by

Tips Membuka Usaha Florist: Wajib Disimak Buat Kamu yang Ingin Buka Usaha Florist!

Salah satu bisnis yang dari waktu ke waktu bisa tetap mempertahankan eksistensinya, di tengah bisnis usaha yang semakin beragam dan semakin sengit persaingannya, ialah bisnis usaha florist atau yang biasa dikenal sebagai bisnis toko bunga.

Walaupun usaha florist bukan merupakan usaha kebutuhan pokok, tetapi nyatanya sampai sekarang usaha ini masih terbukti memiliki potensi yang cemerlang. Nah, buat kamu yang ingin membuka usaha florist ini kamu bisa menyimak beberapa tips membuka usaha florist di bawah ini.

1. Pastikan Jika Lokasi Toko Bungamu Strategis

startup sukses ukm pengusaha usaha kecil pemilik wanita asia berdiri dengan bunga di toko bunga. potret gadis kaukasia sukses pemilik spanduk konsep ramah lingkungan - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Lokasi merupakan salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan suatu bisnis, termasuk bisnis florist ini. Nah, biasanya ada sebuah lokasi yang khusus untuk digunakan para penjual bunga ini.

Kamu bisa mencoba melakukan survey di beberapa tempat tersebut yang memebuhi kriteria, salah satunya mengenai harga sewa. Namun, apabila kamu tidak bisa menemukan lokasi yang sesuai di lokasi khusus tersebut kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu masih bisa membuka tokomu di mana saja, asal menurutmu lokasi tadi strategis dan menjanjikan.

2. Mempunyai Keterampilan dalam Merangkai Bunga

penjual bunga bekerja pada rangkaian bunga di antara bunga - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu pemasukan besar bagi toko bunga ialah dengan adanya penjualan dari buket, karangan bunga dan papan ucapan bunga. Hal ini dikarenakan biasanya barang-barang tadi harganya berkisar mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah per piece.

Oleh sebab itu, ketika kamu ingin membuka usaha florist sebaiknya kamu bisa menguasai keterampilan merangkai bunga terlebih dahulu. Namun, apabila kamu tidak memiliki kemampuan tersebut, kamu bisa mencari rekan atau pegawai yang memiliki keterampilan dalam merangkai bunga.

3. Tahu dan Kenali Momen-Momen Penting

tersenyum pasangan muda asia, pemilik toko bunga bisnis kecil, berdiskusi melalui laptop di atas meja terhadap bunga dan tanaman. bisnis start-up, kemitraan bisnis, dan kerja sama tim. bekerja sama untuk bisnis yang sukses - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pasti banyak momen-momen penting bagi seseorang untuk bisa memberikan orang terdekatnya hadiah atau bingkisan. Nah, kamu bisa nih mengetahui dan mengenai momen-momen penting, seperti momen pernikahan, pertunangan, kelulusan dan lain sebagainya, kemudian kamu bisa membuat promosi menarik di momen-momen penting tersebut untuk menarik perhatian pelanggan kamu.

Baca Juga  Bosan Lihat Keadaan Kamar Kos Begitu-Begitu Saja? Ini 7 Tips Dekorasi Kamar Kos yang Bikin Nyaman
4. Mulai Berpromosi pada Orang-Orang Terdekat atau Kerabat

lokakarya bunga - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu hal yang menjadi penyulit saat pertama kali mendirikan usaha ialah bisa menemukan pelanggan. Oleh sebab itu, kamu bisa nih mencoba untuk berpromosi pada orang-orang terdekat kamu, seperti tetangga, saudara, teman kerja dan lain sebagainya. Dengan begitu bisnis florist milikmu bisa dikenali.

Apabila kamu dapat berhasil memberikan pelayanan terbaik untuk pelangganmu, dengan senang hari pastinya pelangganmu tadi juga mau berbaik hati untuk membantu mempromosikan bisnis yang kamu miliki ini.

