by

3 Resep Camilan Khas Betawi yang Bikin Kangen!

Menikmati camilan yang renyah dan kriuk, ditemani dengan secangkir kopi panas di teras rumah saat hujan rintik-rintik pasti sangat nikmat. Apalagi kalau duduknya sambil mengobrol dengan seseorang yang spesial.

Untuk pilihan kuenya, ada tiga jenis camilan khas Betawi yang selalu bikin kangen. Kalau kita bertandang ke rumah orang-orang Betawi saat lebaran atau di acara-acara khusus, tiga jenis camilan yang selalu ada adalah kacang tojin, kue bawang dan kue biji ketapang.

Biasanya kita membeli camilan-camilan tersebut di toko-toko kue atau di pasar, dengan berbagai bentuk dan rasa. Sekali-sekali, mari kita mencoba membuatnya sendiri. Caranya cukup mudah, asal teliti mengikuti seluruh tahapan serta tips dan trik dalam resepnya.

Kacang tojin yang akan kita buat mempunyai rasa yang gurih, dengan tekstur yang renyah serta awet jika disimpan di dalam stoples. Sedangkan kue bawangnya juga gurih, renyah dan harum karena menggunakan irisan bawang merah dan daun seledri pada setiap keping kuenya. Berbeda dengan kacang tojin dan kue bawang, kue biji ketapang mempunyai cita rasa yang manis dan gurih karena menggunakan gula dan kelapa dalam adonan kuenya.

Untuk menikmati kelezatan kue-kue kering dari dapur Betawi, silakan langsung disimak resep-resep anti gagal berikut ini.

