by

Ini Dia 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Banyaknya pekerjaan yang membutuhkan status pendidikan menyulitkan banyak orang untuk memperoleh sebuah penghasilan. Dan di masa pandemi ini, akses internet telah berkembang pesat menguasai penjuru dunia. Daripada sibuk meramaikan akses internet yang banyak digunakan, ada baiknya jika kita turut mengembangkan bakat menjadi sebuah penghasilan. Yakni yang diuraikan sebagai berikut ini, yaitu cara mendapatkan uang dengan internet.

1. Menjual Software

Barangkali di antara kamu ada yang jago program dan punya keahlian dalam memprogram, atau mungkin sedang berada di kursus profesional dan menempuh jenjang perkuliahan di informasi teknologi yang ada di lokal.

Melihat zaman sekarang yang kian hari kian dipenuhi pembaharuan teknologi, belajar IT tentulah sangat penting, untuk mendapatkan keahlian dalam program dan kelak menjadi seorang software developer yang handal. Jenis skill di pemograman telah banyak sekali di jajakan di Indonesia. Seperti, penjualan game bajakan,  sistem operasi bajakan, dan perangkat lunak bajakan yang terjual begitu murah sekitaran 45.000 ke bawah. Ya memang sih, daripada bekerja di bawah tekanan perusahaan dan mendapatkan penghasilan yang telah ditakarkan, rasanya cuan berjualan software lebih besar ketimbang kerja di perusahaan.

Jadi, bagi kamu yang punya kemampuan khusus dalam hal ini, jangan pernah sia-siakan skill yang kamu miliki. Saat ini ada banyak cara yang dapat kamu kerjakan untuk mengembangkan software dan menjadikannya sumber penghasilan. Caranya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu mempersiapkan jenis software yang ingin kamu pasarkan. Untuk memasarkan software juga tidaklah begitu sulit. Kamu bisa melakukannya di situs web yang sering dikunjungi oleh audiens dengan meminta ijin kepada pemilik situs agar terlebih dahulu. Atau jika kamu mau, kamu bisa coba memasarkannya di beberapa forum online, yang dikhususkan untuk jenis perangkat lunak.

Baca Juga  6 Pekerjaan yang Jarang Diketahui! Siapa Tahu Kamu Berbakat dan Berminat
2. Membuka Toko Online

Membuka toko tentu mendatangkan suatu penghasilan besar jika dikunjungi oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu? Memilih tempat yang tepat sasaran dalam pemasaran justru memiliki biaya harga yang sangat tinggi ketimbang tempat yang sedikit jauh dari akses kota dan keramaian.  Keadaan inilah yang menyulitkan penyetaraan antara modal dan keuntungan ketika menjalankan usaha berupa toko. Ujungnya, banyak yang memilih mundur hingga tutup karena bangkrut.

Akan tetapi itu hanyalah permasalahan kuno bagi kamu yang tinggal di zaman era modern ini. Bagaimana tidak? Akses internet yang telah tersedia, bisa kamu gunakan membangun toko online yang dapat diakses di kejauhan beribu-ribu kilometer dari tempat kamu memasarkan produk.

Jadi kamu tidak lagi harus capek memilih tempat dan merapikan toko penjualan. Cukup beli data dan gerakan jari saja di atas gadget yang kamu punya.
Di Indonesia, toko online yang bisa memasarkan produk kamu juga sangat banyak sekali. Seperti Shopee, Lazada, TokoPedia dan lain sebagainya.

3. Bisnis Online

Membuka toko online dan menjalankan bisnis online terlihat hampir sama ya. Akan tetapi, bisnis online akan tertuju pada banyak hal. Tidak selalu tentang barang atau benda seperti yang kamu fokuskan, seperti saat kamu membuka toko online, tetapi kamu bisa membuat bisnis jasa layanan, yakni sebagai konsultan.

4. Membangun Chanel YouTube

Jika sejak tadi kita membahas pemasaran, kini kita akan membahas hal yang sedikit berbeda. Yakni tidak ada penjualan atau pembelian, namun tetap menghasilkan keuntungan. Tepat sekali, membangun chanel youtube.

Aplikasi YouTube yang sedang gencar-gencarnya saat ini, sedang diusahakan banyak orang untuk sukses menjadi  youtuber yang jutawan. Kesabaran dan ketekunan dalam membangun Chanel youtube menjadi dasar penting yang banyak gagal dijalankan oleh orang-orang. Faktanya, membuat Chanel yang terkenal dan diminati banyak penonton, sangat sulit dan butuh waktu yang lama.

Baca Juga  Ini Ternyata Keuntungan Jual Pulsa Mkios yang Pasti Memuaskan

Belum lagi banyak hujatan netizen yang berusaha menjatuhkan usaha yang kamu harapkan. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips agar chanel yang kamu ingin buatkan menarik perhatian penonton dan cepat mendapatkan subscriber yang banyak. Apa sajakah itu? Berikut pembahasannya.

Rancang Konten yang Menarik

Langkah pertama sekali yang perlu kamu lakukan ialah merancang konten yang menarik dan banyak diminati oleh orang-orang. Akan tetapi tidak harus terpaut pada video yang diminati oleh orang-orang, akan tetapi yang juga sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan pilihan antara konten hiburan, masak, travelling, game, drama hingga musik dan konten ilmuan.

Tentukan Jenis Chanel yang Kamu Ingin Teruskan

Setelah selesai merancang konten, kini saatnya kamu menentukan jenis Chanel yang ingin kamu fokuskan. Mengapa harus satu? Karena konten yang dominan campur-campur akan sulit mendapati penonton yang sejati dan sulit mendapatkan subscriber yang sangat berperan dalam kebangunan chanel yang kamu punya.

Promosikan Video di Sosial Media

Video yang selesai kamu record atau kamu editing, dapat kamu promosikan di beberapa media sosial, yaitu jejaring utama yang dapat memperkenalkan chanel kamu kebanyak orang. Media sosial yang kamu pakai bisa berupa WhatsApp, Instagram, Facebook, telegram dan lain sebagainya.

Fokus Pada Goal yang Kamu Telah Tekuni

Kegagalan utama dalam meneruskan Chanel youtube ialah kurang fokus pada hal yang di tekuni. Akhirnya, mereka yang tidak puas akan konten yang mereka punya, memilih ganti konten secara terus-menerus dengan harapan mendapatkan penonton yang berlangganan. Sayangnya, hal ini malah menjadi kegagalan yang membuat chanel youtube berhenti dan tidak diteruskan. Daripada berusaha gonta-ganti konten demi mencari minat penonton, lebih baik kamu fokus pada goal yang telah kamu tekuni. Jadi, ketika Chanel kamu kurang diminati, kamu bisa melihat titik kelemahan konten yang kamu buat dan membenahinya lebih lagi.

Baca Juga  6 Cara Berjualan di Marketplace dari Nol sampai Sukses
5. Menjadi Penulis Freelance

Penulis freelance saat ini banyak dijadikan sebagai pencarian tambahan pemasukan. Bukan tanpa sebab, menjadi penulis dirasa cukup mudah dan tidak sulit dilakukan, terutama jika mampu menghasilkan karya tulisan yang menarik dan berbobot tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kesempatan dari akses internet sebagai penulis freelance yang berkolaborasi dengan banyak pihak.

Begitulah cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba sesuai bakat yang kamu punya. Untuk itu, teruslah berjuang dan jangan patah semangat. Tetaplah motivasi diri dan berjuanglah demi yang kamu ingini.

Comment

Artikel Terkait