5. Manfaatkan Peluang-Peluang Promosi

penjual bunga jantan asia, pemilik toko bunga bisnis kecil, menggunakan tablet digital saat bekerja pada laptop melawan bunga dan tanaman. memeriksa saham, mengambil pesanan pelanggan, menjual produk secara online. rutinitas harian menjalankan bisnis kecil - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Promosi merupakan salah satu hal terpenting dalam berbisnis. Tak hanya kamu promosikan kepada orang-orang terdekatmu, kamu juga bisa mulai mempromosikan produkmu melalui marketplace atau tempat jual beli online, yang sekarang sudah tersedia.

Cobalah untuk selalu update dan tanggap dalam melayani pertanyaan dari pembeli. Kamu juga bisa mencoba untuk mengikuti pameran wedding organizer, untuk menawarkan jasamu pada calon-calon pengantin yang datang ke sana. Dan kamu juga bisa mempromosikan produkmu di website tentang pernikahan, di grub sosial media, dan lain-lain.

6. Tetap Mempertahankan Komitmen dan Konsisten

usaha kecil dan mulai hari kerja. pria bertopeng pelindung mengeluarkan kotak tanaman di luar - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menjalankan usaha membutuhkan sebuah sikap konsisten dan komitmen. Mungkin pada awalnya saat kamu pertama kali baru membuka usaha florist, kamu akan dihadapkan dengan banyak halangan dan tantangan, belum lagi kamu mungkin juga masih mendapatkan laba yang sedikit pada awalnya.

Namun, hal itu hendaknya jangan sampai menjadi salah satu penghalang kamu, untuk bisa terus berkomitmen dan berkonsisten dalam bisnis florist.

7. Cari Distributor untuk Usaha Floristmu

toko bunga kota - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menjadi seorang pebisnis haruslah memiliki jaringan yang luas untuk bisa mengembangkan usahanya. Begitu halnya dengan usaha florist ini, kamu juga harus bekerja sama dengan pemasok atau distributor untuk membantu usaha kamu.

Baca Juga  5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam mencari distributor kamu harus sangatlah selektif dan menawarkan harga terjangkau untuk kamu. Apabila kamu sudah berhasil menemukan distributor yang cocok, selanjutnya baru kamu bisa menjadikannya mitra dan menjalin kerjasama dengan baik.

8. Cari Perlengkapan untuk Bisnis Tersebut

pria penjual bunga ceria - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tips membuka usaha florist selanjutnya ialah kamu sebaiknya mencari perlengkapan untuk membuka bisnis florist. Mulailah mencari peralatan yang mendukung bisnis, contohnya seperti alat untuk merangkai bunga, tempat penyimpanan bunga, alat untuk memotong bunga, dan yang tidak kalah penting yaitu kendaraan untuk mengantar pesanan.

Namun, apabila kamu belum memiliki kendaraan khusus untuk mengantar pesanan bunga, kamu bisa memakai kendaraan pribadi untuk mengantar pesanan.

9. Susun Strategi Promosi Bisnis

senang menjadi bosmu sendiri. - florist potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Selain berpromosi dengan orang-orang terdekat, kamu juga bisa melakukan promosi dengan cara lainnya. Yaitu seperti :

  • Promosi dengan cara online

Di zaman yang semakin maju dan canggih ini kamu bisa menggunakan media sosial, untuk berinteraksi dengan para pelanggan kamu menggunakan media sosial seperti Instagram, twitter, line dan media sosial lainnya. Tak hanya menggunakan media sosial, kamu juga bisa menggunakan website atau aplikasi jualan online yang kini sudah banyak bermunculan.

  • Promosi dengan cara offline

Untuk promosi offline, kamu bisa menggunakan cara seperti menggunakan media cetak yang bisa kamu sebarkan dan tempelkan, di beberapa sudut tempat yang ada di perkotaan. Kemudian jangan lupa untuk melakukan promosi dari mulut ke mulut pada teman-teman kamu.

Itu tadi beberapa tips membuka usaha florist yang bisa kamu lakukan. Walaupun mungkin kamu nanti akan menemui banyak kesulitan dalam membuka usaha florist, jangan mudah menyerah dan berhenti di tengah jalan. Tetap berusaha dan cobalah untuk mencoba tips-tips di atas untuk membantu kamu.

Comment

Artikel Terkait