by

11 Rekomendasi Makanan Khas Solo: Nikmat dan Ramah di Kantong

Tak hanya terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, buat kamu yang berkunjung ke Solo, kamu juga akan disuguhi banyak makanan khas dari Solo yang enak dan nikmat. Rata-rata kuliner khas Solo ini menggunakan bumbu khas yang membuat aroma dan rasa makanannya menjadi susah dilupakan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan makanan khas Solo, berikut ini ulasannya untuk kamu.

1. Selat Solo: Makanan yang Mirip dengan Steak

Selat solo merupakan salah satu makanan khas Solo yang terkenal, makanan yang satu ini hampir mirip dengan steak. Selat solo ini terbuat dari daging semur dan disajikan bersama dengan bermacam-macam sayuran, seperti buncis, wortel dan daun selada. Tak lupa, selat solo juga dilengkapi dengan kuah encer yang rasanya manis. Tak hanya mengenyangkan perut, selat solo juga memiliki tampilan yang cantik dan lezat, sehingga dapat kamu sajikan sebagai makan malam yang spesial.

2. Sate Buntel: Sate Khas Solo yang Dibuat dari Daging

Sesuai dengan namanya, sate buntel merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari daging yang dibungkus atau bahasa jawanya yaitu dibuntel, menggunakan lembaran lemak kambing. Sate buntel ini tidak alot karena menggunakan daging yang bagus, yaitu daging giling. Lembaran yang membungkus daging tersebut kegunaannya ialah untuk membuat sari daging tetap terjaga dan daging tidak kering ketika dibakar.

3. Cambuk Rambak: Potongan Ketupat yang Disiram dengan Saus Wijen
Nikmatnya Potongan Ketupat Disiram Saus Wijen dalam Cabuk Rambak
Foto: detikfood

Cambak rambak menjadi rekomendasi makanan khas Solo yang selanjutnya. Makanan ini terdiri dari potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Makanan ini bisa ditambahi dengan karak atau kerupuk nasi sebagai bahan pelengkap. Makanan ini kerap disajikan bersama dengan pincuk yang digunakan sebagai alas dan makanan ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai makanan ringan atau berat.

Baca Juga  Kebun Stroberi di Berastagi, Tempat Memetik yang Wajib Kamu Singgahi
4. Timlo Solo: Sup Ayam Bening yang Ditambahi dengan Makanan-Makanan Lezat

Timlo solo merupakan makanan khas Solo yang tampilannya seperti sup ayam bening. Makanan ini merupakan sajikan sup ayam bening yang ditambahi dengan sosis solo, telur pindang, hati dan potongan ampela ayam. Kemudian kamu bisa juga menambahkan timlo solo dengan sambal kecap untuk menambah kesegaran.

5. Nasi Liwet Solo: Makanan dengan Campuran Santan yang Gurih
4 Tempat di Solo Ini Punya Nasi Liwet Sedap Berlauk Komplet
Foto: food.detik

Buat kamu pecinta makanan yang bersantan, tampaknya kamu wajib mencicipi makanan khas Solo yang terbuat dari campuran santan gurih yang satu ini, yaitu nasi liwet solo. Nasi ini kerap dibuat oleh masyarakat yang tinggal di Desa Menuran, Sukoharjo, Jawa Tengah. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan lauk opor ayam suwir, sambal goreng labu siam dan areh santan. Buat kamu yang belum tahu, areh santan ini dibuat dari endapan atau gumpalan dari santan yang menjadi ciri khas dari nasi liwet solo ini.

6. Serabi Solo: Camilan dari Solo yang Manis dan Bertekstur Lembut
Foto: pinterest

Solo juga memiliki camilan manis yang menggugah selera, yaitu bernama serabi solo. Serabi solo merupakan camilan khas Solo yang memiliki tekstur lembut dan tidak terlalu padat, kemudian pada bagian tengah-tengahnya dapat digulung. Camilan ini rasanya sangatlah enak dan memiliki bau yang khas.

7. Sate Kere: Hasil Kreativitas Rakyat yang Tidak Bisa Menyantap Sate Daging

Pada umumnya sate merupakan makanan yang terbuat dari daging, entah itu daging ayam, kelinci, kambing, atau sapi, kemudian dibumbi dan dibakar. Namun, sate kere khas Solo ini nampaknya sedikit berbeda dengan sate-sate lainnya. Sate kere ini terbuat dari jeroan dan tempe gembus yang menjadi bahan dasarnya. Kemudian sate ini dibakar di atas bara api dan disajikan bersama dengan bumbu sate yang enak.

Baca Juga  Kamu Ingin ke Korea Selatan? Berikut ini Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan
8. Sosis Solo: Sosis Khas Solo yang Gurih

Sesuai dengan namanya, sosis solo merupakan sosis khas solo yang bentuknya menyerupai risol dengan kulit dadar telur tipis dan berisikan daging giling. Makanan ini cita rasanya sangatlah gurih, sehingga begitu cocok disajikan sebagai camilah renyah di rumah. Biasanya sosis ini dibentuk pipih, dipotongi, lalu baru disajikan dalam semangkuk timlo.

9. Bakmi Toprak: Makanan Berkuah yang Memiliki Beragam Isi

Rekomendasi makanan khas Solo selanjutnya ialah bakmi toprak. Bakmi toprak merupakan makanan berkuah yang isinya mie, irisan kol, potongan tahu goreng, tahu, tempe dan sosis solo. Kemudian agar rasanya lebih enak lagi, bakmi toprak ini disajikan bersama dengan tetelan daging sapi.

10. Bubur Lemu: Bubur dengan Santan yang Gurih

Jajan Kuliner Jenang Lemu Bu Pujo Pasar Legi Solo - Update Solo Info

Buat kamu pecinta bubur, tampaknya kamu harus mencoba bubur yang satu ini. Bubur lemu bisa menjadi makanan untuk sarapan mengenyangkan buat kamu. Bubur ini merupakan bubur nasi yang dimasak bersama dengan santan yang rasanya begitu gurih. Kemudian untuk isiannya, bubur ini berisi sambal goreng dengan bahan baku utamanya ialah siam, tahu cina, kerupuk kulit yang telah direbus sampai lembek dan kacang tolo.

11. Balung Kethek: Makanan yang Terbuat dari Singkong, Bukan Tulang Kera

BALUNG KETHEK "UNIQ" BALTEK BALKET BALOENG KETHEK OLEH OLEH SOLO | Shopee  Indonesia

Tidak sama seperti namanya, balung kethek ini bukanlah makanan yang cara dimasaknya ialah dengan membunuh kera untuk dijadikan makanan, tetapi makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang dikusus, dipotongi berukuran tipis-tipis dan digoreng tanpa menggunakan proses penjemuran.

Itu tadi beberapa rekomendasi makanan khas Solo yang bisa kalian coba. Untuk harga pastinya beraneka ragam karena disesuikan dengn bahan dan cara pemuatannya juga, Kira-kira dari banyaknya makanan di atas, mana nih yang ingin kamu coba?

Comment

Artikel Terkait