by

Masak Mudah, Sehat dan Murah, Apa itu? Sayur Temu Kunci Talas dan Daun Kelor

Hello Bunda-bunda di rumah, bagaimana kabarnya? Kali ini masak mudah ada resep baru loh, yang pastinya bahannya murah dan sehat.

Resep kali ini yaitu sayur temu kunci talas dan daun kelor, pastinya Bunda-bunda semua udah tahu ya apa itu daun kelor dan talas. Selain mudah didapat dan harganya terjangkau, daun kelor dan talas ini kaya manfaat loh Bund.

Manfaat daun kelor sendiri itu di antaranya mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan menangkal radikal bebas.

Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi daun kelor secara berlebihan dapat mengganggu fungsi kerja hati, dan kelor ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, yang mengonsumsi obat-obatan kimia secara rutin, karena konsumsi daun kelor bersamaan dengan obat kimia dapat menurunkan gula darah secara signifikan, sampai di bawah batas normal.

Sedangkan, talas sendiri merupakan jenis umbi-umbian, manfaanya pun tak kalah banyak di antaranya yaitu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan kulit dan kecantikan dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Tetapi selain banyak manfaat, ternyata talas juga ada efek sampingnya yaitu menimbulkan gatal karena pada talas mengandung getah, yang dapat menyebabkan gatal saat dimakan, tapi tenang saja bila cara pengolahanya baik maka efek gatalnya akan hilang.

Untuk temu kunci manfaat yang terkandung di dalamnya di antaranya yaitu mengatasi obesitas, mencegah kanker payudara dan kanker usus, dan mengobati gangguan pada lambung.

Dari sini bisa diketahui ya Bund, bahwa bahan-bahan yang digunakan ini banyak manfaatnya bagi tubuh, tapi juga ada efek sampignya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Bunda-bunda dalam mengolah sesuatu sebaiknya kita mencari tahu dulu kandungan yang ada di dalam bahan masak itu, dan apa efek sampingnya bagi tubuh kita.

Baca Juga  Cerpen: PAKAI HATI

Dengan kita mengetahuinya maka bisa membuatkan makanan yang cocok dan baik bagi keluarga tercinta. Oke Bund setelah kita mengenal manfaat dan efek samping dari bahan utamanya, kita langsung ke resepnya saja ya Bund.

Bahan Utama:
  • Talas 2 buah
  • Daun Kelor secukupnya
  • Air 2 liter
Bahan Bumbu Halus:
  • Cabai rawit 5 buah
  • Cabai kriting 3 buah
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Temu kunci 1 ruas
  • Trasi satu bungkus ( 1 kotak).
Bumbu tambahan dimasukkan ketika air sudah mendidih:
  • Penyedap rasa setengah sendok teh
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula satu sendok teh
Cara memasak:
  1. Pertama, cuci talasnya sampai bersih dan pastikan tidak ada kulit yang masih menempel, setelah dicuci potong kecil-kecil.
  2. Cuci daun kelor sampai bersih. Jika masih ada tangkainya lepaskan daun kelor dari tangkainya.
  3. Panaskan air, masukkan talas tadi ke dalam air yang ada di panci.
  4. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan daun kelornya.
  5. Selanjutnya, haluskan bahan bumbu halus tadi menggunakan cobek, karena rasanya lebih enak, haluskan sampai bener-benar halus dan jika kalian tidak mau mengulek silahkan pakai blender.
  6. Masukkan bumbu halus tadi ke dalam, sayur di panci tadi.
  7. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa.
  8. Cicipi dulu, bila di rasa kurang pas sesuai selera tambahkan bumbu, seperti gula, garam dan penyedap rasa.
  9. Setelah sudah dirasa pas, sayur kunci daun kelor dan talas bisa dihidangkan. Makan selagi hangat.

Sekian dulu ya Bund, resep dari masak mudah sampai jumpa pada resep lainnya. Jangan lupa mencoba yang Bund, dijamin enak dan sehat.

Resep By: Fayya Lala

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait