by

Resep Lobster Air Tawar Pedas Manis

Hallo bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Pasti sangat bosan ya karena harus diam di rumah aja. Mau makan enak, tapi bingung mau buat menu apa? Tenang bun, kali ini saya akan share menu spesial yang tak kalah rasa lezatnya dengan makanan seafood yang ada di restoran. Hah, seafood? Memangnya bisa? Bisa dong! 😁

Jadi ya bun, kali ini saya akan share menu lobster air tawar yang selain mudah di cari, mudah juga untuk di olah menjadi makanan lezat. Nah, sepertinya kita sudah tidak asing lagi kan mendengar lobster di telinga kita. Salah satu makanan sea food ini apabila di olah masakan tradisional juga tak kalah rasa lezatnya.

Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Penasaran gimana buatnya? Yuk jangan lupa simak dan siapkan catatan ya bun, hehehe.

Bahan-bahan:
  • Lobster segar 500 gram
  • Cabe rawit 20 biji
  • Cabe merah 10 biji
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe dengan ukuran 2 cm
  • Kunyit ukuran 4 cm
  • 1 batang serai di geprek kasar
  • Tomat 2 buah ukuran sedang
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Gula aren.

Pastikan bahan-bahan di atas lengkap ya, bun. Bahan-bahan di atas mudah ditemukan di sekitar rumah atau di kalangan pasar bun.

Oke, kita coba langsung ke cara membuatnya ya, bun.

Cara Membuat:
  1. Pertama, bersihkan lobster. Tidak heran jika bagian pekerjaan ini sangat dihindari oleh semua orang, karena dibagian kepala dan ekornya yang sedikit susah untuk dibersihkan. Berbeda dengan cara membersihkan udang biasa. Yang terpenting di bagian saluran ususnya harus hati-hati ya, bun. Jika tidak, nanti dagingnya bisa rusak dan terkena bakteri. Tentu jika di makan dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang serius. Jadi, harus hati-hati ya bun :).
  2. Kedua, rebus lobster dengan api sedang. Sembari menunggu rebusan lobster mendidih, haluskan semua bumbu (Cabe rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit). Bisa pakai blender atau ulekan.
  3. Setelah itu potong tomat kecil-kecil sesuai selera. Pastikan tomatnya yang matang berwarna merah ya bun. Hal ini supaya warna masakan lebih menggunggah selera. Hehehe.
  4. Lobster yang direbus apabila dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan. Panaskan minyak, lalu tumis semua bumbu ke dalam wajan. Oseng terus hingga tercium harum.
  5. Masukkan potongan tomat dan berikan perasan air jeruk nipis sedikit saja, agar bau hamis pada lobster sedikit berkurang.
  6. Setelah bumbu sudah terlihat menguning keemasan, beri air sedikit agar semua bumbu tercampur rata dalam kuah. Jangan lupa masukkan satu batang serai yang sudah di geprek, garam, gula aren dan penyedap rasa secukupnya.
  7. Aduk-aduk bumbu hingga tercampur rata, masukkan lobster yang sudah di rebus tadi ke dalam wajan.
  8. Aduk lagi hingga merata sekitar 3-5 menit.
  9. Matikan kompor jika lobster dan semua bumbu dirasa sudah tercampur rata. Angkat dan tiriskan.
  10. Lobster air tawar pedes manis siap dihidangkan dengan sepiring nasi hangat.
Baca Juga  Resep Kolak Biji Salak Sederhana

Nah, bagaimana bun? Mudah dan simpel kan? Selain mudah dijamin rasanya pun tidak kalah dengan masakan yang ada di restoran itu bun, hehehe.

Makanan ini juga cocok untuk ide jualan bunda di rumah. Selain semua bahan yang mudah di cari, makanan ini juga jarang banget dijual di kalangan masyarakat terdekat. Pasti laris deh bun hehehe.

Yuk coba praktekkan di rumah bunda 🙂

Semangat dan selamat mencoba 🙂

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Comment

Artikel Terkait