by

Wajib Diketahui! Inilah Jenis-Jenis Ide Usaha Fashion Serta Tipsnya

Ide usaha fashion merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki peluang cukup menjanjikan saat ini. Hal tersebut dikarenakan pakaian merupakan salah satu benda yang pokok. Selain itu, trend OOTD (oufit of the day) saat ini tengah digemari oleh kaum muda. Sehingga, kebutuhan akan pakaian beserta dengan aksesoris juga semakin meningkat.

Jenis-Jenis Ide Usaha Fashion

Melihat peluang pasar yang cukup menjanjikan tersebut sehingga, tak ada salahnya jika kamu juga memulai usaha di bidang fashion ini. Ada banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan di bidang usaha fashion. Berikut merupakan jenis-jenis ide usaha fashion yang bisa dijadikan referensi.

1. Menjahit Produk Sendiri

Clothing designer woman working in her small business office Young Asian woman working at clothes designer, with happiness. fashion tailor stock pictures, royalty-free photos & images

Ide usaha fashion yang pertama yaitu dengan menjahit produk kamu sendiri. Dengan menjahit produk sendiri, maka model yang diciptakannya cenderung lebih eksklusif dan tidak pasaran. Kamu bisa mengekspresikan imajinasi kamu ke dalam baju yang kamu buat tersebut. Jenis usaha ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki keahlian serta mencintai fashion.

2. Membuka Butik

Asian chinese female boutique shop clothing store owner checking stock with digital tablet Asian chinese female boutique shop clothing store owner checking stock with digital tablet boutique stock pictures, royalty-free photos & images

Setelah membuat pakaian hasil rancangan sendiri, selanjutnya kamu bisa memasarkan produk tersebut dengan membuka butik sendiri. Ketika kamu ingin membuka usaha butik, pastikan bahwa produk fashion yang kamu ciptakan merupakan produk yang eksklusif dan berkualitas tinggi. Di butik, selain kamu memasarkan pkaian, kamu juga bisa memasarkan aksesoris pelengkapnya.

3. Membuka Konveksi

asian chinese female blue collar worker working in sewing studio in a row asian chinese female blue collar worker working in sewing studio in a row fashion tailor stock pictures, royalty-free photos & images

Ide usaha fashion berikutnya yaitu, kamu bisa membuka konveksi. Jika dengan menjahit sendiri kamu hanya akan menghasilkan pakaian dalam jumlah yang terbatas, maka dengan membuka konveksi kamu akan menghasilkan pakaian dalam jumlah yang banyak. Adapun, untuk produk yang dihasilkan biasaya berfokus pada pakaian Ready-to-wear.

4. Membuka Tempat Sablon

Printing on t shirt in workshop Man printing on t shirt in workshop shirt screen printing stock pictures, royalty-free photos & images

Selain membuka konveksi, ide usaha fashion berikutnya yaitu dengan membuka tempat sablon kaos sendiri. Jenis usaha ini memiliki peluang yang juga tak kalah dibandingkan dengan jenis usaha sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang banyak dicari dan dibeli oleh orang-orang.

Baca Juga  Inspirasi Fashion Hijab Ala Dinda Hauw, Ada yang untuk Bumil Nih!

Selain itu, dalam menjalankan bisnis ini juga target pasarnya tidak terbatas bisa individu ataupun dalam jumlah besar. Pada saat sekolah, kamu mungkin pernah membuat pakaian kelasmu sendiri dengan desain sablon khusus. Hal tersebut cukup memberikan gambaran tentang bagaimana peluang dari memulai usaha ini.

5. Distro

Man shopping in the store Young bearded man choosing new clothes on the rack in shopping mall clothes shop stock pictures, royalty-free photos & images

Selanjutnya yakni usaha kaos distro yang sangat cocok digeluti oleh anak muda jaman sekarang. Layaknya butik, produk kaos yang ada di distro diproduksi secara terbatas dengan kualitas kain yang sangat baik dan nyaman ketika dipakai. Selain itu, desain dari gambar kaos juga cenderung unik. Sehingga, tak heran bahwa target pasar dari jenis usaha ini yaitu anak-anak muda.

6. Reseller Produk Fashion

Woman pack her package in a parcel box. e-commerce concept. A young Asian woman prepares to pack her package in a parcel box for delivery to her online customer. e-commerce concept. dropshipping stock pictures, royalty-free photos & images

Selanjutnya, jika kamu bukan seseorang yang bisa menjahit pakaian sendiri, tetapi menyukai bidang fashion dan memiliki keterbatasan modal, kamu bisa menjalankan bisnis reseller atau memasarkan produk kembali. Untuk memulai bisnis ini cenderung mudah karena saat ini banyak toko yang membuka untuk reseller.

Contoh dari reseller bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko online. Kebanyakan dari toko online membuka reseller bagi yang berminat berbisnis di bidang fashion. Kamu tidak perlu khawatir akan harga yang ditawarkan oleh penjual, karena untuk reseller kamu akan dikenakan biaya khusus yang lebih murah.

Selain itu, banyak juga toko online yang bahkan tidak mengharuskan reseller untuk membeli produknya terlebih dahulu. Kamu hanya cukup bantu memasarkan produknya dengan harga tertentu, yang tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan harga dari distributor agar kamu mendapatkan keuntungan.

Tips Memulai Usaha Fashion

Setelah memutuskan terkait jenis bisnis yang akan kamu pilih, selanjutnya kamu juga mengetahui berbagai hal ketika hendak memasarkan produknya. Berikut merupakan beberapa tips yang perlu kamu tahu ketika hendak memulai usaha di bidang fashion.

1. Lakukan riset pasar

Hal pertama yang penting untuk dilakukan yakni, riset pasar. Hal tersebut penting untuk dilakukan guna mengetahui kebutuhan serta permintaan pasar. Dengan melakukan analisa mengenai jenis dan target pasar, akan sangat membantu kamu untuk memilih jenis usaha apa yang cocok untuk dibangun.

Baca Juga  Tips Fashion Balita: Cara Mendandani Balita Agar Tampil Stylish dan Tetap Nyaman
2. Melakukan business plan (perencanaan bisnis)

Setelah melakukan riset pasar, selanjutnya kamu juga harus melakukan perencanaan bisnis. Adapun, aspek yang harus dipersiapkan secara matang yakni mengenai anggaran, proses transaksi, pengiriman, sistem pengembalian barang dan sebagainya.

3. Memilih vendor yang tepat

Berikutnya mengenai vendor akan memproduksi barang untuk dipasarkan. Memilih vendor perlu dilakukan secra teliti agar kamu bisa mendapatkan barang dengan kulitas bagus dengan harga yang terbaik.

4. Tentukan strategi pemasaran

Toko online mungkin bisa kamu pilih karena memiliki pasar yang lebih luas dengan risiko yang tidak terlalu besar. Namun, jika kamu ingin berinteraksi dengan konsumen secara langsung untuk membangun kepercayaan, maka kamu bisa membuka toko offline.

5. Evaluasi tim dan manajemen

Terakhir, mengenai sistem tim dan manajemen. Pastikan untuk memilih orang-orang yang potensial agar usaha kamu dapat berjalan lancar. Manajemen sangat memiliki peran yang penting untuk keberhasilan usaha kamu.

Itulah pembahasan mengenai ide usaha fashion serta tips ketika hendak memulai bisnis fashion. kunci utama dari kesuksesan usaha di bidang fashion, yaitu tekun dan kamu juga harus selalu update mengenai tren fashion terkini agar produk yang kamu pasarkan tidak ketinggalan zaman.

Comment

Artikel Terkait