by

Cobain Tahu Penyeimbang Yin Yang

Sudah sering makan Tahu? Saya yakin setiap orang pasti pernah makan tahu. Nah, di kota kami yaitu kota Purwokerto sebagai salah satu kota di daerah Jawa Tengah memiliki beragam kekayaan budaya dan kulinernya.

Salah satunya yang dikenal dari kota ini, adalah  kuliner lokalnya yang cukup dikenal oleh sebagian besar orang dari dalam atau luar kota Purwokerto.

Anda pernah mendengar makanan mendoan tempe, soto sokaraja dan Gethuk goreng? Tepat !Itu adalah ikon kuliner di wilayah Banyumas. Selain makanan itu ada pula produk terkenal di Banyumas, yaitu sentra pengrajin pembuat tahu yang ternama yaitu tahu Karangsari atau Kalisari.

Adakah perbedaannya tahu Karangsari atau Kalisari ini dengan tahu dari daerah lain misal; tahu sumedang atau tahu bulat? Tahu khas Banyumas lebih identik dengan bentuk tahunya yang lebih padat, tetapi tekstur dari tahu itu sendiri masih lembut.

Dilihat dari tampilannya tahu Karangsari lebih menarik dengan variasi beragam, ada yang diolah menjadi tahu kuning, tahu goreng, tahu bakso, kerupuk tahu, tahu putih dengan harga yang sangat ekonomis.

Satu bungkus tahu dengan size kecil cuma dibandrol 5000 ribu rupiah, harga yang sangat murah dibandingkan dengan semua kemanfaatan yang banyak bisa diperoleh oleh konsumen pencinta tahu.

Bagi sebagai masyarakat asli wilayah Kota Purwokerto tentu menjadi sangat mudah dan sering mengonsumsi produk lokal ini. Selain itu, tahu merupakan bagian dari wujud peninggalan nenek moyang sejak zaman penjajahan belanda, yang sepatutnya dijaga kelestariannya dan agar tetap membumi eksistensinya, sebagai bagian dari bahan pangan daerah masyarakat setempat, yang tidak lekang oleh waktu namun bisa berinovasi mengikuti perkembangan zaman saat ini. Baik inovasi dari variantnya, rasa maupun packagingnya.

Kuliner tahu atau bisa juga disebut tofu menjadi salah satu hidangan wajib di meja makan bagi masyarakat pribumi Indonesia, pada khususnya dan masyarakat Asia Timur pada umumnya.

Baca Juga  Serabi Kelor, Jajanan Kenyang Anemia Hilang

Tahu, menurut kebanyakan orang memenuhi konsep keseimbangan Yin dan Yang. Ya, makanan tahu termasuk jenis makanan Yin. Makanan Yin merupakan penyeimbang bagi Yang. Sifat makanan Yin lebih hijau dan memiliki rasa cenderung alami, asin dan sedikit pahit.

Jenis makanan Yin juga lebih lembap, adem di perut saat dikonsumsi, baik bagi pencernaan dan cenderung memiliki warna dingin/netral sebagai makanan Yin, tahu yang berbahan dasar kedelai ini biasanya  tumbuh di media tanam yang mengandung banyak air.

Kandungan gizi dan manfaat tahu bagi kesehatan tentu banyak sekali. Tahu tercataat merupakan sumber protein tinggi, mineral, zat besi, kalsium, vitamin B1, magnesium, tembaga, seng dan selenium yang tentu sangat baik.

Mari kita coba berinovasi dengan membuat menu simple tapi tetap yummy berhana dasae tahu. Ternyata tahu tidak hanya bisa disajikan dalam bentuk original sebagaimana tahu, tetapi bisa di inovasi dan dikombinasikan dengan bumbu rempah kuning loh. Penasaean cara bikinnya? Yuk langsung aja cobain menu bola–bola tahu lulur bumbu kuningnya ..lets start to cooking ..

CARA MEMBUAT BOLA _ BOLA TAHU LULUR BUMBU KUNING
Bahan-bahan:
  • 5 biji tahu kuning
  • 1 buah wortel rebus cincang
  • 1 batang daun bawang
  • 1 telor ayam kocok lepas
  • 5-10 biji telor puyuh mateng
  • 2 buah sosis sapi (sesuai selera)
  • Santan instan (60 ml)
  • Air putih secukupnya.
Bumbu bumbu:
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdt merica biji/ bubuk
  • 1 sdm garam ( sesuai selera)
  • 1 sdm gula pasir (sesuai selera).
Cara memasak:
  1. Langkah awal yaitu campur tahu, wortel & daun bawang cincang dalam mangkok, campur sampai rata. Sisihkan.
  2.  Bentuk adonan tahu tadi, bentuk menjadi bulat-bulat kecil dan goreng hingga kecokelatan, tiriskan diwadah bersih.
  3. Kemudian haluskan bumbu sampai lembut.
  4. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus tadi hingga mengekuarkan aroma harum dan setengah matang.
  5. Masukan santan kental dan tambah air secukupnya lalu masak sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih masukan telur puyuh, bola-bola tahu dan sosis.
  7. Masak hingga matang kemudian tambahkan  gula pasir 1 sdm sembari diaduk agar santan tidak pecah.
  8. Setelah matang dan bumbu meresap angkat dan sajikan dalam piring.
  9. Sajikan bersama nasi hangat.
Baca Juga  Cobain Resep Aneka Kue Lebaran untuk Inspirasi Kamu

Selamat mencoba !!!

Resep untuk 1 porsi sedang.

Resep By: Dwi Haryanti

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Comment

Artikel Terkait