by

Kesalahan Dalam Berbisnis Online yang Harus Diwaspadai Penjual

Seorang pedagang harus mewaspadai segala macam bentuk kesalahan dalam berbisnis online. Sebab, seluruh kesalahan ini sangat berpotensi untuk membuat bisnis mengalami kerugian yang besar hingga mengalami kebangkrutan. Jangan disangka, media sosial nyaman untuk berbisnis, terutama bagi Anda pengusaha yang masih pemula.

Nah, untuk itu, di artikel bisnis berikut ini akan saya jelaskan tentang kesalahan pebisnis ketika berjualan secara online. Silakan disimak artikelnya sampai selesai, lalu tanamkan di dalam diri, kalau segala kesalahan tersebut tidak akan pernah dilakukan. Ini dia kesalahan-kesalahan yang dimaksud:

1. Membuat Review Produk dari Hasil Plagiat

Kesalahan yang paling fatal dalam berbisnis online adalah penjual membuat review produk dari hasil plagiat. Membuat review produk memang sangat penting untuk berjualan online. Bahkan, semakin lengkap ulasan tentang produk, pemahaman calon pelanggan akan semakin luas.

Akan tetapi, kalau membuat review produk dari hasil plagiat, tentu kredibilitas si penjual akan jatuh. Bahkan si penjual akan mendapatkan tuntutan hukum dari pemilik artikel review yang asli. Kalau ini yang terjadi, tentu bukan untung yang bakal didapatkan melainkan buntung.

2. Memposting Harga Terlalu Murah

Sekalipun banyak orang berminat pada produk yang berharga murah, tetapi bukan berarti harga yang dimaksud jauh di bawah rata-rata. Sebab, banyak pelanggan yang akan berpikir kalau kualitas produk yang dijual juga murahan. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika memposting harga produk secara online.

Sekalipun ingin membanderol harga yang murah, silakan lakukan survey terlebih dahulu ke penjualan yang lain. Cari tahu harga umum yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Setelah itu, silakan ambil harga yang sedikit lebih rendah dari mereka lalu jadikan banderol harga untuk produk sendiri. Ini lebih aman karena harga masih bersaing dengan harga yang umum.

Baca Juga  Fakta Merger Antara Perusahaan Raksasa Indonesia yang Saat Ini Disebut GoTo
3. Tidak Responsif Terhadap Komentar

Kesalahan dalam berbisnis online yang berikutnya adalah penjual tidak responsif terhadap komentar. Maksudnya, setelah penjual memposting produk, lalu ada yang bertanya terkait produk tersebut di kolom komentar, si penjual tidak langsung membalasnya. Sehingga si calon pembeli merasa bosan dan akhirnya berpindah ke penjual yang lain.

Maka dari itu, jika sudah yakin untuk membangun bisnis secara online, maka silakan jajakan produk di media sosial, tetapi jaga terus postingan tersebut dengan terus aktif. Jika ada komentar bisa langsung dijawab waktu itu juga. Baik komentar yang berisi pemesanan barang maupun komentar yang sekadar bertanya-tanya informasi produk saja.

4. Tidak Membuat Review yang Lengkap

Review merupakan hal terpenting di dalam berbisnis online. Dengan adanya review, calon pelanggan akan mengetahui informasi produk dan tidak perlu bertanya-tanya lagi kepada penjual. Maka dari itu, silakan buat review produk selengkap dan sedetail mungkin.

Review produk yang lengkap biasanya berisi ulasan produk dari segi keunggulan, bahan, manfaat serta program seperti diskon dan promo. Jangan lupa untuk memasukkan draf harga ke dalam review supaya calon pelanggan memiliki banyak perbandingan.

5. Tidak Mencantumkan Testimoni Produk

Ketika Anda menjadi pedagang secara online, maka wajib hukumnya mencantumkan testimoni produk. Jika pengakuan pelanggan terdahulu ini tidak ada, maka calon pembeli akan mengambil kesimpulan kalau si penjual adalah abal-abal atau si penjual baru membangun bisnis. Keduanya sangat merugikan bagi seorang penjual.

Maka dari itu, silakan buat testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya. Tekniknya ialah tanyakan kepada orang yang telah pernah membeli produk terkait tanggapan mereka terhadap produk yang dibeli. Setelah itu, posting testimoni tersebut bersamaan dengan penulisan review.

6. Membuat Testimoni Palsu

Jangan sekali-kali membuat testimoni palsu, atau si penjual tidak akan pernah lagi dipercaya oleh pembeli. Testimoni memang menguntungkan bagi penjual. Sebab, dengan adanya testimoni, rasa percaya pelanggan terhadap produk akan semakin tinggi. Bukan tidak mungkin, ini yang akan membuat penjual sukses.

Baca Juga  Be Creative! Berikut Ini Panduan Lengkap untuk Membuka Coffe Shop Impianmu

Akan tetapi, kalau testimoni ketahuan palsu atau scam, tentu si pelanggan akan segera berpindah ke penjual yang lain. Jangan harap untuk selanjutnya si penjual akan mendapatkan pelanggan. Artinya, si penjual harus berhenti dari berbisnis online akibat dari kesalahannya sendiri.

7. Menjual Produk tanpa Membaca Calon Pelanggan

Berjualan secara online adalah sebuah keuntungan yang besar. Sebab, penjual lebih leluasa mempelajari calon pelanggan termasuk mempelajari kecenderungannya terhadap produk. Tentu sebuah kesalahan jika penjual tidak mampu membaca kecenderungan tersebut.

Menjual tanpa membaca pelanggan adalah tindakan yang salah. Sama dengan berjualan offline yang esensinya hanya menawarkan secara verbal tanpa mengetahui apakah orang tersebut berminat pada produk atau tidak. Tentunya teknik semacam ini tidak bisa digunakan di dalam bisnis online digital.

8. Tidak Menjajakan Produk di Marketplace Resmi

Kesalahan berikutnya adalah penjual tidak menjajakan produk di Marketplace yang resmi seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe dan yang lainnya. Memang tidak terlarang penjual menjual di FB maupun Instagram. Tetapi dengan adanya produk di Marketplace, tentu rasa percaya pelanggan akan semakin tinggi.

Apalagi saat ini, keberadaan penjual di Marketplace menjadi koridor legalitas penjual. Artinya, jika penjual tidak juga berjualan di sana, bisa saja dia dianggap penjual yang bodong. Calon pelanggan juga bakal berpikir seribu kali untuk membeli produk darinya.

Itulah kesalahan dalam berbisnis online yang tidak boleh dilakukan oleh penjual produk apapun. Jika satu saja kesalahan di atas diketahui oleh calon pelanggan, tentu mereka tidak akan berani melanjutkan transaksi. Akhirnya, yang menuai kerugian adalah si penjual sendiri, karena perlahan-lahan produknya akan sepi dari pembeli.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait