by

Resep Mie Gomak Goreng, Santapan Sehat yang Kental Akan Bumbu Khas Batak

Mie gomak atau yang lebih dikenal dengan mie lidi ini merupakan salah satu santapan sehat yang berasal dari Sumatera Utara. Santapan sehat ini sangat sering dihidangkan oleh masyarakat Sumatera Utara, khususnya Suku Batak, ketika sedang berkumpul dengan keluarga, teman atau tetangga.

Yang menjadi salah satu ciri khas santapan ini disebut kental dengan bumbu khas batak, adalah keberadaan andaliman yang menambah aroma luar biasa pada santapan ini.

Sebelumnya, kita harus tau jika andaliman merupakan bumbu masakan khas batak yang mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si pengonsumsi. Biasanya, masyarakat di luar suku Batak mengenal andaliman sebagai merica batak.

Selain kental akan banyak bumbu khas batak yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mie gomak goreng juga sering menjadi andalan para Ibu dari suku Batak ketika sedang mengadakan arisan. Aromanya yang begitu menggugah selera serta biaya pembuatannya yang tergolong murah, tentu saja menggoda siapapun untuk menyiapkan santapan lezat ini.

Apa kalian juga tergoda? Kalau iya, ayo kita simak bahan serta langkah pembuatan santapan lezat ini!

Bahan:
  • 1 bungkus mie lidi dengan ukuran 250 gram
  • Sawi hijau 1 ikat
  • Sayur kol / kubis
  • 1 buah timun
  • Bawang goreng
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai 1 batang
  • Bawang merah 9 butir
  • Bawang putih 4 setengah suing
  • Santan secukupnya
  • Cabai hijau 1 ons
  • Andaliman, bumbu khas batak, sebanyak 1 sendok makan.
Langkah:
  1. Panaskan air di dalam panci dengan api besar di atas kompor. Ketika air dirasa sudah mendidih, masukkan mie lidi ke dalam panci. Ketika memindahkan mie lidi dari plastik pembungkus ke dalam panci, usahakan agar mie lidi tidak patah. Sebelumnya, kita tidak dianjurkan untuk mencuci mie lidi karena tindakan itu dapat merusak tekstur mie lidi.
  2. Biarkan mie lidi di dalam air yang mendidih selama kurang lebih 15 menit, hingga mie lidi nampak membengkak dan terlihat lembut. Setelah mie membengkak, angkat mie lidi dengan hati – hati dan tiriskan agar tidak ada air yang terikut.
  3. Selagi menunggu air tiris dari mie lidi, haluskan bawang merah, bawang putih serta andaliman. Setelah itu, geprek serai yang telah dicuci. Sebelumnya, bagian serai yang dipakai hanya berukuran satu per empat dari ukuran seluruh serai.
  4. Kemudian, tumis bawang merah, bawang putih serta andaliman yang telah dihaluskan bersama dengan serai yang telah digeprek dan 2 lembar daun jeruk. Tumis terus hingga menguar aroma yang menggelitik perut dari bumbu – bumbu itu.
  5. Masukkan sawi serta sayur kol yang sebelumnya sudah dipotong – potong kasar ke dalam tumisan bumbu sebelumnya. Kemudian, tumis bahan – bahan tersebut. Disarankan, jangan terlalu lama menumis hingga sayur sawi terlihat tak segar.
  6. Dengan hati-hati, masukkan mie lidi yang telah tiris ke dalam wajan. Selagi mengaduk mie lidi dengan bumbu lainnya agar tercampur rata, tuangkan santan serta satu sendok garam ke dalam wajan. Aduk terus hingga kuah santan menyusut.
  7. Ketika kuah santan telah menyusut dan mie lidi mengeluarkan aroma yang menggelitik indra penciuman, angkatlah mie lidi tersebut dengan hati – hati dari wajan.
  8. Untuk menambah selera, kita dapat membuat sambal buatan sendiri untuk mie lidi atau mie gomak yang telah matang. Kita hanya perlu menumbuk kasar cabai hijau yang telah kita sediakan, usahakan untuk tidak memblender cabai hijau tersebut.
  9. Sajikan sambal cabai hijau yang telah ditumbuk dengan kasar bersama dengan mie gomak. Untuk mempercantik mie gomak goreng, kita dapat menambahkan beberapa irisan timun di atas mie gomak goreng serta sejumput bawang goreng.
Baca Juga  3 Menu Makan Siang Sehat dan Lezat beserta Resepnya untuk Kembalikan Mood

Kini, mie gomak goreng, santapan sehat yang kental akan bumbu khas Batak siap untuk dinikmati. Disarankan untuk menyantap mie gomak ini dalam keadaan panas atau baru selesai dimasak, agar cita rasanya semakin terasa di atas lidah.

Resep By: Bulan Lestari Yasinta Simatupang

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Comment

Artikel Terkait