by

Cara Membuat Bika Ambon Khas Medan, dijamin Lembut dan Bersarang!

 

Hai teman-teman, kembali lagi bersama mimin di artikel ini. Ngomong-ngomong, bagaimana kabar teman-teman semua hari ini? Semoga hari-hari kalian baik seperti mimin, ya, hehe. Nah kali ini, mimin akan membahas sesuatu yang berkaitan tentang makanan tradisional negara kita, yaitu tentang Bika Ambon.

Teman-teman tahu tidak apa itu Bika Ambon? Bika Ambon ini merupakan salah satu oleh-oleh kue tradisional khas Indonesia, lho, teman-teman.

Asalnya dari Indonesia bagian mana, tuh? Nah, kue ini berasal dari Medan, Sumatera Utara, teman-teman. Meski nama kue ini ada unsur Ambon-nya, kue ini tidak berasal dari Ambon.

Konon katanya, nama Bika Ambon ini berasal dari tempat dijualnya Bika Ambon di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan. Kemudian, ada juga yang mengatakan bahwa nama Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon, yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika.

Setelah tahu bahwa rasanya lezat, orang itu tak kembali ke tempat asalnya, Ambon, tetapi malah singgah ke Medan. Sehingga Bika Ambon menjadi sangat terkenal di Medan sejak 40 tahun-an yang lalu.

Bika Ambon ini memiliki rasa manis yang khas dan memiliki tekstur yang bersarang. Tak heran jika banyak orang menyukai Bika Ambon dan menjadi incaran orang-orang, terutama orang Indonesia.

Nah, cara membuat Bika Ambon ini juga praktis dan gampang lho, teman-teman. Jadi, kapanpun teman-teman ingin makan, bisa langsung buat, deh. Penasaran? Simak artikel ini aja yuk.

Untuk bahan-bahan dan cara membuat Bika Ambon ada di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:
Bahan Kue:
  • 8 butir kuning telur
  • 2 butir telur utuh
  • 250 gram gula pasir
  • 200 gram tepung sagu
  • 1/4 sendok teh bubuk vanili
  • 1/2 sendok teh garam.
Bahan Biang:
  • 90 ml air hangat
  • 1 bungkus fermipan atau ragi instan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 20 gram tepung terigu.
Bahan Santan:
  • 400 ml santan kelapa kental
  • 5 lembar daun jeruk, buang bagian tulang daunnnya
  • 1 batang serai
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
Cara membuat Bika Ambon:
  1. Campurkan semua bahan biang (tepung terigu, gula pasir, air dan ragi instan), aduk rata.
  2. Kemudian, diamkan selama 15 menit pada suhu ruang dan sisihkan.
  3. Lalu, lanjut dengan masak semua bahan santan (daun jeruk, santan kelapa, serai, dan kunyit bubuk) dengan api kecil hingga sedang sampai mendidih.
  4. Angkat dan dinginkan bahan santan tersebut.
  5. Setelah itu, kocok telur utuh, kuning telur, vanili, garam, dan gula dengan mixer kecepatan tinggi sampai semuanya tercampur rata.
  6. Kemudian, turunkan kecepatan mixer, dan masukkan tepung sagu secara perlahan-lahan hingga habis.
  7. Aduk hingga tercampur rata.
  8. Lalu, masukkan bahan biang yang tadi disisihkan dan bahan santan yang sudah dingin ke dalam adonan kue, aduk rata.
  9. Setelah tercampur rata, saring adonan dan diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 2 sampai 3 jam.
  10. Setelah 2 sampai 3 jam, tuang adonan tersebut ke dalam loyang yang diolesi minyak/margarin. (loyang harus dalam kondisi yang panas.)
  11. Kemudian, panggang adonan di dalam oven dengan suhu +180℃ selama 35-40 menit dengan api atas bawah dan pintu oven sedikit terbuka pada 30 menit pertama.
  12. Setelah 30 menit, tutup rapat pintu oven dan panggang hingga matang.
  13. Terakhir, jangan lupa angkat dan sajikan Bika Ambonnya.
Baca Juga  Cerpen: Bersamamu Aku Bahagia

Nah, ini dia teman-teman resep Bika Ambonnya. Mudah bukan? Teman-teman juga bisa banget nih menambahkan variasi lainnya seperti rasa pandan, rasa coklat dan lain sebagainya. Jangan lupa dicoba ya, teman-teman 🙂

Oh ya, buat teman-teman yang suka artikel mimin, jangan lupa, like, comment dan share artikel ini, ya. Biar mimin makin bersemangat buat bikin kontennya. Sekian dan terima kasih 🙂 See you.

Comment

Artikel Terkait