by

Rekomendasi 6 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Apakah ada pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah? Tentu saja ada. Kamu bisa memilih pekerjaan apa saja yang cocok untuk kamu. Baik dari sisi minat maupun kemampuan. Pasalnya, jika hal tersebut tidak seperti itu. Kamu akan merasa kesulitan nantinya. Namun, sebelum mencari pekerjaan, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu sebenarnya kamu minatnya pada bidang apa dan apa kemampuanmu.

Hal tersebut sangat penting, karena dapat mempengaruhi performa kamu dalam bekerja. Jika kamu belum berpengalaman dalam bidang tersebut dan ingin tetap bekerja. Tidak apa-apa, yang penting kamu rajin belajar dan membuat portofolio yang nantinya akan diserahkan ketika melamar pekerjaan. Pasalnya, pekerjaan remote biasanya akan melihat kamu layak atau tidak itu dari portofolio.

Macam-macam Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pekerjaan remote ini memiliki banyak bidang. Bahkan, tidak hanya industry kreatif saja yang memiliki lowongan pekerjaan seperti ini. Ada pula lowongan pekerjaan untuk dunia pendidikan. Sehingga sangat beragam. Maka, selain CV kamu pun perlu menyiapkan dengan sangat baik portofolio kamu.

Apa itu portofolio? Semacam file atau dokumen yang berisi hasil karya atau pekerjaan kamu dalam bidang yang ingin kamu lamar. Misalnya, kamu memiliki kemampuan menggambar dan ingin melamar pekerjaan sebagai ilustrator, maka tentukan hasil karyanya. Beda halnya dengan kamu yang ingin melamar sebagai copywriter, maka portofolio harus berisi tulisan yang mengandung konten pemasaran.

1. Mentor Online

pengusaha muda membahas detail proyek dengan klien melalui panggilan video. - mentor online potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Biasanya pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki basic atau lulusan dari jurusan pendidikan. Pilihlah bidang yang paling kamu kuasai. Media yang digunakan bisa berupa google meet atau zoom dan aplikasi video yang lainnya. Sehingga, kamu bisa mengajar jarak jauh. Meskipun demikian, kamu memonitoring semua perkembangan dari anak didik kamu.

Dengan begitu, kamu bisa melihat perkembangan kemampuan anak didikmu seperti apa. Maka, selain pengalaman bekerja yang dicantumkan di CV, kamu perlu mengirimkan portofolio video saat kamu mengajar itu seperti apa. Untuk lowongannya, kamu bisa mencari di mesin pencarian internet, seperti ruang guru misalnya.

2. Entrepreneur

pengusaha modern menggunakan tablet - entrepreneur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu ingin membuka usaha, tetapi tidak ingin keluar rumah? Profesi ini cocok untuk kamu. Kamu bisa menjual produk apa saja. Dimana kamu memiliki pengetahuan yang lebih terhadap produk tersebut. Ini tentu sangat penting, karena orang akan lebih percaya apabila kamu bisa menjelaskan dengan detail produk yang ditawarkan kepada customer.

Produk disini tidak hanya berupa barang, tetapi kamu pun bisa menawarkan jasa. Kamu bisa menjualnya di marketplace yang dipercaya atau di sosial media, seperti instagram maupun facebook. Ada hal yang perlu diperhatikan yaitu kamu tidak hanya memposting produk yang ditawarkan saja. Namun, postinglah berbagai konten yang bermanfaat dan masih memiliki hubungan dengan produk yang dijual.

3. Content writer

blogger makanan wanita menggunakan laptop dan bekerja dari rumah - content writer potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Profesi ini sebenarnya ada yang on site atau datang ke tempat kerja. Namun, pekerjaan ini pun tersedia untuk kerja secara remote. Sehingga, bagi kamu yang menyukai menulis sekaligus mendalami sebuah data, maka pekerjaan ini cocok untukmu. Bagi kamu yang pemula, bisa memulainya dengan menulis di blog (gratis) untuk membangun portofolio.

Setelah kamu rasa cukup, kamu bisa melamar pekerjaan ke perusahaan atau agency yang membuka lowongan kerja remote di bidang content writer. Nah, bagi kamu yang sudah berpengalaman dapat secara langsung mencari pekerjaan. Baik di job portal freelance maupun di sosial media. Perhatikan pula CV dan portofolio yang kamu tawarkan. Pastikan sudah tertata dengan rapi.

4. Illustrator

foto presentasi-stok desainer kartunis - illustrator potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kamu pernah membaca sebuah komik online? Nah orang yang membuatnya sebagai illustrator. Hanya saja medianya menggunakan teknologi, tidak di gambar di kanvas. Jadi bagi kamu yang menyukai dan handal dalam membuat gambar, bisa mencoba pekerjaan ini. Dari pada hasil gambar yang kamu buat hanya disimpan saja, bukan?

Lalu bagaimana ketentuan gambarnya? Untuk informasi ini disesuaikan dengan kebutuhan dari klien atau perusahaan tempat kamu bekerja. Pasalnya, setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda pula. Informasi ini biasanya akan tertera di bagian jobdesk. Namun, biasanya akan dijelaskan secara mendetail setelah kamu bergabung dengan perusahaan tersebut.

5. Customer Service online

pelanggan meninjau konsep survei umpan balik kepuasan. - customer service online potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ada beberapa perusahaan, agency, bahkan toko online yang membuka lowongan ini. Jadi kamu bisa bekerja dari mana saja. Selama kamu memiliki jaringan internet yang stabil dan waktu yang cukup sesuai dengan ketentuan dari tempat kamu bekerja. Sebelum kamu melamar pekerjaan ini, perlu kamu mempelajari berbagai produk yang mereka sebarkan. Minimal kamu mengetahui secara umum saja.

Hal ini sangat penting, pasalnya customer akan menanyakan informasi produk pasti melalui kamu. Maka, akan batal apabila kamu tidak mengetahuinya. Meskipun nanti kamu akan diajari lebih dalam lagi setelah diterima. Mengapa hal ini perlu kamu pelajari sebelum kamu melamar? Agar pihak recruitment mengetahui bahwa kamu memang siap dan melamar ke perusahaan mereka tidak asal.

6. Talent di Youtube

blogger gadis asia menerima uang dari pengiklan - uang tunai untuk meninjau produk dan layanan - konsep kerja youtuber dan influencer - youtubers potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tentu profesi satu ini tidak asing bukan? Iya, kamu bisa menjadi seorang talent atau menjadi seorang youtuber itu sendiri. Bedanya, apabila kamu menjadi seorang talent kamu bekerja kepada orang lain. Sedangkan menjadi seorang youtuber kamu memiliki dua peran. Yaitu pemilik akun youtube sekaligus menjadi talent di youtube yang kamu kelola.

Jika ingin bekerja tanpa keluar rumah maka konten yang dibuat pun yang bisa dilakukan di dalam rumah saja. Misalnya, memasak, review film, talk dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan interest dan kemampuanmu.

Enam pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah tersebut, bisa kamu pilih sesuai dengan kesanggupan kamu. Tetaplah upgrade ilmu secara berkala meskipun kamu telah resmi bekerja atau memiliki klien. Hal tersebut sangat penting untuk menunjang performa kamu dalam bekerja.

Baca Juga  Punya Masalah dengan Berat Badan? Ini 7 Makanan untuk Sarapan dengan Masalah Berat Badan

Comment

Artikel Terkait