by

Keumamah, Masakan Khas Aceh yang Menggugah Selera

Keumamah adalah masakan asli khas Aceh. Keumamah biasa disebut juga dengan Ikan Kayu. Masakan olahan ini bahan dasarnya adalah ikan tongkol.

Ikan tongkol yang di masak kemudian dikeringkan hingga beberapa hari sampai kadar airnya berkurang. Semakin lama proses pengeringannya, maka semakin keras ikannya. Inilah asal nama ikan kayu muncul.

Pada masa lalu, saat para pejuang Aceh melawan penjajah, mereka mengolah ikan kayu untuk dijadikan bahan lauk pauk yang tahan lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Karena beratnya perjuangan yang dilakukan sehingga harus berpindah-pindah di hutan, maka pejuang Aceh menjadikan keumamah sebagai salah satu cadangan logistik yang mudah dan praktis, serta bergizi.

Tak hanya disantap oleh para pejuang kemerdekaan, di masa lalu para jemaah haji asal Bumi Rencong juga membekali diri dengan masakan keumamah ini.

Pada masa dulu, perjalanan ibadah haji memakan waktu lama yakni 1.5 bulan via laut, sehingga membuat jamaah haji memerlukan makanan yang mudah dan praktis dibawa. Keumamah adalah pilihan yang tepat.

Sampai saat ini, kita akan sering menjumpai masakan keumamah di rumah makan Aceh atau dalam acara-acara hajat masyarakat Aceh.

Masakan khas Aceh ini kaya akan rempah, sehingga bumbu-bumbunya terasa selalu kuat saat disantap. Di Aceh, keumamah akan disuwir tipis-tipis dan dilembabkan dengan cara merendamnya dalam air panas, kemudian dimasak dalam bumbu gulai bersantan tebal yang kaya akan bahan.

Masakan olahan khas Aceh ini sangat menggugah selera. Keumamah yang enak mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita. Cara memasaknya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kualitas rasa dari keumamah khas Aceh, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya.

Baca Juga  Nasi yang Menjadi Ciri Khas Indonesia, Intip Cara Buat Nasi Tumpeng Yuk!

Kini, Anda tak perlu pusing jika hendak menyiapkan keumamah khas aceh enak dimana pun Anda berada, asal sudah tahu resepnya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa. Dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.
KEUMAMAH (IKAN KAYU):

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan keumamah khas aceh:

  1. Siapkan 1/2kg ikan tongkol berukuran sedang. Kemudian kukus ikan tongkol yang telah dicuci bersih dan dicampur perasan jeruk nipis dan garam, agar tidak amis selama 30 menit. Setelah dikukus kemudian pisahkan daging dari tulangnya menjadi empat bagian, lalu keringkan selama dua hari.
  2. Siapkan 3 tangkai daun kari/temurui.
  3. Siapkan 5 buah cabe hijau diiris panjang-panjang.
  4. Siapkan 2 siung bawang merah (iris).
  5. Siapkan 200ml santan kental.
Siapkan Bumbu yang akan diblender jadi satu:
  • 20 buah asam sunti (belimbing wuluh kering)
  • 3 buah cabe merah
  • 15 buah cabe kecil (sesuai selera)
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 ruas kunyit
Berikut cara memasak keumamah:

Tumis irisan bawang merah dan daun kari hingga harum, kemudian masukan bumbu halus. Setelah tercium aromanya, tambahkan santan kental kedalam tumisan bumbu aduk hingga rata. Setelah itu masukan cabe hijau yg di iris-iris panjang.

Aduk-aduk hingga bumbu setengah matang dan harum kemudian masukan ikan yang telah disiapkan, aduk hingga ikan tercampur dengan bumbu.

Kemudian tunggu hingga bumbu meresap dan agak kering hingga keluar minyak dari tumisan, tambahkan sedikit garam dan gula, cicipi.

Setelah dirasa pas, keumamah siap disajikan. Sangat nikmat disantap dengan nasi hangat.

Selamat mencoba.

Resep By: Cici Ramadhani

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait