by

5 Jajanan Tradisional yang Paling Diminati Saat ini

Indonesia merupakan salah satu bangsa di dunia yang penuh dengan keanekaragaman budayanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya pulau-pulau dan juga suku yang terdapat di dalamnya. Dari beberapa suku tersebut akhirnya menghasilkan suatu budaya yang berbeda-beda, namun bukan berarti persatuan dan kesatuan pupus malah sebaliknya.

Berbicara mengenai keberagaman budaya yang ada, terdapat beberapa bagian dari budaya daerah seperti halnya jajanan tradisional. Makanan ini merupakan hasil warisan dari nenek moyang yang sangat berarti dan harus dilestarikan. Tentu saja dari banyak makanan tradisional terdapat makanan yang paling diminati untuk saat ini. Penasaran dengan apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Ketela Rebus/Goreng

potongan-potongan kecil singkong dalam wajan merah di taplak meja kotak-kotak. konsep singkong brasil goreng - ketela rebus potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jajanan yang pertama kali dan dirasa paling populer ialah ketela goreng maupun ketela rebus. Tentu saja bukan tanpa alasan, ketela rebus merupakan salah satu makanan andalan orang dahulu di saat kekurangan makanan. Jajanan ini memiliki rasa yang sangat lezat jika direbus dan rasa yang gurih ketika digoreng.

Pastinya kamu sudah tahu makanan ini bukan? Jenis jajanan ketela goreng biasanya kerap dijumpai di tempat-tempat umum maupun acara tertentu yang melibatkan banyak pihak. Tentu saja hal ini dkarenakan potensi keuntungan yang besar dan juga hasil raihan pembeli yang banyak.

Banyak orang yang mengangumi ketela goreng dari segi rasanya, Walaupun begitu ketela rebus yang menjadi primadona selanjutnya juga tak kalah lezat loh. Kamu bisa menyajikan menu kedua ini saat hujan deras, dengan tambahan sambal terasi yang masih panas. Dijamin deh membuat lumer di lidah!

2. Keripik Pisang

keripik pisang kerala - keripik pisang potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika kamu pernah mengkonsumsi keripik ketela pastinya kamu sudah pernah icip keripik yang satu ini nih. Namanya keripik pisang, sebuah keripik yang dibuat dengan bahan asli pisang muda yang baru masak. Uniknya makanan ini berbeda dengan keripik ketela maupun keripik gothe, hal ini karena rasa keripik pisang sendiri yang terasa manis dan legit.

Baca Juga  Jenis-Jenis Mangga di Indonesia yang Rasanya Manis dan Enak

Rasa manis dalam keripik pisang disebabkan oleh bahan pencampur dan juga zat manis asli dalam buah, jadi wajar saja jika jajanan tradisional satu ini terasa berbeda dari yang lain. Dalam proses pembuatan keripik pisang sendiri, para produsen biasanya akan menambahi dengan rasa manis gula.

Hal ini supaya mencegah rasa petar yang terdapat di dalamnya, mengingat rasa pisang sendiri yang sudah digoreng akan berubah menjadi kurang manis. Maka dari itu pihak produsen akan menambahinya dengan manisan gula. Jajanan yang juga sudah laku dari zaman dahulu ini kini masih tetap eksis.

3. Iwel-iwel

hidangan malaysia kuih koci di daun pisang di atas meja kayu. - kue daun pisang potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jajanan tradisional ketiga ialah iwel-iwel atau sebuah kue bungkus dengan isi gula merah lumer yang lembut nan hangat. Memabayangkannya saja sudah ingin membuat kamu ingin memkannya bukan? Memang bukan tanpa alasan, iwel-iwel merupakan jajanan khas orang jawa yang menemani disaat terjadi kenduri maupun acara penting lainnya.

Rasanya yang enak serta isi gula merah yang lumer membuat iwel-iwel semakin worth it untuk dicoba. Kue yang berukuran setara dengan kepalan tangan ini, telah ada sejak zaman penjajahan bahkan sejak zaman pra penjajah. Mengapa bisa menjadi eksis sampai sekarang? Hal ini karena pengaruh adat istiadat yang sampai kini juga masih berlaku.

Kue iwel-iwel berasal dari jawa, namanya sendiri sebenarnya diambil dari kata waliwalidayya atau dalam bahasa arab memuliakan orang tua. Memang benar, tujuan orang jawa membuat iwel-iwel di masa dahulu ialah untuk mengingatkan kepada semua anak, untuk berbakti kepada orang tua mereka. Sungguh klop kue ini, selain manis ternyata mengandung makna yang mendalam.

4. Dadar Gulung

dadar gulung or sweet coconut pancake - kue tradisional dadar  potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah mendengar kata dadar jagung? Merupakan makanan yang berperan sebagai lauk. Namun tahukah kamu akan jajanan tradisional yang bernama dadar gulung? Ya seperti namanya sendiri, dadar gulung merupakan sebuah jajanan tradisional yang berisi kelapa muda dengan bubuhan gula merah cair di dalamnya.

Baca Juga  Review Pantai Lombang Sumenep Madura

Bahannya sendiri ialah sebuah tepung dan juga perisa manis, isi dari dadar gulung ini bukan lagi jagung seperti biasa namun kelapa parutan dengan isi gula aren atau gula merah. Jadi nantinya ketika digigit, kue ini akan terasa manis legit dengan adanya kelapa dan gula sebagai perasanya.

Tak heran jika makanan satu ini sangat laris di pasar maupun toko kecil, hal ini disebabkan karena rasa manis isi makanan dan juga kelembutan dadar gulung. Biasanya dalam berjualan dadar gulung penjual menydiakan beberapa pilihan rasa yang pastinya sangat mantap dan lezat!

Dengan faktor diatas, dadar gulung kini masih tetap eksis walaupun sudah bergantinya era.

5. Nagasari

nagasari adalah kue tradisional dari indonesia, terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula yang diisi dengan pisang. - nagasari potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jenis makanan disini bukan berarti harus mengarah kepada naga melainkan hanya kata kiasan dalam makanan. Nagasari sendiri ialah pisang yang dibalut dengan tepung lalu dimasukkan ke dalam kukusan. Sehingga kue nagasari ini lebih ke arah kue kukus, biasanya kue dengan tekstur basah akan lebih menggoda lidah daripada kue kering, seperti nagasari ini.

Kue nagasari banyak ditemukan ketika terjadi peristiwa adat maupun kenduri atas seseorang. Mengingat kebutuhan orang yang sedang berhajat tersebut mewarisi apa yang nenek moyang mereka lakukan, seperti membuat nagasari dan juga iwel-iwel. Untuk soal rasa, jajanan tradisional ini mampu menandingi rasa pisang coklat bahkan masih lebih nikmat lagi.

Nah, itulah kelima daftar jajanan tradidional yang paling lezat dan digemari oleh beberapa kalangan. Nah kira-kira kamu akan memilih nomor berapa nih?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya