by

Wajib Diketahui! Inilah Cara Memulai Usaha Peternakan

Cara memulai usaha peternakan tidaklah mudah dan harus didasari oleh ilmu yang tepat. Bisnis hewan peternakan sendiri ada banyak macam, mulai dari bisnis peternakan unggas, peternakan hewan besar dan peternakan hewan kecil. Ketika hendak memulai bisnis ternak, kamu harus memiliki perencanaan dari segala aspek.

Bisnis ternak merupakan salah satu yang cukup menguntungkan, mengingat daging merupakan bahan makanan yang banyak disukai terlebih lagi di acara-acara besar. Mengingat bisnis ini sangat menguntungkan menjadikan banyak kompetitor yang bermunculan. Sehingga, selain mempersiapkan ternak yang baik, kamu juga perlu siap bersaing dengan yang lainnya.

Cara Memulai Usaha Peternakan dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam memulai segala macam bisnis, dibutuhkan keberanian untuk selalu siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi baik kemungkinan yang baik maupun buruk, begitu pula dalam bisnis peternakan. Berikut ini merupakan beberapa cara memulai usaha peternakan, yang bisa kamu ikuti agar meminimalisir kemungkinan terburuk tersebut.

1. Pilih Sektor Ternak yang Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak memulai usaha peternakan, yaitu memilih sektor ternak yang sesuai. Misalnya, ketika kamu hendak mulai beternak ayam, terdapat dua pilihan yaitu menternakan ayam jenis pedaging atau petelur.

Sesuai dengan namanya, ayam pedaging, maka hasil yang akan didapatkannya berupa daging. Sedangkan untuk ayam petelur, maka akan menghasilkan telur. Dalam memulai bisnis ini, kamu bisa memilih untuk membeli anakan ayam atau dengan melakukan inkubasi telur.

2. Pilih Jenis Bibit Unggul yang Tepat

Selanjutnya mengenai pemilihan bibit yang unggul yang tepat. Bibit unggul mungkin memiliki harga yang cukup mahal, tetapi hal tersebut sebanding dengan yang akan didapatkannya dan tentu saja akan sangat berpengaruh pada bisnis kamu.

Baca Juga  Apa Saja Tips Masuk Jurusan Bimbingan Konseling?

Kamu harus paham betul mengenai pengetahuan tentang bibit unggul yang tepat. Hewan ternak mana saja yang termasuk ke dalam kategori bibit unggul dan mana yang tidak. kemudian, terkait cara mengembangbiakan jenis hewan yang tepat.

3. Berikan Makanan dan Vitamin untuk Hewan Ternak

Cara memulai usaha peternakan yang selanjutnya yaitu, kamu harus memberikan hewan ternakmu makanan dan vitamin untuk menghasilkan hewan ternak yang memiliki nilai tinggi. Dengan memberikan pakan dan vitamin yang sesuai, maka hewan ternak kamu akan memiliki tubuh sehat, kuat, dengan bobot yang ideal.

Saat hendak memilih makanan dan vitamin untuk hewan ternak, pastikan untuk memilih dari produsen yang telah terverifikasi dalam menyalurkan pakan ternak. Kemudian, pemberian vitamin secara rutin akan menjauhkan hewan ternak dari berbagai macam serangan penyakit. Pemberian vitamin tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap hewan.

4. Tentukan Lokasi Bisnis Peternakan

Selain pemberian makanan dan vitamin untuk hewan ternak, pemilihan lokasi yang tepat juga sangat dibutuhkan. Lokasi peternakan harus memiliki berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu hendak memilih peternakan unggas yang berlokasi jauh dari kota, maka pastikan lokasi tersebut memiliki fasilitas penting seperti perairan yang baik dan suhu yang sesuai.

Memilih lokasi peternakan yang jauh dari perkotaan merupakan hal yang baik bagi kualitas ternak. Namun, pastikan juga jangan memilih lokasi yang jauh dari peradaban karena hal tersebut akan menyulitkan kamu, saat hendak melakukan pemasaran hewan ternak. Pastikan juga lokasi ternak selalu bersih agar hewan tidak mudah terkena penyakit.

5. Pilih Tenaga Kerja yang Profesional

Cara memulai usaha ternak selanjutnya yaitu, pastikan kamu mempekerjakan tenaga kerja yang profesional. Hal tersebut penting untuk dijadikan perhatian karena akan sangat membantu kamu mempermudah pekerjaan, serta dapat meminimalisir kerugian.

Baca Juga  Bagaimana Tips Menjadi Petani Muda? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

Selain perlu mempekerjaan orang yang ahli di bidang peternakan, kamu juga perlu mempekerjakan orang yang ahli di bidang administrasi. Hal tersebut bertujuan untuk segala sesuatu yang bersifat administratif dan legalitas terkait dengan bisnis kamu.

Cara Memasarkan Hasil Ternak

Setelah mengetahui berbagai cara mulai usaha peternakan, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui tentang berbagai cara pemasarannya. Pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam suatu bisnis. Dengan pemasaran yang baik, maka keuntungan yang didapatkannya juga akan lebih optimal. Berikut merupakan beberapa cara memasarkan hasil ternak.

1. Membuat Logo dan Nama Peternakan

Pertama, kamu harus membuat nama dan logo peternakan sendiri. Logo tersebut sangat penting untuk dilakukan karena sebagai identitas bisnis kamu. Dengan membuat logo yang khas, maka hasil ternak kamu akan lebih dikenal oleh khalayak dan hal tersebut akan sangat menguntungkan dalam memasarkan produk.

2. Buat Website Mengenai Bisnis Ternak

Berikutnya, di zaman yang serba digital seperti saat ini teknik pemasaran kerap kali dilakukan melalui platform digital seperti website. Kamu bisa membuat website resmi untuk peternakan sendiri. Dalam website tersebut bisa kamu cantumkan mengenai berbagai jenis hewan ternak yang kamu miliki. Selain itu, tuliskan juga keunggulan dari hewan ternak yang kamu miliki.

3. Pasarkan Produk Ternak

Selain melalui platform digital, kamu juga bisa memasarkan produk secara langsung. Cara ini merupakan cara tradisional yakni, kamu membuka toko sendiri. Pastikan untuk memilih lokasi toko yang tepat sesuai dengan target pasar. Misalnya, kamu bisa memasarkannya di pasar tradisional atau swalayan.

Memulai usaha peternakan dibutuhkan persiapan yang matang dan siap akan segala risiko yang mungkin terjadi. Namun, resiko tersebut dapat diminimalisir jika kamu mengetahui ilmunya. Beberapa penjelasan di atas bisa kamu jadikan gambaran ketika hendak memulai usaha ternak.

Comment

Artikel Terkait