oleh

Even Saat Hari Jadi Kabupaten Sumenep Madura

Ketika sudah tiba bulan oktober biasanya di Sumenep Madura diagendakan even saat hari jadi dalam bentuk kegiatan lomba. Hal ini diselenggarakan dalam rangka tahun kelahiran Sumenep yang dirayakan setiap satu tahun sekali. Dan tidak dipungkiri, even inilah yang paling di nanti-nanti oleh masyarakat baik yang ada di kota maupun yang ada di pedesaan.

Masyarakat harus tahu even hari jadi seperti apa yang lumrah dilakukan di Sumenep. Karena ini termasuk bagian dari tradisi kebudayaan yang harus dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga rasa cinta kepada NKRI semakin tinggi karena negeri ini kaya dari segala hal. Ini dia even-even yang dimaksud:

1. Musik Ul Daul

Musik Ul Daul merupakan even yang paling dinanti oleh puluhan ribu masyarakat Bumi Garam. Bahkan kalau sudah tiba hari H, biasanya jalanan macet karena banyaknya pemirsa yang ingin melihat even dari dekat. Bisa dikatakan, even inilah yang paling superior dibandingkan even hari jadi yang lain.

Musik Ul Daul merupakan even pawai musik tradisional yang sangat megah. Kalau alat musiknya sangat sederhana yaitu tong tong, kolintang, gendang dan kelenengan, tetapi itu diarak menggunakan kendaraan terbuka yang di-desain ala-ala keraton. Sedangkan setiap kontestan juga menampilkan tarian, pantun Madura dan Can Macanan sebagai sajian pendukung.

2. Busana Etnik

Ada satu lagi even hari jadi Kabupaten Sumenep yang cukup menyedot perhatian masyarakat. Namanya even busana etnik antar sekolah dari tingkat dasar hingga menengah atas. Bahkan juga ada busana etnik antar OPD yang biasanya dilangsungkan sore hari.

Sebagian besar busana etnik yang diketengahkan ialah busana ala keraton Sumenep. Untuk desainnya dipasrahkan kepada si kontestan itu sendiri silakan memberikan penampilan yang estetik tetapi tetap sopan. Luar biasanya lagi orang tua siswa bersedia mengeluarkan biaya besar, hanya agar anaknya bisa tampil bagus di ajang tersebut.

Baca Juga  6 Rekomendasi Film Bollywood yang Menarik untuk Ditonton
3. Bazar UMKM

Setiap tiba hari jadi, biasanya kabupaten Sumenep mengadakan bazar UMKM secara besar-besaran. Bahkan sebagian di antaranya bertajuk Pameran Expo yang melibatkan juga para pengusaha dari luar daerah. Dijamin, kalau sudah masuk ke pameran bazar niaga ini, Anda pasti enggan untuk pulang apalagi di dalamnya juga ada hiburan dan fun central untuk si kecil.

Tidak tanggung-tanggung, even ini kadang dilaksanakan hingga satu bulan lamanya. Setelah itu masih dilanjutkan dengan even serupa namun bertajuk Pameran Pembangunan. Di dalamnya tidak hanya diisi masyarakat yang berniaga saja, tetapi OPD dan dinas pun mulai bermunculan untuk ikut memeriahkan suasana dengan desain stand yang estetis.

4. Parade Keris

Sumenep dikenal sebagai kota keris yang ikonnya bisa dilihat di simpang tiga menuju Terminal Arya Wiraraja. Nah, terkait dengan hal tersebut, pihak dinas setempat pun mengagendakan sebuah acara yang berhubungan dengannya, yaitu Parade Keris. Karnaval keris tradisional Sumenep dan Madura ini dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi kabupaten.

Luar biasanya lagi, even ini dilaksanakan langsung di depan pendopo Sumenep. Sebuah situs sejarah kadipaten yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Bahkan, di area ini pula acara puncak prosesi hari jadi akan dilaksanakan. Nah, bagi mania keris, tentunya layak untuk menyaksikan pagelaran bergengsi ini.

5. Pawai Hias Sepeda

Even hari jadi yang juga ditunggu-tunggu oleh masyarakat ialah Pawai Sepeda Hias. Kegiatan ini dilaksanakan antar sekolah hingga perguruan tinggi yang ada di Sumenep Madura. Semua kontestan menampilkan sepeda tercantik plus dandanan yang juga ciamik dan ikonik.

Pentas ini sangat meriah dan megah karena semua peserta bersaing untuk mendapatkan penghargaan terbaik. Bahkan pihak sekolah dan wali murid bersedia menggelontorkan biaya jutaan rupiah, hanya untuk merias sepeda dengan dandanan yang luar biasa. Biasanya sepeda ini akan dikayuh para peserta sepanjang 5 km.

Baca Juga  Cerpen: Mading Sejuta Cinta
6. Lomba Mewarnai (Fun Color)

Even saat hari jadi Kabupaten Sumenep yang berikutnya ialah Fun Color atau lomba mewarnai. Pesertanya biasanya dari kalangan PAUD, TK hingga Sekolah Dasar. Mereka akan saling berlomba dengan didampingi oleh orang tua masing-masing. Namun tidak boleh ada yang membantu atau akan didiskualifikasi oleh panitia.

Tentunya, ini merupakan even yang bagus terutama demi mengajak anak-anak juga berpartisipasi di dalam hari jadi. Alhasil, kesempatan tersebut akan mereka nantikan setiap saat. Memang, mereka masih belum bisa memaknai apa maksud hari jadi yang sebenarnya. Akan tetapi, dengan rasa gembira saja sudah cukup untuk mendidik mereka menghargai kampung halamannya sendiri.

7. Jalan-Jalan Sehat

Jalan-Jalan Sehat atau JJS merupakan kegiatan paling lumrah yang dilaksanakan di setiap hari jadi kabupaten Sumenep. Bahkan, even ini tidak hanya digelar oleh pemkab setempat dan dinas terkait tetapi hingga antar desa dan RT. Masyarakat cukup antusias ketika ada even ini yang dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan orang.

Biasanya, di setiap JJS, juga digelar bazar kuliner gratisan yang dibuktikan dengan kupon yang resmi. Selain itu, di sini juga ada hiburan yang diisi oleh pentas seni, band lokal hingga pementasan kreasi anak-anak sekolah. Dengan melihat acara semacam ini saja, sudah terlihat jelas betapa meriahnya suasana di kala itu.

Untuk itu, even saat hari jadi utamanya hari jadi Kabupaten Sumenep selalu menjadi waktu paling dinanti oleh masyarakat. Karena paling tidak, di waktu itulah, kabupaten benar-benar menyuguhkan hiburan yang sangat luar biasa. Baik dari segi jumlahnya yang banyak, maupun kontennya yang estetis, elegan dan instagenik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya