunan ini, banyak orang yang mulai rindu dan ingin tahu bagaimana suasana dekat dengan alam.

5. Relaxation/relaksasi


Dewasa ini, kegiatan relaksasi hampir sering dijumpai di tengah-tengah aktivitas. Relaksasi adalah salah satu pengembalian/peningkatan kesehatan dan vitalitas yang paling mudah dilakukan.

Baca Juga  Kamu Pecinta Makanan? Inilah 7 Kota Bagi Pecinta Kuliner

Apabila relaksasi tidak dapat dilakukan secara teratur,  memungkinkan tingkat stres yang kita miliki berdampak negatif terhadap kesehatan. Biasanya, kegiatan relaksasi dilakukan dengan praktik meditasi, latihan pernapasan atau terapi musik serta keluar sementara dari zona menyibukkan.

Oleh sebab itu, Anda yang butuh waktu untuk berelaksasi, telah tepat sekali mengambil langkah dengan berlibur ke gunung. Selain menyenangkan, pikiran Anda juga akan lebih tenang. Sehingga saat kembalinya pun jiwa kita lebih terasa fresh dan beban pikiran lebih diringankan.

Baiklah sobat Lintashaba, itulah tadi kelima kegiatan seru yang bisa dilakukan di gunung. Jika Anda merasa tertarik untuk mencoba di antaranya, Anda bisa mengatur jadwal yang tepat agar rencana Anda tidak berkendala.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya