by

Ayam Gulai Cabe Ijo Khas Masakan Padang yang Gurih dan Mantap Bana

Ayam gulai cabe ijo ini merupakah salah satu khas masakan Padang yang memakai santan dan cabe ijo. Biasanya kalau pernikahan di Padang, kita bisa temukan masakan Ayam Gulai Cabe Ijo ini ditengah-tengah ruangan saat makanan dihidangkan yang disebut makan bajamba.

Masakan Ayam Gulai Cabe Ijo ini juga memiliki rasa yang khas dengan rempah-rempahnya. Rasanya gurih dan enak sekali. Resep Ayam gulai cabe ijo yang akan saya bagikan ini adalah resep andalan orangtuaku yang menjadi kesukaanku.

Cara membuatnya pun juga tidak sulit. Buat para ibu yang mau tahu resepnya, yuk bisa dibaca resep dibawah ini 🙂

Resep membuat Gulai Ayam Cabe Ijo
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • Cabe Ijo keriting ¼ kg
  • Ayam utuh potong 12
  • Santan kelapa 1 (pilih kelapa yang bagus dan tua ya, bisa langsung diminta dibuat santan saat pesan di pasar)
  • Bawang putih 7 siung (2 siung digunakan saat mengulek cabe ijo)
    Bawang merah 8 siung
  • Biji pala seruas ibu jari
  • Jahe setengan ibu jari
  • Lengkuas seruas ibu jari
  • Kemiri 1 buah
  • Lada secukupnya
  • Ketumbar sedikit
  • Daun jeruk
  • Daun salam
  • Daun sereh
  • Daun kunyit ½ lembar
Cara memasak:
  1. Pertama-tama, ulek cabe ijonya sampai sedikit halus (biasanya itu kalau orang padang itu pakainya batu bentuk bulat besar dengan ulekkannya juga bulet, khas cobeknya padang). Cara uleknya pun ada cara khususnya seperti ditekan ke depan, katanya biar rasa cabe ijonya itu gak hilang dan gak boleh terlalu lama dalam mengulek cabe ijo nya ini agar rasanya tidak pahit. Karena cabenya cukup banyak, para ibu bisa dipisah menjadi 2 kali uleknya. Saat diulek bisa ditambahkan dengan bawang putih 1 siung dan garam secukupnya.
  2. Kedua, setelah cabe ijonya selesai diulek kemudian dipindahkan ke wadah sementara terlebih dahulu, dan selanjutnya ulek bumbu-bumbunya yang terdiri bawang putih 5 siung, bawang merah 3 siung saja karena 5 siungnya lagi disiapkan untuk diiris ya, lada secukupnya, kemiri 1 buah, ketumbar sedikit, lengkuas, jahe, biji pala semuanya masuk jadi satu dan kemudian diulek sampai halus jangan lupa ditambah garam juga.
  3. Ketiga, kita tumis bawang merah jangan sampai terlalu matang, kemudian masukkan cabe ijonya dan masak hingga matang, kemudian kita bisa taruh ke wadah sementara dulu.
  4. Keempat, tumiskan bumbu yang sudah kita haluskan pada tahap ke dua ke dalam minyak sedikit. Setelah agak masak bumbunya, bisa masukkan ayam potongnya dan masak hingga ayam sudah agak matang, kemudian kita masukkan santannya beserta juga daun-daun yang telah disebutkan diatas yang terdiri dari daun sereh, daun jeruk, daun salam dan daun kunyit.
  5. Kelima, setelah santan dimasukkan jangan ditinggal-tinggal ya ibu-ibu, harus diaduk sampai masak biar tidak pecah santan, kira-kira sudah berkurang santannya sedikit bisa masukkan cabe ijonya kemudian diaduk lagi sampai  mendidih agar tidak pecah santan, kalau sudah mendidih baru bisa ditinggal sampai kuah gulainya berkurang sesuai yang diinginkan. Selesaiiiii dehhh memasak ayam gulai cabe ijonya 🙂
Baca Juga  Resep Puding Roti Chocolatos Kekinian, Mudah Banget Loh Cara Buatnya

Siap disajikan deh Gulai Ayam Cabe Ijo nya, rasanya gurih dan mantaaap bana ibu-ibu. Kenapa cabe ijonya baru dimasukkannya di pertengahan? agar nantinya ketika selesai menghasilkan warna ijo yang segar dan bagus dipandang.

Kalau sudah enak dipandang pasti sudah ingin cepat-cepat mencoba rasa gulai ayam cabe ijonya. Buat para ibu yang mau mencobanya langsung saja dipraktikkan karena tidak sulit kan untuk membuatnya.

Selamat mencoba !!!! 🙂

Tulisan ini merupakan naskah lomba menulis resep yang disenggarakan oleh redaksi Lintashaba.com. Panitia lomba maupun redaksi tidak mengedit naskah yang masuk.

Comment

Artikel Terkait