by

Ini Ternyata Tujuan Orang Berbisnis Online

Tujuan orang berbisnis online sejatinya untuk mendapatkan keuntungan berlimpah melebihi keuntungan berjualan offline. Kabarnya, keuntungan berbisnis secara digital bisa berkali lipat, daripada berjualan secara konvensional seperti berjualan di pasar atau membuka toko di depan rumah.

Maka dari itu, menjadi sangat wajar kalau ada orang yang berpindah dari bisnis tradisional menuju bisnis online atau bisnis melalui internet.

Pada artikel berikut ini, terdapat beberapa tujuan mengapa orang berpindah dari bisnis konvensional ke bisnis online atau digital. Ternyata, tujuan yang dimaksud tidak selalu terkait dengan profit usaha semata, tetapi juga ada tujuan-tujuan yang lain. Nah, tujuan-tujuan ini bisa Anda baca di dalam list berikut:

1. Untuk Promosi Usaha Supaya Lebih Murah

pemilik usaha kecil vlogging tentang bisnis mereka untuk media sosial - promotional products potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Aktivitas bisnis atau niaga tentu membutuhkan strategi marketing atau pemasaran. Tanpa aktivitas ini, tentu usaha tidak akan maju, karena tidak banyak orang yang mengetahui tentang produk yang dijual. Sedangkan strategi marketing yang umum adalah penjual mencetak brosur lalu disebar di ruang-ruang publik.

Sejatinya, strategi kuno di atas, sudah kurang layak diterapkan di jaman ini. Selain, membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak, biaya cetak banner maupun brosur juga sangat mahal. Jika dikalkulasi dengan biaya promosi, kadang nominal profit tidak terlalu memuaskan.

Strategi marketing untuk bisnis online tidak serumit bisnis konvensional. Yang perlu dilakukan oleh penjual hanya memposting produk saja di media sosial seperti Facebook dan WhatsApp. Nah, akun yang berada di medsos tersebut yang nanti akan menjadi calon pelanggan.

2. Untuk Proses Berniaga Tidak Terlalu Sulit dan Rumit

pelanggan - promotional products potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau berdagang secara offline, tentunya Anda harus membangun toko atau ruko terlebih dahulu. Setelah itu, Anda harus memastikan kalau lokasi toko memang berada di tempat atau lokasi yang strategis. Area yang memang sering dilewati oleh masyarakat.

Baca Juga  Simak Yuk! 6 Tips Berbisnis Bagi Pemula

Tentunya teknik semacam ini cukup menyulitkan. Apalagi jika si penjual tidak tinggal di lokasi tersebut. Bisa jadi, mereka harus bolak balik untuk membawa barang dagangan yang menyulitkan pergerakan. Apalagi belum tentu di tempat strategis sekalipun banyak masyarakat yang langsung melihat produk.

Namun, kalau berbisnis secara online, proses bisnis tidak serumit bisnis offline di atas. Penjual tidak perlu membangun ruko atau toko karena semua transaksi sudah bisa dilakukan dari rumah. Toh yang dibutuhkan hanya internet, hp atau laptop saja. Jadi penjual dan pembeli tidak perlu bertemu tatap muka termasuk ketika melakukan pembayaran.

3. Untuk Menghemat Modal Usaha

pasangan keluarga menghemat uang - small capital ilustrasi stok

Tujuan orang-orang berbisnis online yang berikutnya ialah untuk menghemat modal usaha. Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau berbisnis online tidak membutuhkan modal besar. Tidak seperti bisnis offline yang membutuhkan modal hingga ratusan juta rupiah untuk membangun toko dan ruko.

Kalau berbisnis online, modal yang dibutuhkan paling banyak hanya Rp10.000.000 saja. Itu sudah cukup untuk membeli ponsel dan memasang Wifi di rumah. Setelah itu, unduh aplikasi media sosial yang juga bisa didapatkan secara gratis.

Kalau modal ringan di atas sudah tersedia, maka bisnis online sudah bisa dijalankan. Caranya, penjual memfoto produk dan membuat review singkat tentang produk tersebut, lalu unggah di media sosial yang telah diunduh. Selesai, penjual tinggal menunggu pelanggan yang akan merespon via kolom komentar.

4. Untuk Melebarkan Sayap Usaha

manajer wanita bekerja pada tablet di pabrik - promotional products potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Penjual merambah bisnis online semata bertujuan untuk melebarkan sayap usaha. Mungkin, jika berdagang menggunakan sistem online hal ini sangat sukar untuk dilakukan. Sebab, pelanggan terdekat adalah pelanggan yang memang lokasinya berdekatan dengan toko atau ruko saja.

Baca Juga  Kadis Koperasi UKM Bener Meriah Buka Acara Pelatihan Lamikro

Tanpa pelebaran sayap usaha, tentu secara otomatis peluang untuk menambah omzet tidak akan pernah terjadi. Si penjual pun tidak bisa dikategorikan sebagai pebisnis yang sukses serta amat sangat kesulitan untuk membuka cabang di tempat yang lain. Maka dari itu, penjual berdagang online semata untuk menciptakan sayap bisnis yang baru.

Nah ketika membuka bisnis secara online, peluang untuk membuka sayap usaha terbuka lebar. Sebab, pelanggan yang akan dijadikan target sangat luas tergantung akun yang berada di media sosial yang dijadikan sebagai sarana untuk memasarkan produk. Faktanya, kalau berjualan di Facebook saja, penjual bisa mendapatkan calon pelanggan dari seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai ratusan ribu orang.

5. Untuk Mendapatkan Target Pelanggan yang Pas

blok bangunan kepercayaan - promotional products potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika berjualan secara offline tentu penjual amat kesulitan untuk menentukan target pelanggan. Yang ada, si penjual menawarkan produknya kepada semua orang yang lewat di depan toko atau yang kebetulan sedang berbelanja ke pasar. Tidak pernah diketahui apakah orang yang dituju tersebut memang berniat untuk membeli atau tidak.

Sedangkan kalau berjualan secara online, tentu si penjual bisa menentukan target bisnis dengan mudah. Sebab, si penjual bisa mendapatkan informasi kecenderungan pelanggan terhadap produk langsung dari profil yang ada. Sehingga akan terlihat dengan jelas berapa peluang mereka membeli produk yang mereka lihat di media sosial.

Jadi, si penjual tidak perlu menawarkan semua produk kepada semua akun, tetapi menawarkan produk yang disukainya saja. Penjual juga tidak perlu bergabung ke semua grup media sosial yang ada melainkan hanya pada grup yang sudah sesuai target saja. Ini yang tentunya mempermudah penjual untuk mendapatkan target pelanggan yang tepat dan pas.

Baca Juga  Calon Pebisnis, Kamu Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online!

Nah, setelah Anda mengetahui apa tujuan orang berbisnis online, maka berarti tidak ada alasan lagi bagi pedagang untuk menunda aktivitas berniaga semacam ini. Apalagi jika efeknya terhadap keuntungan usaha sangat besar termasuk bisa menjadi jaminan kalau usaha yang dijalankan akan sukses dengan nominal profit yang terus bertambah.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait