oleh

Ini Loh Bun, Manfaat Ikut Pawai bagi Si Kecil

Pawai bukan even hura-hura semata. Tetapi, di dalamnya juga ada faedah yang sangat bagus terutama bagi anak-anak. Nah, manfaat ikut pawai semacam ini yang sejatinya menjadi latar belakang mengapa even selalu ada dan dinanti. Biasanya, even dilaksanakan setiap hari besar yang salah satunya perayaan tujuh belasan.

Tentunya kita bertanya-tanya apa sesungguhnya manfaat dari mengikuti pawai atau karnaval bagi si kecil. Nah, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan ini, maka silakan baca artikel berikut sampai tuntas. Dan inilah informasi manfaat yang dimaksud:

1. Ajang Bakat dan Kreasi

Manfaat ikut pawai yang pertama ialah sebagai ajang bakat dan kreasi si kecil. Sebuah, pelatihan mental supaya anak tahu dengan kemampuan dan kapasitas dirinya. Yang mana, dari bakat dan kreasi tersebut kelak anak benar-benar menjadi insan yang siap terjun di dunia masyarakat.

Jika membaca dari manfaat ini, tentunya keikutsertaan anak-anak di dalam acara pawai merupakan suatu hal yang positif. Belum lagi, di usia mereka memang harus selalu dituntun untuk menggali bakat dan potensinya secara intensif. Namun perlu diingat, karnaval adalah ajang peningkatan potensi yang sangat menyenangkan bagi mereka.

Jadi, tanpa dipaksa sekalipun anak pasti senang kalau diajak untuk mengikuti pawai. Nah, orang tua harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali bakat mereka. Baik, yang berupa bakat dibidang seni, sastra, kemampuan berbicara dan selainnya. Yang mana semua kemampuan tersebut kadang dimasukkan ke dalam desain pawai.

2. Memunculkan Rasa Bahagia

Sejatinya, keikutsertaan anak kecil di dalam kegiatan pawai merupakan sebuah kebahagiaan bagi mereka. Jangankan, sudah berjalan bersama-sama temannya, lolos seleksi saja, kebahagiaannya sudah sangat luar biasa. Bahkan, ada anak yang sudah siap sedia padahal waktu pemberangkatan masih lama.

Baca Juga  Resep Sambal Tumpang

Nah, rasa bahagia inilah yang harus dilahirkan secara terus menerus. Sehingga anak bisa menjadi insan yang periang, ceria serta tidak selalu murung. Di sini, peran orang tua harus maksimal dalam rangka mengikutsertakan anaknya di dalam pawai dengan tema apapun.

3. Untuk Menciptakan Rasa Bangga

Keikutsertaan anak di dalam kegiatan pawai akan berujung pada rasa bangga di dalam hatinya. Paling tidak, mereka ingin kembali mengikuti kegiatan serupa di lain kesempatan. Akhirnya, di pawai yang diikuti, si kecil akan menampilkan parade yang terbaik supaya bisa diikutsertakan kembali.

Kebanggaan atas hasil yang dicapai bukan sesuatu yang buruk. Sedangkan seorang anak memang harus dibebaskan dengan rasa bangganya supaya tidak berhenti untuk berprestasi. Mungkin, partisipasi mereka di pawai adalah cikal bakal semangatnya, untuk terus menjadi yang pertama baik di segi pelajaran maupun bakat dan seni.

4. Ada Pembelajaran Terkait Kekompakan

Manfaat ikut pawai yang berikutnya adalah terdapat pembelajaran terkait kekompakan. Sudah sama diketahui yang namanya pawai pasti dilaksanakan secara berkelompok atau beregu. Nah, yang akan menjadi pemenang, tentunya kelompok yang kompak satu sama lain. Itu artinya, ada pelajaran kekompakan di dalam kegiatan pawai.

Nah, partisipasi si kecil di kegiatan ini juga sejatinya untuk mendidik mereka agar kompak. Termasuk memberikan pelajaran bagaimana cara bekerjasama dengan baik. Testimoninya ialah, di dalam pawai anak tidak segan untuk menegur temannya yang salah. Baik karena langkahnya terlalu cepat atau gerakannya tidak sama dengan yang lain.

5. Meraih Juara Bergengsi

Tentunya manfaat yang paling utama ialah bisa mendapatkan juara bergengsi atau juara pertama di even pawai. Ini sebuah hasil prestasi yang bagus apalagi jika even dilaksanakan dalam skala besar dengan ratusan utusan dari banyak daerah. Seharusnya, prestasi-prestasi ini yang harus dikumpulkan sejak dini.

Baca Juga  Pengertian Alpha Female dan Fakta Unik Seputarnya

Jika di pawai tersebut anak dan timnya keluar sebagai juara, tentu yang bangga bukan secara personal. Tetapi, sekolah, langgar, desa yang mengutus mereka juga bakal mendapatkan kebanggaan yang sama. Dari sini, terlihat dengan jelas kalau anak sejatinya mampu memberikan sumbangsih prestasi pada lembaga sosial dan pendidikan tempat ia tinggal.

6. Rileksasi yang Positif

Sebagian besar peserta pawai adalah dari kalangan anak, pelajar dan santri. Itu artinya, kegiatan ini bisa menjadi rileksasi yang positif. Karena siswa maupun santri telah menghabiskan hari-harinya untuk belajar yang tentunya melelahkan. Buktinya ialah, ketika anak mengikuti karnaval, rasa lelah menjadi hilang.

Maka dari itu, even pawai harus dilaksanakan minimal satu tahun sekali di acara tertentu. Sebab, rileksasi anak sekolah itu penting untuk menjaga kesehatan mental dan otak mereka. Apalagi saat ini pawai pun merambah anak usia dini. Nah, dari even ini sejatinya akan kembali dijadikan alat untuk me-refresh pikiran mereka yang masih sederhana.

7. Sebagai Portofolio Prestasi

Anak di usia dini harus sudah mampu melahirkan prestasi-prestasi yang bagus. Karena nantinya prestasi ini akan menjadi portofolio sekaligus testimoni kalau anak benar-benar insan yang kreatif dan aktif. Di sisi lain, juga ada kebanggaan orang tua di situ karena telah memiliki anak yang berprestasi menawan.

Nah, keikutsertaan mereka di dalam kegiatan pawai sejatinya bisa digunakan untuk melahirkan prestasi-prestasi tersebut. Memang, gelar yang akan didapatkan bersifat kolektif, tetapi tetap saja secara personal sang anak juga bakal mendapatkan imbasnya. Dan biasanya, setiap peserta akan mendapatkan hadiah yang menarik.

Kalau membaca manfaat ikut pawai di atas, maka seharusnya orang tua mewajibkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi di dalam kegiatan juga terdapat olahraga karena si anak akan berjalan kaki dari start sampai finish. Jadi, yang didapatkan si kecil bukan hanya prestasi tetapi juga kesehatan raga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya