by

Membuat Mie Setan ala Gacoan Sendiri di Rumah? Siapa Takut! Berikut Resep Mie Gacoan Anti Gagal

Siapa yang tidak menyukai mie? Makanan yang mudah dikreasikan dengan berbagai bumbu ini membuatnya menjadi salah satu jenis makanan yang paling digemari oleh orang Indonesia.

Tak hanya di Indonesia saja, beberapa negara lain di dunia juga memiliki menu andalan dalam mengkreasikan mie seperti pho, pad thai, mie ayam, mie aceh dan masih banyak lagi.

Makanan yang berbahan dasar dari tepung, telur dan air ini dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat dan kekinian. Dengan segala inovasi yang terus berkembang, kini olahan mie menjadi salah satu ide bisnis kuliner yang sering kita jumpai.

Salah satu jenis olahan mie yang menjadi favorit orang Indonesia adalah Mie Gacoan. Apa sih Mie Gacoan itu? Nah, mari kita bahas singkat mengenai mie pedas satu ini. Gacoan dalam bahasa Jawa artinya adalah andalan atau jagoan. Jadi bisa kita artikan bahwa mie ini adalah mie terbaik yang pernah ada di Indonesia.

Mie dengan beraneka bumbu yang memiliki tampilan pedas menggoda itu, siap menggoyang lidah para penikmatnya. Mie ini menjadi favorit remaja karena dianggap memiliki cita rasa yang berbeda.

Mie Gacoan menyajikan mie dengan beberapa level pedas. Ada 3 varian mie dalam menu gacoan yaitu mie iblis, mie setan dan mie angel.

Mie gacoan yang tipis dan padat akan membuat cabai-cabainya meresap penuh sampai ke dalam. Dalam varian mie gacoan terdapat menu mie setan, mie goreng pedas yang diolah menggunakan banyak cabai, biasanya terbagi menjadi lima level.

Level pertama dari mie setan disuguhkan dengan 7 biji cabai. Level 2 menggunakan 15 cabe, level 3 menggunakan 25 cabe, level 4 menggunakan 35 cabe, hingga level 5 yang menggunakan sampai 50 cabe rawit.

Untuk kamu yang mengaku penggemar pedas wajib banget cobain mie pedas gacoan satu ini! Dijamin, sensasi pedas di mulut membuat ketagihan dan ingin mencoba lagi dan lagi.

Jika ingin mencoba mie setan ala gacoan kamu tidak perlu pergi jauh-jauh keluar, sekarang kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Tidak perlu lama-lama mengantri, tentunya lebih praktis dan hemat ya guys.

Kalau bingung ingin membuat tapi belum tahu resepnya, berikut adalah resep masakan mie gacoan yang menjadi favorit orang Indonesia.

Bahan:
  • Mie basah 300 gram
  • Dada ayam 100 gram
  • 4 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit setan
  • 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih
  • Merica ½ sdt
  • 1 buah kemiri
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Kecap manis
  • Daun bawang, iris serong
Cara Membuat:
  1. Rebus dada ayam dengan air mendidih, tunggulah beberapa menit.
  2. Goreng ayam yang telah direbus, gunakan api sedang agar daging ayam tidak terlalu kering.
  3. Haluskan daging ayam yang telah digoreng menggunakan blender.
  4. Rebus mie basah dengan air mendidih selama ±3 menit, lalu tiriskan.
  5. Rebus cabai merah, cabai rawit setan, bawang merah dan bawang putih. Selanjutnya haluskan bumbu tersebut dengan menambah kemiri dan merica, campur sampai halus.
  6. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus tersebut sampai agak kecoklatan.
  7. Tambahkan air dan penyedap rasa secukupnya (sesuai selera). Tunggu sampai mendidih.
  8. Masukkan mie ke dalam wajan lalu diaduk hingga merata.
  9. Angkat mie ke piring lalu sajikan dengan taburan daging ayam yang telah dihaluskan dan taburan daun bawang.
  10. Mie setan ala gacoan siap disantap.

Begitulah resep mie setan ala gacoan yang bisa kalian semua coba di rumah. Tentunya lebih praktis, hemat dan higienis ya guys. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

 

Comment

Artikel Terkait