by

Simak Yuk! 6 Tips Berbisnis Bagi Pemula

Pasti Anda sempat berpikir untuk memulai bisnis setelah melihat banyak hal dapat dijadikan ladang usaha saat ini. Namun, bisnis apa yang bisa Anda jalankan? Tentu itu menjadi pertanyaan utama yang terpikirkan di kepala.

Anda perlu banyak membaca sebelum memulai bisnis sebagai bekal pengetahuan. Nah, kali ini admin akan share 6 tips menjalankan bisnis yang harus diterapkan bagi pemula.

1. Ketahui Potensi Diri

Sebelum memulai bisnis, Anda perlu mengetahui apa keahlian yang Anda miliki untuk bisa menjalankan suatu bisnis secara optimal. Dalam hal ini Anda perlu mengintrospeksi diri dengan baik guna menemukan keahlian yang bisa digunakan dalam bisnis yang Anda rencanakan.

2. Melihat Peluang di Pasaran

Tren masa kini bisa saja membawa Anda pada peluang bisnis yang menjanjikan. Jika Anda tertarik, sebaiknya Anda juga menambahkan ide yang lebih inovatif agar tak lekang dimakan waktu. Banyaknya pebisnis yang memanfaatkan tren berdagang masa kini, dapat membuat Anda kewalahan dalam menguasai pasar.

Di samping itu, Anda harus menentukan target pasar supaya bisnis yang Anda lakukan dapat berjalan dengan konsisten dan terfokuskan. Target pasar ini dipengaruhi oleh jenis produk yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset terhadap relevansi antara produk dengan target pasar yang Anda tentukan.

3. Menganalisis Daya Saing

Setelah menentukan jenis usaha, Anda bisa menilai daya saing produk atau jasa yang Anda tawarkan untuk bertarung di dunia perdagangan. Anda juga perlu mengetahui kekuatan produk atau jasa dari pebisnis lain sebagai motivasi Anda dalam meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda perdagangkan.

4. Pilih Lokasi Bisnis

Letak usaha yang strategis dapat memengaruhi kelangsungan bisnis Anda. Misal Anda memiliki usaha toko peralatan rumah tangga. Sebaiknya Anda tidak menentukan lokasi yang memiliki toko peralatan rumah tangga juga di sekitarnya, kecuali Anda unggul dalam kualitas dan harga.

Baca Juga  Inilah Cara Mendapatkan Promo di Supermarket Agar Belanjamu Semakin Hemat!

Anda dapat menentukan lokasi bisnis yang jenis usahanya belum ada di wilayah pilihan Anda sehingga memungkinkan orang-orang terdekat mencoba usaha Anda dan mulai membuat reputasi yang baik. Lokasi bisnis Anda mungkin tidak memiliki pengaruh jika Anda menjalankan bisnis secara online.

5. Strategi Pemasaran

Salah satu cara tradisional memasarkan produk atau jasa Anda adalah dengan membuat brosur atau spanduk untuk disebarkan langsung kepada masyarakat dalam jangkauan Anda. Namun, upaya tersebut membuang banyak tenaga dan waktu. Terlebih Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk promosi tersebut.

Dikarenakan teknologi sudah semakin canggih, para milenials mulai memanfaatkan media sosial dan website dalam mempromosikan usahanya. Membuat promosi menggunakan teks brosur, gambar, dan video dengan permainan kreatifitasnya yang membuat banyak orang tertarik.

6. Menerima Kritik dan Saran

Sebagai pemula yang belum berpengalaman sama sekali di bidang usaha, Anda perlu mendengarkan kritik dan saran dari para pelanggan atau orang lain yang sudah berpengalaman. Hal ini dapat lebih membangun usaha Anda.

Jangan pernah malu bertanya atau meminta pendapat kepada orang lain jika mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis. Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya pada anggota tim dalam penyelesaian suatu masalah.

Menjalankan suatu bisnis sama dengan membangun sistem pada kendaraan bermotor. Tujuannya supaya sistem atau bisnis tersebut dapat terus berjalan ke depan. Namun, mogok dan merosotnya sistem akan selalu terjadi, jadi pengetahuan dan keterampilan penting dimiliki dalam mengatasi berbagai kemungkinan buruk.

Hasil tidak akan mengkhianati setiap tetes keringat jerih payahmu. Mulailah, dan pertimbangkan tips berbisnis bagi pemula di atas.

Comment

Artikel Terkait