1. Kacang Tojin
kacang tojin
pinterest
Bahan dan Cara Membuat:
  • 1 kg kacang tanah kupas, disiram dengan air mendidih, biarkan selama 15 menit lalu tiriskan sampai benar-benar kering.
  • Haluskan 7-8 buah bawang putih bersama dengan 1 sdm garam, lalu tambahkan 1½ sdm margarine. Campurkan dengan kacang, aduk dengan tangan sampai rata. Jangan sampai terkena air (bawang harus diulek,  jangan diblender supaya tidak berair). Diamkan selama 30 menit.
  • Goreng dalam minyak panas dengan api agak kecil. Aduk-aduk sampai kekuningan, angkat. Ratakan di atas kertas nasi untuk menyerap minyak.
  • Ambil 10 – 15 buah bawang putih, kupas dan iris tipis-tipis. Goreng sampai kekuningan lalu dinginkan. Campur dengan kacang bawang tadi.
Tips dan Trik:
  1. Menggoreng kacang harus dengan api sedang cenderung kecil, dalam minyak yang banyak sampai seluruh kacang terendam.
  2. Dapur harus cukup terang saat menggoreng kacang supaya terlihat tingkat kematangan kacangnya. Angkat kacang saat masih kekuningan (jangan terlalu cokelat), karena kacang masih bertambah cokelat saat sudah diangkat.
Baca Juga  Ingin Kenyang? Ini Destinasi Wisata Kuliner Terbaik di Sumenep
2. Kue Bawang
kue bawang
pinterest
Bahan:
  • 1 kg terigu serba guna
  • 2 butir telur
  • 200 gr margarine
  • 200 gr sagu
  • 250 gr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang daun seledri
  • 250 cc santan kental
  • 2 sdm garam (jangan terlalu munjung)
  • Air putih secukupnya
  • 750 ml minyak goreng
Cara membuat:
  1. Masak santan sambil diaduk, biarkan sampai dingin. Masukkan garam ke dalam santan, aduk rata.
  2. Kupas dan iris bawang merah tipis-tipis lalu sedikit diremas.
  3. Daun seledri ambil bagian daunnya saja lalu iris sampai halus.
  4. Haluskan bawang putih.
  5. Masukkan terigu ke dalam wadah yang besar. Tambahkan sagu, margarine dan telur. Masukkan juga bawang putih halus, bawang merah iris dan seledri. Campurkan dan aduk dengan tangan semua bahan di dalam wadah.
  6. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni. Jika adonan masih terlalu keras, tambahkan air putih sampai adonan bisa dibentuk dan dipulung dengan tangan. Jangan sampai terlalu lembek agar mudah ditipiskan.
  7. Ambil adonan sekepalan tangan lalu bulatkan. Lakukan sampai habis. Tipiskan adonan dengan alat untuk menipiskan adonan (pasta machine) dengan cara diputar. Tipiskan dua kali, pertama dengan ukuran agak tebal lalu kedua kalinya dengan ukuran yang lebih tipis.
  8. Taburi bulatan adonan dengan dengan sedikit terigu setiap akan digiling supaya tidak menempel. Jika sudah selesai digiling, gunting atau potong-potong adonan benbentuk belah ketupat.
  9. Goreng adonan dalam minyak panas dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai berwarna kuning. Hati-hati saat menggoreng, karena semakin lama minyak akan berbusa karena adonan mengandung telur. Jangan lupa untuk selalu mengaduk irisan kue bawang saat menggoreng agar matang dengan rata.
Tips dan Trik:
  1. Bawang merah untuk adonan kue bawang harus yang baru diiris. Jika membeli yang sudah diiris di pasar pastikan bahwa itu baru, jika tidak adonan cepat menjadi asam.
  2. Irisan bawang goreng harus agak diremas supaya menjadi lemas dan tidak menyangkut di alat penggiling.
  3. Adonan yang sudah selesai diuleni harus segera ditipiskan dan digoreng agar tidak menjadi keras. Jangan membuat adonan terlalu banyak jika tidak sanggup menyelesaikan.
Baca Juga  Bingung Mencari Cara Agar Kuemu Terlihat Cantik? Simak Inspirasi Bahan Menghias Kue Ini!
3. Kue Biji Ketapang Betawi
kue biji ketapang
pinterest
Bahan:
  • 1 kg terigu segi tiga biru
  • 2 butir telur
  • 200 gr margarine
  • 1 butir kelapa diparut
  • 400 gr gula pasir
  • 2 sdt garam
Cara membuat:
  1. Campur semua bahan sambil diuleni sampai benar-benar tercampur. Setelah tercampur, terus uleni dengan kedua tangan sambil ditekan-tekan. Jika terasa keras seperti kurang cairan, uleni saja terus dan jangan pernah menambahkan air. Perlahan-lahan semua bahan akan tercampur rata dan bisa dibentuk.
  2. Bagi adonan menjadi empat bagian. Ambil satu bagian, tutupi dengan plastik, lalu tipiskan dengan rolling pin atau botol. Jangan terlalu tipis, ketebalannya kira-kira 1 cm. Setelah tebalnya rata, potong-potong adonan menjadi panjang-panjang dengan ukuran 1 x 10 cm.
  3. Ambil satu potong adonan lalu pulung dengan kedua telapak tangan menjadi sebesar pensil. Gunting adonan menjadi serong-serong (miring).
  4. Panaskan minyak dengan api agak kecil. Goreng adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya tidak hangus. Tunggu sampai kue menjadi dingin lalu masukkan ke dalam stoples bertutup rapat.
Tips dan Trik:
  1. Untuk hasil kue yang bagus, pilih kelapa sedang untuk diparut (kelapa sedang kulitnya berwarna coklat muda).
  2. Gunakan kelapa parut mentah dan baru diparut. Jangan yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan disangrai atau dikukus.
  3. Segera buat adonan kue dan goreng semua sampai selesai. Karena menggunakan kelapa mentah, adonan kue ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama. Jangan membuat adonan terlalu banyak jika tidak sanggup menyelesaikan.
  4. Perhatikan saat menggoreng adonan. Jaga api agar selalu kecil dan harus terus diaduk. Karena adonan kue ini menggunakan gula dan kelapa di dalamnya, maka akan mudah menjadi hangus saat digoreng.
  5. Untuk memperoleh bentuk kue yang cantik, usahakan semua kue mempunyai ketebalan yang sama saat adonan digiling. Jika tidak sama, selain tidak cantik juga warna kue akan berbeda-beda. Saat digoreng bersama, kue yang terlalu tipis cenderung cepat menjadi hangus.
Baca Juga  Resep Kue Ketan Srikaya dan Kentang Srikaya, Dua Hidangan Spesial dari Aceh

Ketiga jenis camilan khas Betawi ini selalu bikin kangen para penggemarnya yang bukan hanya orang-orang Betawi saja. Itu sebabnya selalu laris di tempat-tempat yang menjualnya. Jika kita sudah berhasil membuatnya sendiri, bukan tidak mungkin bisa dijadikan ladang bisnis dengan menjualnya kepada teman-teman.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya