by

Calon Pebisnis, Kamu Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online!

Salah satu peluang bisnis yang paling diminati saat ini ialah bisnis online. Seperti bisnis pada umumnya, bisnis online ini pastinya juga tidak bisa asal-asalan untuk didirikan untuk menghindari adanya kerugian, yang diterima oleh si penjual maupun si pembeli.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh si pemilik bisnis mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis online, agar kelebihan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan kekurangan bisnis online bisa diatasi. Kira-kira apa saja ya kelebihan dan kekurangan bisnis online ini? Berikut ulasannya.

Kelebihan Bisnis Online  

Semua bisnis pastinya memiliki kelebihan yang membuat bisnis tersebut dirasa menguntungkan. Oleh karena itu, kamu harus membaca ulasan mengenai kelebihan bisnis online,  untuk bisa memanfaatkan dan memaksimalkan kelebihan bisnis online  ini untuk memperoleh keuntungan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki bisnis online .

1. Dapat Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja
freelancer wanita muda asia menggunakan laptopnya dan bekerja di rumah, pemilik wanita bisnis kecil atau memulai pengusaha bisnis kecil yang bekerja secara online pemasaran kemasan pengiriman kotak kemasan - bisnis online potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Kelebihan bisnis online yang pertama ialah pastinya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namanya saja sudah online, pastinya bisnis ini tidak memerlukan sebuah bangunan khusus untuk menjalankan bisnis, sehingga cukup menggunakan aplikasi-aplikasi atau media tertentu serta ponsel, laptop dan koneksi internet yang memadai untuk menjalankannya.

2. Jenis Pilihan Bisnis Online yang Beragam
situs web toko online pada pengaturan kantor rumah - bisnis online potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Banyak orang yang masih berpikir bahwa bisnis online hanya seputar Online Shop atau Toko Online saja, padahal bisnis online ini jenisnya sangatlah banyak, di antaranya ialah Affiliate Marketing, Content Publisher (Youtuber, Blogger dan lain sebagainya), Site Flipper atau jual beli website dan lain sebagainya.

3. Modal Awal Bisnis Online Lebih Kecil daripada Bisnis Konvensional
istockphoto

Kelebihan bisnis online yang selanjutnya ada pada modal awalnya yang cenderung lebih kecil, dibanding dengan bisnis konvensional. Bahkan ada juga bisnis online yang tanpa modal sekalipun seperti bisnis online berupa jasa misalnya, kamu tidak harus mengeluarkan modal di awal bisnis kamu.

Baca Juga  Kesalahan Dalam Berbisnis Online yang Harus Diwaspadai Penjual

Dalam menjalankan bisnis online  ini minimal kamu mempunyai komputer, laptop, atau ponsel untuk berkomunikasi dengan pembeli dan pastinya kamu harus memiliki koneksi internet yang bagus juga.

4. Bisnis Online Dapat Menjangkau Banyak Orang
pemasaran digital, perbankan, pembayaran, dan belanja online, pebisnis menyentuh jaringan bisnis global dengan latar belakang warna-warni. - bisnis online potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Salah satu yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis online ini tadi ialah adanya koneksi internet. Dengan koneksi internet inilah kamu bisa memasarkan bisnis online kamu pada banyak orang.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu seperti Instagram, Facebook, Telegram, WhatsApp dan lain sebagainya. Dengan sosial media inilah jangkauan pemasaran bisnis kamu bisa lebih meluas bahkan hingga ke luar negeri.

5. Proses Transaksi Bisnis Cepat
wanita cantik asia bekerja dengan laptop dan smartphone ke toko bisnis online di rumah. pemilik pengusaha wanita memulai dengan menerima pesanan, memeriksa produk, bersiap untuk mengirimkan produk kepada pelanggan. - bisnis online potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Salah satu faktor penentu dari sebuah kesuksesan bisnis ialah proses transaksinya yang mudah dan cepat. Tak hanya dengan melalui transfer bank, proses transaksi bisnis online ini semakin beragam, ada yang melalui aplikasi-aplikasi e-money yang mudah dan ada juga mekanisme dengan cara COD atau Cash On Delivery, COD kini banyak dipakai karena si penjual akan bertemu langsung dengan si pembeli, kemudian baru si pembeli bisa menerima barang serta membayarkan barang yang sudah ia beli.

6. Dapat Dilakukan oleh Siapapun
wanita cantik cina asia bekerja dari rumah menggunakan laptop membawa bayi laki-lakinya di ruang tamu - bisnis online potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Tidak seperti pada bisnis konvensional yang membutuhkan banyak surat akreditasi atau surat keterangan lainnya, untuk membuka bisnis atau usaha, bisnis online ini tidak memerlukan surat-surat tersebut. Apabila kamu tidak memiliki pengalaman kerja khusus atau tidak mempunyai sertifikasi apapun, kamu tetap berpeluang dapat menjalankan bisnis online kamu.

Kekurangan Bisnis Online

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangannya, begitu pula yang ada pada bisnis online . Walaupun bisnis online  cenderung memiliki banyak kelebihan, tetapi bisnis jenis ini juga memiliki banyak kekurangan. Berikut ini kekurangan bisnis online .

1. Persaingan Bisnis Online Cukup Ketat

Maraknya bisnis online di masa sekarang membuat bisnis yang satu ini dapat dikatakan memiliki persaingan yang cukup ketat. Walaupun tidak bersaing pada dunia nyata, tetapi bisnis online  ini bersaingnya dalam dunia maya.

Baca Juga  3 Kreasi Resep Street Food untuk Ide Jualan, Cobain yuk!

Jika kamu ingin membeli sesuatu di internet, pasti kamu akan menemukan banyak produk yang dijual oleh toko-toko online  yang berbeda satu sama lain yang ada di internet.

2. Bisnis Online Tetap Butuh Skill dan Pengetahuan

Walaupun bisnis online  dapat dilakukan oleh siapapun, tetapi yang namanya bisnis pasti tetap membutuhkan skill dan juga pengetahuan.

Menjalankan bisnis online  dengan skill dan pengetahuan yang kurang memadai, malah akan merugikan penjual dan pembeli itu sendiri.

Si penjual mungkin bisa tertipu atau salah langkah dalam menjalankan bisnis online, dan begitu pula si pembeli mungkin merasa kesulitan saat bertransaksi atau mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan harapannya.

3. Bisnis Online Belum Memiliki Payung Hukum yang Kuat

Salah satu kekurangan bisnis online yang cukup merugikan ialah belum memilikinya payung hukum yang kuat. Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah terdapat Undang-Undang ITE yang melindungi hak konsumen dan pebisnis online . Namun, sayangnya sampai sekarang masih banyak kasus penipuan serta cybercrime di Indonesia yang belum bisa menjerat si pelaku.

4. Bisnis Online  sangat Rawan Terjadinya Penipuan

Kekurangan bisnis online  yang satu ini sangatlah nyata, entah itu penjual maupun pembeli semuanya bisa mengalami penipuan pada bisnis online  ini. Kasus penipuan ini sudah marak terjadi pada penjual maupun pembeli.

Si penjual bisa terkena tipudaya pembeli dan si pembeli bisa terkena penipuan dari penjual dengan sudah terlanjur mengirimkan barang, tetapi barang tidak kunjung datang atau barang tidak sesuai yang dipesan.

Demikian ulasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online. Semua bisnis itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung bagaimana kamu sebagai pebisnis atau pembeli dalam menangani segala risiko yang ada pada bisnis online  ini.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait